IBX5B54BCC389CD2 Fungsi Akupuntur Untuk Kesehatan - Lulusandiploma.com

Fungsi Akupuntur Untuk Kesehatan

akupuntur

Pada artikel saya kali ini, saya akan membahas topik tentang Apakah Fungsi Akupuntur untuk Kesehatan? sebelum saya menjelaskan apa manfaat dari akupuntur, saya jelaskan apa itu akupuntur terlebih dahulu.Akupuntur merupakan teknik penyembuhan atau therapy secara holistik yang berasal dari negeri China.

Atau kita mengenalnya dengan sebutan TCM (Traditional Chinese Medicine). Jadi teknik ini telah digunakan di negeri China sejak 2500 tahun yang lalu. Cukup lama, dan ini diteruskan secara turun temurun.

Apakah akupuntur bermanfaat bagi kesehatan? Akupuntur ini merupakan teknik untuk menyeimbangkan energi. Kalau dalam bahasa China atau dalam bahasa Mandarin disebut Qi. Mungkin kita mengenalnya sebagai “energi kehidupan”. Teknik ini menggunakan jarum.Jadi jarum yang sangat kecil dan sangat halus ditusukkan ke dalam kulit kita, dan akhirnya bisa menstimulasi titik-titik spesial/titik-titik akupuntur di dalam tubuh manusia.

Jadi saat penusukan jarum, pada beberapa pasien ada yang merasakan seperti digigit semut.Ada juga yang merasakan sakit. Tetapi kebanyakan dari mereka tidak merasakan apa-apa. Saat ini, akupuntur telah direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO).

Dan di negara Eropa atau di negara Barat, akupuntur ini sangat populer.
Begitu pula di Indonesia. Di negara-negara Asia juga cukup populer belakangan ini. Namun, bagi beberapa orang masih belum paham bagaimana cara kerja akupuntur.

Bagaimana sebuah jarum yang sangat kecil dapat membantu proses penyembuhan anda? Supaya lebih mudah, saya akan memberikan contoh untuk sahabat sehat. Jadi akupuntur itu contohnya seperti ini..

Saat kita terluka atau saat kita mengalami  trauma seperti keseleo,tubuh memiliki mekanisme untuk mengalirkan aliran darah dan energi ke tempat dimana dibutuhkan darah atau energi tersebut. Contohnya seperti saat keseleo atau terluka.

Otomatis penyembuhan akan cepat sekali terjadi di daerah tersebut. Bayangkan jika darah atau energi tidak mengalir ke tempat tersebut. Otomatis daerah dimana terdapat luka tersebut tidak akan mendapatkan nutrisi lebih untuk penyembuhannya.

Jadi, kurang lebih akupuntur itu bekerja dengan cara seperti ini. Atau contoh kedua. Misalnya anda saat bangun pagi leher terasa kaku karena salah posisi tidur. Kemudian anda pergi ke tukang pijat refleksi.

Saat pergi kesana, leher anda terasa kaku. Kemudian setelah selesai dipijat, leher anda terasa jauh lebih enak.Kurang lebih prinsip akupuntur seperti ini. Jadi dengan menggunakan teknik jarum atau penusukan jarum, aliran energi dan aliran darah akan menuju ke tempat yang ditusuk oleh jarum dan daerah sekitarnya sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Kemudian, di dalam tubuh manusia terdapat kurang lebih sekitar 360 lebih titik akupuntur atau titik meridian,dimana titik ini terhubung dengan organ-organ di dalam tubuh anda.Jika titik ini ditusuk atau distimulasi, aliran energi ini akan menuju ke organ anda, sehingga akan mempercepat pemulihan atau penyembuhan pada organ tersebut.

Kalau yang pertama tadi saya beri contoh akupuntur ini bekerja lokal pada tempat tersebut,kali ini titik akupuntur akan menuju ke tempat organ yang berhubungan dengan meridian pada titik akupuntur tersebut.Selanjutnya saya akan memberikan contoh beberapa penyakit yang dapat diatasi dengan akupuntur.


Mungkin penyakit-penyakit anda yang sulit sembuh misalnya, anda bisa melengkapi dengan therapy akupuntur.Saya beri contoh, yang pertama adalah penyakit sembelit atau konstipasi (susah Buang Air Besar). Disini masalahnya terdapat pada usus besar anda.

Jadi jika kita menstimulasi titik akupuntur yang berhubungan dengan meridian usus besar, maka akupuntur akan sangat membantu bagi anda yang sembelit.Kemudian contoh yang kedua adalah pasien yang mengalami keluhan nyeri punggung.

Dalam bahasa Jawa sering disebut ‘kecetit’ atau HNP (Hernia Nukleus Pulposus). Mungkin anda pernah mendengar penyakit tersebut.Biasanya ini terjadi pada orang yang kegemukan atau salah mengangkat beban. Istilahnya adalah kecetit, dan ini terasa sakit sekali.

Dan dengan menggunakan teknik akupuntur, maka akan sangat membantu mengurangi nyeri. Selanjutnya adalah nyeri lutut atau dikenal dengan Osteoathritis.

Peradangan lutut dan nyeri lutut biasanya dengan gejala bengkak, atau bahkan ada juga yang tidak bengkak.Ini bisa di’therapy dan bisa sangat terbantu dengan menggunakan titik akupuntur di daerah tersebut.Kemudian contoh berikutnya adalah gangguan tidur.

Banyak pasien yang datang ke tempat saya dengan keluhan “Saya sulit tidur dok ketika malam hari”. Sudah berusaha tutup mata, tetapi tidak bisa tidur.Akupuntur disini juga dapat membantu merelaksasi otak dan tubuh anda, sehingga membuat anda relaks dan bisa tidur di malam hari. Kemudian, akupuntur juga dapat menjaga otak anda. Menjaga fungsi kognitif anda.

Apakah fungsi kognitif otak anda?
Fungsi kognitif adalah kemampuan otak anda untuk mengelola dan mengolah pikiran yang ditujukan untuk menyelesaikan masalah-masalah di dalam kehidupan. Jadi dengan menggunakan teknik ini, otak anda akan dirangsang dan dapat bekerja lebih baik.

Jadi dengan menggunakan teknik ini, otak anda akan dirangsang dan dapat bekerja lebih baik.Sahabat sehat, jadi disini ada beberapa peran akupuntur. Jadi akupuntur ini dapat membantu proses penyembuhan anda.Dapat membantu proses di dalam kehidupan anda sehari-hari.

Mungkin anda yang sekarang sedang dalam therapy medis atau therapy apapun, anda bisa melengkapinya dengan therapy akupuntur.Tentu saja anda harus mencari tempat-tempat akupuntur yang mempunya izin. Jangan yang ilegal. Sahabat sehat, semoga anda dapat mengerti tentang penjelasan akupuntur tadi di atas.

Dan saya doakan untuk sahabat sehat semua, semoga anda tetap sehat dan anda tetap bisa beraktivitas dengan baik.

0 Response to "Fungsi Akupuntur Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel