Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tugas dan Tanggung Jawab HSE Staff / Admin

HSE Staff  adalah sebuah jabatan di salah satu divisi Perusahaan yang tugasnya sebagai asisten Safety Officer untuk menjalankan misi perusahaan dalam menerapkan program keselamatan dan kesehatan kerja, peran dari jabatan ini sangat dibutuhkan dilingkungan proyek atau suatu perusahaan karena pada prinsipnya seorang Safety Officer tidak akan maksimal dalam mengemban tugasnya tanpa diiringi oleh HSE Staff yang mengcover dalam ranah administrasi.

Dalam artikel sebelumnya Lulusandiploma sudah menjelaskan apa saja tugas dan tanggung jawab seorang hse officer dalam lingkungan perusahaan maupun project, dan kali ini Lulusandiploma akan menjelaskan mengenai jobdesk HSE Staff atau Safety Admin.

Tugas HSE Staff atau Safety Admin


  1. Seorang HSE Admin harus bisa melakukan identifikasi bahaya, penilaian resiko, evaluasi resiko dan pengendalian dari dampak yang ada dalam penerapan keselamatan dan kesehatan kerja untuk meminimalisir agar kecelakaan tidak terjadi dilingkungan kerja.
  2. Mampu menerapkan program yang sudah ditargetkan perusahaan dalam penerapan k3 sebagai upaya penanggulangan dan pencegahan kecelakaan kerja.
  3. Mengumpulkan dan merekap laporan yang diserahkan oleh safety officer seperti administrasi hse; laporan harian/ daily report, laporan mingguan/ weekly report, dan laporan bulanan/ monthly report. Laporan tersebut seperti rekapan inspeksi, laporan pekerjaan, jsa, ibpr, hse meeting, penerapan loto, dokumentasi, dll.
  4. Membuat rencana program keselamatan dan kesehatan kerja kedepan.
  5. Ikut mengawasi penerapan k3 dilingkungan perusahaan agar berjalan dengan baik sesuai dengan rencana.
  6. Mengkoordinasi kepada Manager HSE segala penerapan k3 yang sudah dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan, apakah penerapan tersebut sudah berjalan dengan baik atau masih belum terlaksana. simak juga Daftar riwayat hidup tulis tangan
  7. Membuat segala agenda proyek atau perusahaan yang terkait dengan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja.
  8. HSE Staff diwajibkan mencatat kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) yang masuk dan yang sudah rusak. Bahkan mencatat segala keperluan apd yang diperlukan untuk kedepannya.
  9. Admin HSE harus mencatat apa saja peralatan yang berkaitan dengan health, safety, environment yang diperlukan dan yang sudah tersedia.

Tanggung Jawab HSE Staff / Admin HSE

tugas dan tanggung jawab seorang hse
Tugas dan Tanggung Jawab Seorang HSE

Sebenarnya tanggung jawab seorang Admin HSE atau HSE Staff sangatlah luas, namun yang paling penting dari tanggung jawabnya adalah mengurus segala administrasi yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di suatu perusahaan.


Skill dan Kemampuan Yang di Perlukan Seorang HSE Staff

Seorang praktisi ahli k3 umum dengan posisi hse staff harus memiliki kemampuan dan skill berikut ini:
  1. HSE Staff harus teliti dalam merekap segala arsip dan dokumen yang sudah menjadi tugas kesehariannya, karena apabila hal tersebut tidak dimiliki oleh seorang praktisi keselamatan dan kesehatan kerja apalagi masalah administrasi, maka hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi di kemudian hari.
  2. Admin HSE harus memiliki rasa percaya diri dan tenang apabila bekerja dibawah tekanan serta menghadapi tugas yang banyak.
  3. Seorang praktisi HSE harus mampu melakukan pendekatan kepada pekerja.
  4. Seorang ahli k3 umum harus bisa bekerja dalam team.
  5. Staff HSE atau Admin harus mempunyai tingkat inisiatif yang tinggi. 

Demikian artikel mengenai tugas dan tanggung jawab seorang hse staff atau admin di salah satu perusahaan bahkan dilingkungan project. Semoga segala informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda.
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Tugas dan Tanggung Jawab HSE Staff / Admin"