IBX5B54BCC389CD2 Fakta dan Mitos Tentang Cacar Air Yang Wajib Kamu Tahu ! - Lulusandiploma.com

Fakta dan Mitos Tentang Cacar Air Yang Wajib Kamu Tahu !

Assalamu'alaykum...
Teman - teman lulusandiploma mungkin pada saat kecil pernah mendengar atau bahkan mengalami penyakit cacar air. Cacar air sendiri muncul pada permukaan kulit dengan bentuk yang menonjol dengan ukuran kecil dan berisi cairan bening. Penyebabnya ialah virus Varicella zoster.

Cacar air ini menyerang berbagai usia. Penyakit cacar air biasanya juga di iringi dengan tanda - tanda seperti demam ringan, gatal - gatal dan ruam - ruam pada seluruh tubuh.

Di waktu kecil, biasanya teman - teman tidak akan masuk sekolah jika terkena penyakit cacar air ini. Namun, apabila teman - teman mengalami di waktu dewasa, tentu saja ini membuat diri kita merasa malu dan rendah diri.

Baca juga : Kenali Ciri Cacar Monyet dan Cara Pencegahannya

Lalu apa sajakah fakta dan mitos tentang penyakit cacar air ? Mari kita simak ulasannya sebagai berikut :


1. Penyakit Yang Mudah Menular

 

Ini adalah fakta. Cacar air memang termasuk penyakit yang mudah menular ke orang lain di sekitar penderita cacar air. Ketika penderita sedang flu, melalui udara yang telah terinfeksi virus pun bisa dengan menularkan orang lain di sekitarnya.

Atau ketika terjadi sentuhan langsung antara penderita cacar air dengan seseorang yang mengalami luka di permukaan kulit. Hal ini juga fakta bahwa cacar air dapat menular melalui ini.

2. Cacar Air Hanya Terjadi Satu Kali Seumur Hidup Seseorang

 

Ini adalah mitos. Ketika seseorang telah terkena penyakit cacar air ketika masih usia anak - anak, maka akan segera di beri pengobatan dan pencegahan berupa vaksin dari pihak rumah sakit agar tidak muncul lagi penyakit cacar air yang sama. Si virus cacar air tadi akan di "bekukan" di dalam tubuh penderita cacar air. 

Jika kekebalan tubuh orang tersebut menjadi lemah, maka mitos tadi akan di hancurkan dengan fakta bahwa seseorang penderita penyakit cacar air di waktu kecil, dapat terkena lagi di waktu dewasa.

3. Cacar Air Tidak Berbahaya

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bahwa fakta mengungkapkan bahwa penyakit cacar air merupakan salah satu penyakit mudah menular pada orang lain. Jadi kamu tidak bisa menganggap remeh penyakit yang satu ini ya. 

4. Jumlah Luka Cacar Air Tidak Sama

 

Ketika seseorang di waktu kecil sudah mengalami penyakit cacar air, tentu ia akan di beri vaksin untuk pencegahan aktifnya virus ini kembali di masa yang akan datang. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa ia akan terkena lagi di saat dewasa.

Untuk yang belum pernah mengalami cacar air sampai dengan saat ini, waspadalah karena jumlah luka cacar air yang akan kalian "koleksi" akan lebih banyak di bandingkan orang lain yang sudah  pernah di vaksin.

5. Beresiko Janin Tidak Normal Jika Di alami oleh Ibu Hamil

 

Faktanya, sangat jarang di temukan kasus ibu - ibu hamil terkena penyakit yang satu ini. Tetapi apabila kamu seorang ibu hamil dengan usia 8 sampai 20 minggu dan kamu saat ini menderita penyakit cacar air, sedangkan sebelumnya kamu belum pernah menderita cacar air dan belum pernah di beri vaksin cacar air, maka kemungkinan terburuknya ialah janin kamu beresiko lahir cacat pada organ mata, otak, kaki dan lengan.


Itu saja sedikit fakta dan mitos mengenai penyakit cacar air yang wajib kamu tahu. Apabila kamu menderita penyakit ini, segera konsultasikan ke dokter agar segera di beri penanganan yang tepat.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan agar tidak terkena penyakit cacar air, yaitu dengan tidak melakukan kontak fisik atau sementara tidak mendekati penderita cacar air.

Baca juga : Fakta Penyakit Jantung Koroner Yang Harus Kamu Tahu

Terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaykum...

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel