IBX5B54BCC389CD2 33+ Pertanyaan Interview dan Jawabannya Untuk Fresh Graduate - Lulusandiploma.com

33+ Pertanyaan Interview dan Jawabannya Untuk Fresh Graduate

Pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate sering dipertanyakan bagi lulusan baru, dan sebelumnya pun kami sudah menjelaskan mengenai pengalaman bagaimana susahnya fresh graduate melamar kerja di Indomaret. Artikel tersebut menjelaskan mengenai tahap yang dilaksanakan saat seleksi berlangsung dan bagaimana rasa sedih yang dirasakan apabila anda gagal test masuk kerja.

Fresh Graduate yang paling sangat dilema saat mencari kerja, pasalnya pada lowongan yang beredar dimedia sosial persyaratannya adalah mempunyai pengalaman minimal 1 sampai 2 tahun.

Lalu bagaimana fresh graduate bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkannya?

Apabila anda freshgraduate alangkah baiknya bersemangatlah dari sekarang dalam mengirim lamaran kerja walaupun persyaratannya menyebutkan pengalaman.

Karena pengalaman pribadi saya, saat menjadi lulusan baru saya tidak mau kalah dengan yang mempunyai pengalaman cukup lama. Walaupun persyaratan menyebutkan lamanya pengalaman tapi saya harus belajar dan bangkit agar orang yang mempunyai pengalaman ilmunya dapat setara dengan saya yang masih lulusan baru.

Untuk kalian yang masih kebingungan dan belum pernah merasakan interview kerja di perusahaan sebaiknya simak penjelasan kami berikut ini mengenai 33++ Pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate

Siapa nama anda?
Nama saya Sandi Okta Prayoga

Berapa usia anda saat ini?
Usia saya saat ini adalah 23 tahun, dan saya lahir pada tanggal 15 bulan Oktober tahun 1994

Apakah sudah menikah?
Saya belum menikah pak / bu

Pada umur berapa tahun anda menikah?
Perkiraan saya akan menikah 2 tahun kedepan pada umur 25 tahun

Alasannya apa anda ingin menikah pada usia segitu?
Karena saat ini uang yang saya kumpulkan belum cukup untuk meminang seorang perempuan, dan saya yakin pada usia yang ke 25 tahun target keuangan saya bisa tercapai.

Coba jelaskan sedikit mengenai diri anda.
Nama saya Sandi Okta Prayoga, asal dari Cikarang dan saat ini baru saja lulus kuliah, saya pernah magang di PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) pada divisi keselamatan dan kesehatan kerja, dan saya mempunyai pribadi yang ingin bangkit dalam segala urusan serta pantang menyerah.

Sehebat mana anda dalam mengingat?
Ingatan saya dalam mengingat lumayan bagus, alasannya pada saat ingin ujian saya selalu menghafalkan materi yang dipelajari dan mempunyai hasil yang maksimal.

Hoby apa yang saudara suka?
Saya sangat suka dengan bulu tangkis, namun akhir akhir ini hoby saya tersebut jarang saya lakukan karena tersendat oleh waktu yang lain yang lebih penting.

Apakah bisa mengoperasikan komputer?
Saya sangat mahir dalam penggunaan komputer apalagi menggunakan aplikasi microsoft office dan pengetikan. Karena keseharian saya tidak jauh dari pada menulis.

Ceritakan sedikit keseharian yang anda lakukan saat menganggur dirumah.
Saat menganggur dirumah saya selalu membantu orangtua membersihkan pekerjaan rumah, selain dari pada itu saya juga mengisi waktu tiap harinya dalam menulis artikel di website yang saya punya.

Berapa pengeluaran yang saudara keluarkan dalam sehari?
Pengeluaran yang saya keluarkan setiap harinya tidak terlalu banyak kisaran 10 sampai 15 ribu rupiah, itupun hanya untuk jajan sehari-hari saja.

Apabila bergabung pada perusahaan ini, bagaimana cara pertama kamu berbaur dengan karyawan lain?
Yang saya lakukan pertama kali yaitu pendekatan dengan cara menanyakan hal-hal yang tidak saya tau diperusahaan ini, lalu berbaur dengan yang lainnya pada jam istirahat saat makan siang.

Coba jelaskan sedikit mengenai posisi yang dilamar saat ini.
Posisi yang saya lamar saat ini yaitu HSE Office yang tugasnya membuat laporan harian, mingguan bahkan bulanan mengenai keselamatan dan kesehatan kerja, dan meningkatkan tingkat kesadaran bagi karawan bagaimana bekerja yang aman.

Apakah tau perusahaan kami bergerak dibidang apa?
Perusahaan PT. Bina Bahana Gemilang bergerak dibidang kontraktor, konstruksi dan elektrikal.

Bagaimana sikap anda apabila melihat karyawan lain tidak menggunakan Alat Pelindung diri (APD) saat bekerja?
Saya akan mengingatkan kepada karyawan tersebut bahwa alat pelindung diri adalah penting dipakai untuk keselamatan dirinya, dan apabila ia masih tidak ingin memakainya saya akan melaporkan tindakan tidak aman tersebut kepada pengawas dilapangan.

Baca juga tips mendapatkan kerja di perusahaan Internasional

susahnya mencari kerja

Organisasi apa saja yang pernah diikuti?
Organisasi yang pernah saya ikuti adalah mengikuti kegiatan islami seperti one day one jus, one day one hadits dan kegiatan sosial seperti HSE Indonesia kalimantan selatan.

Berapa tahun yang paling lama berorganisasi?
Sampai saat ini saya paling lama mengikuti organisasi HSE Indonesia Kalimantan Selatan yaitu selama 2 tahun lamanya.

Manfaat apa yang didapatkan apabila anda ikut organisasi?
Sangat banyak manfaat yang didapatkan, saya dapat mengenal banyak orang yang mempunyai berbagai ilmu pada bidangnya, dan yang pasti saya bisa mempunyai kerabat yang tujuan nya sama dengan saya.

Hal apa yang paling berat didalam hidupmu?
Sesuatu hal yang sangat berarti dan menjadi momen penting pada hidup saya adalah dapat membahagiakan orang tua, dengan cara menunjukkan kesuksesan yang saya raih dan bisa menjadi omongan manis yang disebutkan olehnya.

Saat melihat orang yang kehabisan bensin dijalan, apa yang biasanya kamu lakukan?
Seringkali saya berubah fikiran apabila melihat orang yang kehabisan bensin dijalan, pada saat saya sedang berjalan pelan otomatis saya langsung berhenti dan mendorong motornya ke pom bensin dengan cara mendorong menggunakan kaki / di step. Berbeda dengan posisi yang sedang melaju kencang saat mengendarai motor, pastinya saya merasakan acuh dan berfikiran untuk balik dan mendorongnya namun tidak jadi.

Apakah kamu bisa bekerja dibawah tekanan?
Saya sangat bisa bekerja dibawah tekanan, karena pada saat kuliah saya didik untuk selalu mengerjakan tugas bagaimanapun keadaannya sampai tanggung jawab bisa selesai.

Bagaimana sifat anda apabila mendapati bos yang acuh terhadap masukan dan tidak mau mendengarkan masukan yang baik?
Apabila saya mendapati bos yang demikian, bila ada kesempatan saya untuk menjelaskan kepadanya saya akan menjelaskan segala hal yang benar-benar hal tersebut memang dibutuhkan untuk perusahaan saat ini.

Apabila suatu saat anda diterima kerja disini lalu ditengah jalan anda ditawarkan bergabung dengan perusahaan lain yang gajinya lebih besar, apa yang akan kamu lakukan saat itu?
Yang pertama yang saya fikirkan yaitu tentang kenyamanan dan dibutuhkannya saya disuatu perushaan, apabila saya dibutuhkan dan sangat nyaman di suatu perusahaan untuk apa lagi saya berpindah keperusahaan lain?

Hal yang paling baik apa yang pernah dirimu lakukan didalam kehidupan ini?
Saya dapat membantu orang disekitar meskipun saya hanya mempunyai uang yang pas pasan untuk kehidupan.

Pengalaman apa yang anda pernah lakukan yang menurut kamu paling menyenangkan?
Saya sangat bahagia ketika orang tua berkata kepada saya mengenai kebanggan dirinya telah mempunyai anak seperti saya ini.

Keberhasilan apa yang ingin kamu dapatkan?
Saya bisa mendapatkan pekerjaan selepas lulus dari kuliah dengan gaji yang saya harapkan? Dan bisa membahagiakan orang tua.

Memangnya berapa gaji yang kamu harapkan
Gaji saat ini yang saya harapkan selepas menjadi lulusan baru yaitu Rp. 5.000.000.

Mengapa kamu menginginkan gaji yang demikian besar?
Karena saya sangat tau apa kelebihan yang saya punya dan tekad apa saja didalam diri saya kepada perusahaan, dan saya berfikir perusahaan pun tidak akan rugi apabila menggaji saya segitu karena saya sudah menyesuaikan dengan apa yang saya punya. 

Kegagalan apa yang pernah kamu alami?
Saya lulus kuliah D3 selama 4 tahun, secara umum Diploma 3 yaitu lulus hanya 3 tahun saja, saya menyesal kenapa saya tidak bekerja keras agar biaya SPP saya bisa terbayar dan saya bisa lulus tepat waktu.

Apabila perusahaan mengalami kebangkrutan secara mendadak, hal apa yang kamu lakukan?
Saya harus mencari tahu sebenarnya penyebab apa yang sebenarnya perusahaan alami, apabila disuatu perusahaan tersebut saya memegang jabatan penting pastinya saya akan mencari solusi bagaimana cara agar perusahaan tersebut bisa bangkit kembali.

Mungkin sampai disini pertanyaan interview dan jawabannya untuk freshgraduate , semoga pengalaman yang saya tuliskan ini bisa bermanfaat untuk anda. 

0 Response to "33+ Pertanyaan Interview dan Jawabannya Untuk Fresh Graduate"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel