IBX5B54BCC389CD2 Bahaya Jika Anda Duduk Terlalu Lama - Lulusandiploma.com

Bahaya Jika Anda Duduk Terlalu Lama

sakit-pinggang
Pada artikel kali ini, saya akan membahas Apa Bahayanya Bagi Kesehatan Jika Anda Duduk Terlalu lama duduk merupakan kegiatan yang kita lakukan setiap hari sebagai manusia.Mungkin bagi sahabat sehat ini adalah masalah yang sepele. Hanya masalah duduk.Tetapi tahukah anda, apa bahayanya jika duduk terlalu lama? Mari kita cek berapa lama kita duduk dalam 1 hari.

Saya mengambil contoh, misalkan seseorang yang bekerja di kantor. Seseorang yang bekerja di kantor biasanya memiliki jam kerja sebanyak 8 jam. Dan selama 8 jam tersebut, mereka cenderung hanya duduk saja.

Mungkin di depan komputer atau di depan laptop mereka masing-masing. Itu tadi kalau pekerja di kantor.Lalu bagaimana dengan perjalanan mereka? Mungkin menggunakan mobil atau motor. Apalagi mereka yang tinggal di kota besar seperti Jakarta.Di Jakarta untuk melakukan perjalanan, bisa saya katakan paling cepat 1 jam.Dan bahkan bisa lebih apabila terkena macet.

Jadi pergi butuh waktu 1 jam, pulang juga 1 jam. Jika ditambahkan kurang lebih duduk selama 10 jam. Jadi di kantor duduk 8 jam, di perjalanan duduk 2 jam, kurang lebih 10 jam. Itu tadi masih perhitungan di kantor dan perjalanan.

Bagaimana ketika anda sampai di rumah? Sampai di rumah anda mandi, makan malam,dan kemudian anda tidak sadar mungkin anda duduk lagi di sofa atau di tempat tidur sambil menonton televisi.Jadi menurut perkiraan saya, kita semua kurang lebih bisa duduk  sekitar 10-14 jam per hari. Bahkan mungkin sampai 16 jam kalau mereka lembur.

Apa bahayanya? Di Indonesia sendiri, menurut saya penduduk Indonesia adalah yang paling malas berjalan kaki.Jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga, misalkan Singapura. Negara yang paling dekat dengan Indonesia.Dan untuk membedakan penduduk asli Singapura dengan Indonesia itu sangat mudah.

Lihat saja dari cara berjalan mereka.Penduduk asli Singapura kalau berjalan kaki itu sangat cepat. Saya sarankan anda sesekali bisa ke negara tersebut dan anda mengikuti cara mereka berjalan. Sangat cepat.

Bagi anda yang tidak terbiasa jalan kaki, mungkin anda akan ngos-ngosan jika mengikuti cara berjalan mereka. Anda sendiri yang di rumah mungkin ingin memesan makanan atau ingin berbelanja makanan ringan,mungkin jarak toko atau minimarket dari rumah anda hanya 10 rumah saja atau 100 meter.

Tetapi kebanyakan dari kita masih menggunakan sepeda motor untuk pergi berbelanja. Dan bahkan, untuk mengeluarkan sepeda motor saja malas. Kebanyakan sudah menggunakan aplikasi online atau aplikasi ojek online untuk memesan makanan.

Saya tidak mengatakan aplikasi ini tidak baik untuk anda. Tetapi saran saya untuk anda semua, luangkanlah waktu anda untuk pergi berjalan kaki.Jika anda sempat, pergilah sendiri untuk membeli makanan dengan berjalan kaki.

Dengan begitu, anda sudah melakukan aktivitas yang ringan daripada anda duduk terus seharian.Mengapa saya menyarankan seperti ini? Apa sih bahayanya?

Banyak dari mereka yang akhirnya mengalami obesitas karena tidak pernah melakukan aktivitas fisik setiap harinya.Hanya duduk saja seharian di kantor atau di rumah.

Ketika anda sudah mengalami obesitas, maka anda akan mudah terkena penyakit-penyakit yang lainnya.Contohnya seperti diabetes/kencing manis, penyakit jantung, darah tinggi dan sebagainya.

Bahkan teman-teman saya yang sering bekerja di depan komputer atau di depan laptop, mereka mengalami yang namanya nyeri pada punggung. Terutama pada bagian leher dan bagian pinggangg karena mereka lupa untuk relaksasi selama melakukan aktivitas mereka.

Jadi, mereka hanya fokus di depan layar kaca komputer mereka. Selain itu, saya juga mempunyai data yang lain.Data ini dari AHA atau American Heart Association.AHA menggalakkan masyarakat agar mengurangi jumlah duduk  dan lebih memperbanyak aktivitas fisik.

Kemudian juga dari CNN. CNN merupakan data yang cukup terpercaya. Dikatakan disini bahwa duduk terlalu lama sampai 13 jam dapat meningkatkan resiko kematian dini hingga 200%. Resiko yang sangat besar.Dan sousinya adalah anda dapat melakukan gerakan ringan setiap 30 menit. Jadi jangan duduk terus sampai 5 jam.

Setiap 30 menit, anda bisa bangun, berdiri, relaksasi sebentar kurang lebih sekitar 3-5 menit.Setelah itu anda boleh duduk lagi dan melanjutkan pekerjaan anda.Dengan demikian, tubuh anda tidak terlalu tegang ketika duduk. Sehingga tidak membebani tulang punggung anda terlalu lama.

Jadi sahabat sehat, saran saya adalah coba anda kurangi duduk anda yang terlalu lama.Selingi waktu anda untuk melakukan aktivitas fisik yang ringan setiap 30 menit. Itu tidak susah. Anda bisa melakukan/mencobanya.

Jika anda belum terbiasa, anda bisa memasang alarm pada handphone anda.Jadi setiap 30 menit, alarm tersebut akan membantu mengingatkan anda untuk berdiri sejenak.Semoga informasi kecil ini dapat bermanfaat untuk anda.

Silahkan share kepada teman-teman anda, terutama untuk teman anda yang suka bermain game.Beritahu mereka setiap selesai bermain game sebelum lanjut ke game berikutnya, tolong relaksasi sejenak.

Anda bisa melakukan relaksasi stretching sedikit, bisa berdiri atau jalan-jalan sebentar, baru melanjutkan game berikutnya.

Bagi anda yang suka menonton film korea, setelah 1 seri selesai, sebelum anda ingin melanjutkan seri berikutnya, coba anda relaksasi sejenak.

0 Response to "Bahaya Jika Anda Duduk Terlalu Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel