IBX5B54BCC389CD2 Fakta Penyakit Jantung Koroner Yang Harus Kamu Tahu - Lulusandiploma.com

Fakta Penyakit Jantung Koroner Yang Harus Kamu Tahu

Assalamu'alaykum...
Teman - teman pasti pernah mendengar tentang penyakit kardiovaskular yaitu penyakit jantung koroner. Apakah itu ? Penyakit jantung koroner itu sendiri merupakan tumpukan lemak juga plak yang kian lama kian mengeras pada pembuluh darah, sehingga darah yang awalnya akan di alirkan masuk ke dalam jantung, mengalami penyumbatan, dan menyebabkan kerja jantung menjadi terganggu.

Penyumbatan tersebut di sebabkan oleh beberapa faktor, seperti pola hidup yang tidak sehat, tidak rajin berolahraga, tidak pernah memeriksakan kondisi tubuh (misal medical check up) ke rumah sakit, memiliki penyakit lain (hipertensi, diabetes). Dan faktor kegemukan juga bisa menjadi pemicu munculnya penyakit jantung koroner loh, teman - teman.

Saat ini penyakit jantung koroner menjadi salah satu penyebab kematian cukup besar di dunia. Menurut WHO, penyakit ini menyumbang sebanyak 31% di seluruh dunia. Wah, angka yang cukup fantastis, bukan ?

Baca Juga Kenali Ciri Cacar Monyet dan Cara Pencegahannya

Menurut penelitian, riwayat penyakit jantung koroner bisa di turunkan. Misalkan di dalam keluarga kita, ada salah satu orang tua kita atau saudara kita yang menderita penyakit jantung koroner, artinya kita perlu lebih waspada, karena kita juga cenderung akan menderita penyakit yang sama.
Gejala yang muncul pada penderita penyakit jantung koroner yaitu sebagai berikut :


1. Angina (nyeri pada daerah dada)
Ini merupakan gejala yang paling umum untuk penderita kardiovaskular. Dada akan terasa sesak dan jantung terasa berhenti berdetak sesaat. Sesak di dada ini timbul pada saat penderita kelelahan, setelah menyantap makanan, mengalami kepanikan dan di tambah stress.

2. Mudah merasa lelah
Pada saat penderita penyakit jantung koroner melakukan aktivitas kecil dan aktivitas besar, tubuh akan terasa cepat lelah dan letih. Tubuh akan terasa lemas dengan sendirinya.

3. Sulit bernapas normal
Ini juga merupakan gejala yang timbul berbarengan dengan nyeri pada dada. Untuk menahan rasa sesak dan kesulitan bernapas, secara refleks tangan kita akan mendekap dada kiri bagian atas tepat pada jantung.

4. Berkeringat
Secara umum gejala ini ikut muncul, biasanya keringat yang keluar bukan keringat yang sehat, namun keringat dingin.

Pengobatan Pada Penyakit Jantung Koroner

Menurut dokter ahli, pengobatan bisa di lakukan dengan memasang sejenis ring (stent) pada pembuluh darah yang tadinya mengalami penyempitan. Hal ini di tujukan agar membuat jalan darah dan oksigen untuk terus mengalir sebagaimana mestinya. Selain itu biasanya akan di lakukan operasi bypass jantung. Terdengar menyeramkan, bukan ?

Pencegahan Penyakit Jantung Koroner
Dokter ahli memberi beberapa pencegahan yang bisa kamu lakukan supaya tidak terkena penyakit kardiovaskular ini. Bisa kamu baca di bawah ini :

1. Menerapkan Pola Hidup Sehat
Meskipun usia kamu masih tergolong muda, bukan berarti kamu terhindari dari penyakit mematikan ini. Untuk mencegahnya, kamu mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat seperti istirahat yang cukup, beraktivitas kesana kemari, mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah, dan tidak terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji.

2. Menjaga Pola Makan
Ini juga bagian dari pola hidup sehat. Yang perlu kamu lakukan adalah memporsikan makanmu secukupnya. Jangan terlalu tamak dan serakah saat memasukkan makanan ke dalam tubuhmu. Ini juga menghindari tubuh kamu dari kegemukan.

3. Olahraga Teratur
Sempatkan diri untuk berolahraga paling sedikit satu kali dalam satu minggu. Lakukan senam kecil, atau berjalan santai beberapa menit, atau jogging di lingkungan perumahan kamu, atau kamu bisa juga mencoba olahraga ringan seperti tenis meja.

4. Berhenti Merokok
Salah satu faktor pemicu penyakit - penyakit tingkat dewa muncul di diri kamu adalah rokok. Rokok menjadi penyebab penyakit kronis mengendap di dalam tubuh kamu. Kamu harus menghentikan kebiasaan merokok kamu sedini mungkin. Tapi bagi kamu yang tidak merokok, tidak perlu coba - coba mendekati benda satu ini. Karena rokok itu sendiri tidak memiliki manfaat sedikitpun, baik untuk tubuh kamu, maupun untuk mereka yang ada di sekitar kamu.


Baiklah, itu saja sedikit ulasan mengenai penyakit jantung koroner yang harus kamu ketahui. Semoga dengan kamu membaca artikel ini, kamu bisa mencegah dirimu sendiri dan juga keluarga kamu dari penyakit mematikan yang satu ini.
Terimakasih. Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaykum...

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel