IBX5B54BCC389CD2 Tips Menjaga Agar Baterai Handphone Tetap Awet - Lulusandiploma.com

Tips Menjaga Agar Baterai Handphone Tetap Awet

Tips Menjaga Agar Baterai Handphone Tetap Awet - Di zaman dimana teknologi berkembang sangat pesat atau biasa disebut zaman millenial seperti sekarang ini. Semua pekerjaan manusia sangat dimudahkan dengan adanya teknologi canggih dan bahkan manusia memang membutuhkan teknologi yang semakin lama semakin canggih ini terutama handphone sehingga banyak membantu pekerjaan manusia yang sulit diselesaikan menjadi mudah diselesaikan.

Misalnya saja handphone atau gadget atau smartphone ini, manusia sehari - hari sudah sangat dimudahkan dengan teknologi ini, bisa berkomunikasi secara jarak jauh, mengambil foto, dll. Sehingga Handphone ini sangat berpengaruh bagi manusia di setiap hari - harinya, dengan menggunakan handphone kita bisa mendapatkan informasi dan bahkan melakukan hal - hal lain.

Seperti kalian ketahui Handphone memilki kapasitas yang terbatas jadi jika baterai hanphone ini habis maka handphone akan mati mengakibatkan kita tidak bisa menggunakan handphone sampai kapasitas baterainya terisi atau diisi kembali.

Oleh karena itu, saya akan memberi kalian tips bagaimana caranya menjaga agar baterai Handphone tahan lama agar kita bisa melakukan atau menggunakan Handphone lebih lama.


Tips Menjaga Agar Baterai Handphone Tetap Awet


1. Nonaktifkan Auto Brightness



Nonaktifkan Auto Brightness

Pertama, nonaktifkan auto brightness di Handphone kalian untuk meminimalisir penggunaan baterai karena semakin tinggi brightness Handphone semakin menguras kapasitas baterai pada Handphone. Lebih baik kalian atur saja Brightness Handphone secara manual sehingga kalian bisa atur sesuai kebutuhan dan akan menjaga baterai Handphone agar tidak cepat habis.

2.  Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Kedua, Hapus aplikasi yang sekiranya tidak penting untuk mengurangi penggunaan baterai karena masing - masing aplikasi memiliki penggunaan baterainya sendiri dan jika ada aplikasi yang tidak kita gunakan atau tidak penting, aplikasi tersebut akan menguras baterai baik terkuras sedikit maupun terkuras banyak jadi lebih baik dihapus saja untuk membuat baterai Hanphone lebih awet.

3. Menghapus Program Aplikasi Yang Sedang Berjalan


Menghapus Program Aplikasi Yang Sedang Berjalan

Ketiga, disini penggunaan RAM juga berpengaruh bagi baterai semakin banyak penggunaan RAM semakin banyak pula menguras kapasitas baterai. 

Jadi untuk mengurangi penggunaan RAM yaitu menghapus program aplikasi yang sedang berjalan, misalnya saya menggunakan aplikasi instagram lalu saya mau menggunakan aplikasi whatsapp lebih baik aplikasi instagram dibersihkan atau dihapus di program yang sedang berjalan untuk mengurangi RAM yang sedang digunakan. 

Baca juga: 4 cara membobol WIFI tetangga

Jadi intinya jika sudah menggunakan dan memang sudah tidak menggunakan aplikasi tersebut lebih baik di bersihkan atau dihapus dan jangan terlalu banyak menggunakan aplikasi secara bersamaan itu akan cepat menguras baterai.

4. Mengatur Waktu Sleep Layar Handphone



Mengatur Waktu Sleep Layar Handphone

Keempat, Atur waktu sleep atau waktu tidur pada layar handphone karena layar pada handphone sangat berpengaruh pada penggunaan kapasitas baterai jadi selama layar handphone menyala itu akan menguras baterai.

5. Matikan Handphone Jika Sudah Tidak Digunakan


Matikan Handphone Jika Sudah Tidak Digunakan

Kelima, Matikan Handphone dan mengunci Handphone jika memang sudah tidak digunakan. Mungkin sepele tapi ini sering kali yang membuat baterai cepat habis karena jika kita mematikan (mematikan layar) itu akan membuat baterai Handphone tahan lama sebab kita tidak melakukan apa - apa dengan layar Handphone mati.

Baca juga : Alasan tidak diperbolehkanya Handphone di Area Kerja

Sebenarnya masih banyak lagi cara menjaga agar baterai Handphone tahan lama tetapi saya lebih merekomendasikan tips - tips yang diatas karena menurut saya tips - tips yang diatas tidak mengganggu penggunaan Handphone sehari - hari kita. 

Misalnya, kita bisa saja menhemat baterai dengan cara mengaktifkan mode silent pada Handphone karena mode dering atau getar lebih banyak menguras baterai tetapi bagi orang yang aktif melakukan komunikasi jarak jauh itu kurang efektif, lalu dengan membatasi penggunaan GPS pada Handphone sangat baik untuk menjaga baterai kita tahan lama tapi cara itu mustahil diterapkan bagi para driver yang setiap harinya menggunakan maps untuk mengetahui petunjuk jalan yang ingin dituju.

Akhir kata...

Jadi, kesimpulannya gunakan Handphone sesuai kebutuhan kalian masing - masing, saya hanya membagi pengetahuan dan pengalaman saya dari tips - tips atau cara - cara yang diatas. Harap dikoreksi apabila dari saya ada yang salah, Apabila kalian juga punya pengalaman atau ada yang ditanyakan, kalian bisa tinggalkan komen dibawah. Sekian dan Terima Kasih.

Penulis : Inzhagi Dianzyah

0 Response to "Tips Menjaga Agar Baterai Handphone Tetap Awet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel