IBX5B54BCC389CD2 5 Jenis Hewan Yang Boleh Untuk di Qurbankan - Lulusandiploma.com

5 Jenis Hewan Yang Boleh Untuk di Qurbankan

Sebagaimana disebutkan dalam Surat Al Hajj Ayat 34 bahwa hewan yang dapat disembelih dan dijadikan qurban adalah dari jenis hewan ternak. Dimana mencakup tiga jenis hewan, yaitu unta, sapi atau kambing.

Menurut pendapat sebagian besar ulama, selain ketiga hewan diatas, hewan lain yang dapat disembelih dan dijadikan qurban adalah domba dan kerbau. Domba atau biri-biri disamakan dengan kambing, sedangkan kerbau disamakan dengan sapi.

Menurut para ulama (ahli fiqih), pengertian hewan ternak yang diqurbankan berbeda dengan hewan ternak pada umumnya. Maka dari itu, hewan ternak yang boleh dimakan seperti ayam, itik, ikan, burung ataupun kelinci, walaupun hewan-hewan ini termasuk hewan ternak, namun tidak dapat digunakan sebagai hewan qurban. Lebih tidak dibolehkan lagi jika menggunakan hewan liar seperti anjing atau rusa.

1. Unta 

Unta merupakan hewan yang hidup di Asia dan Afrika Utara, umumnya tinggal di daerah yang kering dan di daerah gurun yang panas serta gersang. Unta merupakan hewan mamalia yang berpunuk tinggal dan ada pula yang berpunuk ganda.

Rata-rata umur harapan hidup unta adalah 30 sampai 50 tahun. Waktu yang cukup lama, bukan ? 

Penggunaan unta telah dilakukan oleh manusia sejak ±5000 tahun yang lalu. Pemanfaatan unta salah satunya untuk diambil susu (dinilai bernutrisi lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi perah) serta dagingnya, dan unta dapat pula digunakan sebagai hewan pekerja.

Unta merupakan salah satu hewan yang istimewa karena dapat digunakan sebagai hewan qurban. Seekor unta dapat digunakan qurban oleh 10 orang bersama-sama.

2. Sapi


Sapi merupakan hewan ternak yang dapat hidup di daratan hampir di setiap benua. Sapi biasanya dipelihara untuk dimanfaatkan susu serta dagingnya sebagai pangan manusia. Sapi yang telah dikebiri biasanya akan digunakan untuk membantu membajak sawah dan diganti namanya menjadi Lembu. 

Sapi telah ditemukan sejak zaman Neolitikum atau sekitar tahun 9.500 SM di daerah Timur Tengah. Sapi juga termasuk hewan ternak istimewa yang bisa dijadikan hewan qurban. Sat ekor sapi dapat digunakan qurban oleh 7 orang bersama-sama. 

3. Kambing

Kambing ternak adalah kambing liar yang secara alami tersebar di Asia Barat Daya dan Eropa Timur. Dibudidayakan semenjak 8000 sampai 9000 tahun yang lalu. 

Kambing adalah salah satu hewan yang paling lama dan paling banyak dicari untuk diternakkan, karena pemanfaatn susu, daging, bulu serta kulitnya.

Kambing ternak menjadi salah satu hewan qurban yang bisa disembelih untuk satu orang saja.

4. Kerbau

Kerbau adalah hewan memamah biak bertubuh besar yang menjadi hewan ternak bagi masyarakat di dunia, terutama benua Asia. Pemanfaatn kerbau yaitu susunya dapat digunakan sebagai bahan baku keju mozzarella, kemudian dagingnya, dan juga kulit kerbau yang dapat dijadikan sebagai bahan sepatu, wayang kulit dan helm kendaraan. 

Kerbau sama halnya seperti sapi, bisa digunakan sebagai hewan qurban, dan dapat digunakan oleh 7 orang secara bersama-sama.

5. Domba yang dipelihara

Domba atau biri-biri ditemukan dari Asia Tengah Selatan dan Barat-Daya. Domba merupakan hewan yang bisa dipelihara oleh manusia. Pemanfaatannya sama seperti kambing, yaitu susu, daging, bulu dan kulitnya.

Domba diperkirakan diternakkan sejak 11.000 tahun yang lalu di Mesopotamia.
Domba peliharaan menjadi salah satu jenis hewan yang bisa disembelih dan diqurbankan, sama halnya seperti kambing, hanya dapat digunakan untuk satu orang saja. 

Selain menggunakan hewan ternak yang telah ditentukan jenisnya, hewan qurban memiliki persyaratan yang lain, seperti hewan yang diqurbankan tidak boleh cacat fisik dan usianya telah cukup.

Nah, untuk tahun ini, adakah diantara kita yang ikut berqurban ? Atau sebagai penyembelih qurban ? Atau mungkin ikut memakan daging qurban saja dulu ? Semoga kita diberikan umur panjang dan rezeki oleh Allah yang cukup agar mampu melaksanakan ibadah yang satu ini. Amiin.

0 Response to "5 Jenis Hewan Yang Boleh Untuk di Qurbankan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel