IBX5B54BCC389CD2 Tips Bekerja di Perusahaan Internasional - Lulusandiploma.com

Tips Bekerja di Perusahaan Internasional

Artikel dikutip dari grup whatsapp HSE Indonesia mengenai Tips Bekerja di Perusahaan Internasional.

perusahaan-internasional

Selamat malam pak, saya mahasiswa ekstensi FKM K3 UI..

Melihat linkedin Mas yang menjadi seorang process safety di LN.. Saya sangat termotivasi untuk dapat mengikuti jejak Mas.

Tapi saya sadar kesehatan, keselamatan kerja (K3) saja tidak cukup berkecimpung didalam sebuah process safety.. Tapi paling tidak dalam upaya mencapai people-based safety yang menjadikan safety sebagai value peran K3 bisa diandalkan..

Mohon arahan dari Mas, apa saja yang harus saya persiapkan sejak saat ini untuk dapat bicara banyak tentang safety.

Untuk dapat masuk perusahaan internasional seperti itu, apa yang menjadikan kita dibutuhkan oleh mereka? Value added apa?

Maaf sebelumnya kalau saya sok akrab mas..

Hanya saja ingin sharing atau diskusi menceritakan pengalaman Mas, seperti belajar sebuah lesson learn bukan.

Terima Kasih telah meluangkan membaca dan membalas email saya mas

---------------------------------------------

Satu-satunya cara kalo mau cepat bekerja di seputar middle east adalah anda punya track record dan pengalaman yang mumpuni. Artinya usahakan anda masuk perusahaan yang sudah dikenal luas.

Kalo mau kerja di client disini, ya usahakan anda selama di Indonesia bisa masuk Chevron, Total, bp, pertamina atau perusahaan yang sejenis.

Sebaliknya kalo peluang cuma di kontraktor, usahakan masuk ke kontraktor ternama misalnya Technip, Amec, McDermott, Saipem, etc.

Plot di middle east terbagi 4 kompetensi setidaknya yaitu process safety/loss prevention, environmental, safety, dan manajemen. Kalo mau masuk ke tim fire juga bisa namun biasanya temen2 dari Indo yang fisiknya luar biasa yang diterima.
Ada satu lagi yaitu quality dan audit, namun agak jarang saya temui yang asli Indonesia.

Ambil training yang sifatnya sertifikasi seperti NEBOSH, OHST, CSP, CIH, dst. Ambil pelatihan yang juga mendukung jalur kompetensi yang anda pilih. Misalnya saya sudah memang memilih process safety, maka yang saya cari tentu sertifikasi dan training di jalur ini misalnya training hazop leader, training gas explosion analysis, sertifikasi sebagai CSP atau CFSE/CFSP.

Lakukan evaluasi pada diri sendiri bahwa anda kuat dimana, lemah dimana, sedang2 dimana, jago di urusan apa (membuat laporan, presentasi, kalkulasi, audit, inspeksi, atau apa ?).

Saya menggunakan metoda SWOT (strength, weakness, opportunity, threat) terhadap diri saya sendiri sebelum saya memilih jalur dan karir pilihan saya sendiri agar benar2 yakin dan tahu tujuan 5-10 tahun lagi setidaknya utk saya, keluarga dan orang sekitar kita.

Kemudian satu lagi yang anda mesti perhatikan adalah CV, pastikan struktur CV anda mudah dipahami, berbahasa Inggris, dan informasinya akurat. Banyak kawan dari Indonesia yang gagal karena CV nya tidak dipoles atau tidak punya informasi yang memang menarik minat recruiter international.

Terakhir banyak berdoa dan tetaplah usaha.

Ini saja saran saya. Good luck.

Sekian informasi mengenai perjalanan bekerja di perusahaan Internasional menjadi seorang HSE, semoga menjadi bahan belajar dan intropeksi ulang kita semua juga.

0 Response to "Tips Bekerja di Perusahaan Internasional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel