Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab Obesitas dan Bahaya nya

obesitas

Pada ratikel kali ini saya akan membahas topik yaitu tentang Apa Penyebab Obesitas dan Apa Bahayanya? dalam 10 tahun belakangan ini negara kita Indonesia sebenarnya telah mengalami kekhawatiran dalam dunia kesehatan.Yaitu berkembang pesatnya penderita obesitas.

Obesitas sendiri berhubungan dengan penyakit-penyakit berbahaya seperti serangan jantung, penyakit jantung koroner,kemudian penyakit stroke, diabetes, depresi, kemandulan, bahkan mengarah ke penyakit kanker.

Celakanya lagi, di Indonesia banyak anak-anak kecil, anak-anak di usia dini yang sudah mengalami kegemukan atau obesitas.Walaupun masih usia dini, masih usia anak-anak, tidak menutup kemungkinan mereka juga bisa menderita penyakit-penyakit yang berbahaya.

Seperti resisten insulin yuang akan mengarah ke diabetes, pediatric obesity,  pediatric diabetes, depresi, darah tinggi, dan masalah pertumbuhan.Jadi, normalnya anak-anak akan bertumbuh ke atas, bukan ke samping. Hal ini juga perlu mendapatkan perhatian dari kita semua.

Terutama bagi para orang tua yang mendidik anak mereka untuk belajar mengkonsumsi makanan-makanan yang baik.Ada alasan-alasan psikologis maupun fisiologis yang mendasari obesitas.Namun ada permasalahan yang mendasar bagi obesitas tersebut.

Yaitu permasalahan antara energi intake vs energi expenditure.Apa itu energi intake?Energi intake adalah jumlah energi yang diperoleh dari makanan dan minuman yang anda konsumsi setiap hari.

Sedangkan energi expenditure adalah jumlah energi yang dibutuhkan oleh tubuh anda untuk dapat beraktivitas dengan baik agar anda dapat bernapas,mengatur suhu tubuh anda, dan Istirahat. Itu semua membutuhkan kalori atau energi.
Jadi, disini terjadi ketidakseimbangan antara energi intake atau energi yang masuk dengan energi yang anda gunakan.

Dengan berlebihnya energi intake, otomatis energi tersebut akan disimpan dalam bentuk lemak di dalam tubuh anda.Manusia merupakan spesies yang berevolusi.

Pada zaman dahulu/zaman purba, manusia melakukan lebih banyak kegiatan fisik. Untuk mencari makanan mereka harus berburu, dan harus bercocok tanam, baru bisa mendapatkan makanan.Sedangkan pada zaman sekarang, semuanya serba instan.

Bahkan untuk membeli makanan, anda tinggal mengambil HP dan memesannya. Jadi otomatis, anda akan lebih banyak duduk atau beristirahat. Sedangkan energi selalu masuk karena mendapatkan makanan semakin mudah.Seperti dijual dalam kemasan, bahkan anda bisa menyetir mobil sambil makan.

Hal ini akan membuat energi intake di dalam tubuh anda menjadi berlebihan.Inilah hal yang mendasari mengapa banyak orang di Indonesia yang obesitas. Emosi juga berkaitan dengan obesitas.

Jadi, sistem hormon kita akan bereaksi terhadap emosi-emosi yang negatif.Saya sudah pernah membahasnya pada artikel saya sebelumnya, yaitu Bagaimana Stress dan Cemas Berlebihan Dapat Mempengaruhi Kesehatan anda Jadi, bukan hanya obesitas. Ternyata stress/emosi negatif juga dapat mempengaruhi kesehatan anda secara keseluruhan.

Dapat mengganggu sistem di dalam tubuh anda. Termasuk salah satunya adalah sistem hormon.Jadi ketika anda stress, hormon pada tubuh akan kacau, sehingga memperlambat metabolisme di dalam tubuh anda.

Sebenarnya,  stress seperti ini sangat membantu pada kehidupan leluhur anda di zaman dahulu.Dahulu mereka hidup dari berburu ataupun diburu oleh binatang buas. . Jadi, stress sangat membantu mereka dalam melakukan kegiatan berburu.

Tetapi dalam kehidupan sekarang, stress justru membuat anda makan lebih banyak.Stress justru membuat metabolisme di dalam tubuh anda melambat.Dan akhirnya, yang terjadi adalah penumpukan lemak di dalam tubuh anda.

Ketika stress, tubuh anda akan menghasilkan hormon-hormon untuk melindungi diri dari stress.Akhirnya, terjadi penyimpanan/penimbunan lemak di dalam tubuh anda karena tubuh anda akan menghemat energi anda.

Jika hal seperti ini terjadi, maka anda akan susah untuk menurunkan berat badan.

Pada Traditional Chinese Medicine (TCM), sebenarnya obesitas merupakan hasil dari akumulasi dampness di dalam tubuh. Dan juga merupakan hasil penurunan fungsi jaringan limpa sehingga mengakibatkan penurunan metabolisme di dalam tubuh anda.Hal ini dikarenakan stress, kemudian faktor kurang bergerak atau kurangnya aktivitas, dan kebiasaan makan yang buruk.

Program yang saya terapkan untuk pasien obesitas meliputi program :
- Akupuntur dan Terapi Herbal Yang bertujuan untuk mengembalikan kesehatan organ pencernaan dan metabolisme. Tujuannya juga untuk menghilangkan dampness yang berlebihan di dalam tubuh mereka.

Dan saya juga meminta pasien saya untuk melakukan aktivitas fisik yang lebih sering di rumah atau di luar rumah. Jadi selain melakukan akupuntur, selain menggunakan herbal, harus ada kerja sama antara pihak dokter dengan pihak dari pasien.

Karena akupuntur dan terapi herbal tidak akan membantu jika anda tidak melakukan aktivitas fisik, tidak mengurangi jumlah kalori, dan juga tidak menjaga pikiran anda dengan baik. Dengan melakukan itu semua, maka anda mendapatkan energi yang positif bagi tubuh anda.

Jadi, selanjutnya adalah bagaimana terapi atau bagaimana solusi yang dapat anda lakukan sehari-hari? Yang pertama adalah anda harus melakukan diet atau mengatur pola makan anda.

Ada ratusan diet yang ditawarkan bagi anda penderita kegemukan atau obesitas, khususnya di Indonesia. Ada diet A, diet B, diet C dan sebagainya. Namun, diet-diet seperti ini sebenarnya banyak yang keliru.

Banyak yang menganjurkan anda untuk tidak makan apapun. Namun hanya menganjurkan anda untuk makan tahu mentah atau satu buah apel setiap hari. Atau bahkan tidak makan sama sekali.

Jadi, sebenarnya ini adalah hal yang keliru. Namun, jika anda melakukan hal demikian, sebenarnya hal ini bertolak belakang dengan sistem metabolisme pada tubuh anda.

Dengan melakukan diet seperti itu, mungkin berat badan anda akan turun dalam hitungan hari atau hitungan minggu. Namun, akan kembali naik lagi seperti yoyo. Dan kita semua tidak mau hal ini terjadi.Saya merekomendasikan kepada anda yang ingin melakukan program diet untuk diet seimbang dan kaya akan makanan organik.

Jadi, yang saya maksud adalah diet dengan makan makanan yang tanpa pengawet dan tanpa perasa.Kemudian, makanlah sesuai jadwal  anda, yaitu jadwal yang teratur. Jadi, kalau bisa anda makan 5 kali sehari.

Mungkin anda bertanya, Kok 5 kali sehari? Bukannya tambah gemuk?
Tentu saja hal ini untuk membiasakan agar metabolisme anda tidak menjadi lambat.Konsumsilah makanan dalam jumlah porsi kecil 5 kali sehari. Hindari makan diatas jam 7 malam.

Lalu, jangan pernah melewatkan sarapan pagi. Jadi, sarapan pagi penting untuk anda.Apalagi untuk masyarakat Indonesia sebagian besar bekerja di pagi hari hingga sore hari.Pada pagi/siang hari, anda membutukan tenaga ekstra untuk berpikir dan melakukan aktivitas fisik.

Dan jika pada pagi hari anda tidak sarapan, justru di siang anda akan merasa lemas dan lapar.Dan anda ingin makan dalam jumlah yang lebih banyak. Sebaiknya, anda bisa menetukan jadwal kapan anda menunda makan. Dan lakukanlah hal tersebut.

Makanan yang saya anjurkan adalah makanan yang berasal dari real food.Apa itu real food? Yaitu makanan yang tidak diolah atau makanan yang berasal dari alam, yang ditanam kemudian tumbuh. Dari situ anda bisa mendapatkan makronutrien untuk memenuhi gizi di dalam tubuh anda.Jadi, cobalah untuk menghindari makanan yang terlalu banyak diolah.

Anda bisa memilih jenis protein yang baik. Anda bisa memilih protein hewani atau protein nabati.Khusus anda yang vegetarian, pilihlah protein nabati yang berkualitas tinggi.Kemudian, anda bisa mengkonsumsi karbohidrat kompleks. Anda bisa memperbanyak  sayur-sayuran dan buah-buahan.

Ingat, jumlah gigi manusia taringnya hanya empat buah. Kurangi konsumsi daging yang berlebihan.Perbanyaklah sayur-sayuran, terutama yang mengandung klorofil, sayuran hijau. Makanlah sayuran-sayuran tersebut lebih banyak.

Kemudian, sesekali anda juga dapat melakukan program detox.Program detox disini adalah anda boleh mengkonsumsi sayuran mentah dan buah-buahan. Lakukan program detox ini selama 10 hari.Namun bila anda tidak sanggup untuk memakan sayuran dan buah-buahan mentah, anda bisa menambahkan suplemen.


Namun, saya tidak akan membahas jenis suplemen tersebut disini. Jika anda ingin tahu lebih lanjut, anda bisa klik video ini.Kemudian, langkah selanjutnya adalah anda harus menghindari makanan-makanan yang pedas. Terutama bagi anda penggemar cabe.Mengapa? Dengan menambahkan terlalu banyak cabe, mungkin bagi anda penggemar cabe, nafsu makan anda akan meningkat.
Anda akan lupa bahwa anda sedang program diet.  Porsi makan saya hanya sekian.

Kemudian, kurangilah makanan-makanan yang mengandung tinggi tepung. Kurangilah makanan-makanan yang digoreng atau banyak lemak hewani. Makanan-makanan ini tidak baik untuk anda. Kemudian, segala jenis makanan manis dan dessert harus anda hindari. Termasuk juga nikotin. Bagi anda yang merokok, cobalah untuk berhenti merokok. Karena hal itu akan mengganggu metabolisme di dalam tubuh anda.

Tips yang terakhir untuk diet adalah jangan makan saat anda sedang stress, dan saat emosi anda sedang tidak stabil. Karena saat kondisi mood anda tidak bagus, maka anda akan makan sebanyak mungkin dan akan lupa untuk berhenti.

Karena mungkin anda memikirkan masalah dan sebagainya. Akhirnya, anda lupa untuk berhenti makan.Oke, semoga tips diet ini dapat anda lakukan.

Kemudian yang selanjutnya adalah suplemen. Suplemen yang dapat anda konsumsi di antaranya adalah chromium. Chromium berfungsi untuk mengontrol dan menstabilkan gula darah anda. Dan chromium ini sangat membantu bagi anda yang sedang mengalami diabetes.

Suplemen selanjutnya adalah vitamin B kompleks.Vitamin B kompleks dapat membantu mengurangi kadar air yang berlebihan di dalam tubuh anda.Dan juga dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh anda. Dan suplemen terakhir yang saya anjurkan adalah suplemen yang terdiri dari bahan makanan mentah.

Kemudian, saran saya yang terakhir adalah minumlah air hangat yang ditambahkan dengan irisan lemon di dalamnya atau kita kenal dengan infused water.Jadi, anda bisa meminum ini setiap hari.

Ingat, jangan ditambahkan dengan gula ataupun zat pemanis lainnya, termasuk sirup.Kemudian bila anda tidak sanggup menahan lapar, anda sediakan satu buah apel.Anda bisa memakan apel tersebut di saat anda merasa lapar.Jangan mencari makanan seperti kue atau gorengan di saat anda lapar. Hal itu akan membatalkan program diet anda.

Semoga tips-tips yang saya berikan dapat anda mengerti dan dapat anda anda dapat memahami nya
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Penyebab Obesitas dan Bahaya nya"