IBX5B54BCC389CD2 5 Reaksi Tubuh Saat di Gigit Nyamuk Bisa Berpengaruh Terhadap Kesehatan - Lulusandiploma.com

5 Reaksi Tubuh Saat di Gigit Nyamuk Bisa Berpengaruh Terhadap Kesehatan

Saat kita membuka jendela atau pintu rumah sedikit saja, akan masuk setidaknya beberapa kelompok kecil nyamuk yang beterbangan di ruangan dalam rumah. Dengungan suara nyamuk cukup mengganggu telinga, apalagi ketika kita sedang tidur nyenyak. Hanya suaranya saja akan membuat kita terjaga dari tidur, apalagi di tambah dengan gigitan nyamuk yang sangat menjengkelkan. Ini membuat bagian tubuh kita gatal dan membuat kita geram ingin menepuknya.

Namun tahukah anda, ternyata gigitan nyamuk dapat mengindikasikan tentang kesehatan tubuh kita. Ada 5 cara tubuh yang bereaksi terhadap gigitan nyamuk. Kita dapat mengetahui apakah tubuh kita alergi terhadap ludah nyamuk atau tidak. Nah, berikut 5 reaksi tubuh kita terhadap gigitn nyamuk :

1. Tidak ada reaksi apa – apa

Beruntunglah jika ketika anda di gigit nyamuk, anda tidak merasakan sakit atau pun gatal. Ini artinya pertanda yang baik. Karena itu artinya anda tidak ada alergi maupun sensitive terhadap ludah nyamuk.

Cukup banyak di antara kita yang merasakan tenang – tenang saja ketika di gigit nyamuk di wajah atau bagian tubuh yang lain. Tapi itu artinya tubuh kita baik – baik saja, bukan ?

2. Timbul benjolan kecil

Reaksi kedua yaitu benjolan kecil. Tepat di tempat nyamuk menggigit, maka akan muncul benjolan kecil yang sangat gatal. Lama – kelamaan benjolan kecil itu berubah menjadi benjolan kemerahan dengan ukuran lebih kecil. Untuk menghilangkan benjolan kecil ini dari tubuh akan membutuhkan beberapa jam bahkan beberapa hari. Baca juga : Menghilangkan kapalan secara alami

3. Melepuh

Ternyata ada loh, sebagian orang yang ketika di gigit nyamuk, bagian tubuh tersebut akan menjadi melepuh. Lepuhan ini bentuknya agak menggelembung dan berisi cairan berwarna putih kekuningan. Biasanya kita malas bahkan tidak mau meletuskan gelembung ini, karena hasilnya pasti sakit. Umumnya kita hanya membiarkan lepuhan ini, karena berpikir toh ini akan sembuh dengan sendirinya.

Untuk anda yang melepuh karena gigitan nyamuk, berhati – hatilah, karena bisa jadi anda mengalami reaksi alergi lain seperti nodus limfa atau sakit kepala yang sampai bengkak. Bisa di atasi dengan menggunakan obat oles seperti Benadryl atau Calamine.

4. Biduran

Biduran atau gatal – gatal menjadi salah satu reaksi paling parah terhadap gigitan nyamuk. Jika anda merasakan gatal – gatal setelah di gigit nyamuk, maka anda akan mendapatkan bekas luka di sekujur tubuh anda. Walaupun pada umumnya setiap orang akan merasakan gatal setelah di gigit nyamuk, gatal yang ini berbeda. Biduran akan di sertai sakit kepala, demam, kelelahan bahkan pembengkakan kelenjar getah bening. Jika hal ini terjadi pada anda, maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Anaphylactic Shock

Ini merupakan kondisi paling parah akibat alergi terhadap gigitan nyamuk. Orang – orang ini memiliki alergi yang sangat serius terhadap gigitan nyamuk. Mereka yang mengalami syok ini akan mengalami sesak napas, pembengkakan, pusing dan mengi.

Mengi ialah sebuah istilah untuk menggambarkan suara bernada tinggi saat bernapas. Mengi terdengar saat menghembuskan napas. Di tandai dengan bunyi napas seperti bersiul dan bisa di sertai rasa sesak di dada.  Baca juga : Cara menyembuhkan penyakit asma

Penyebab mengi umumnya asma dan penyakit paru obstruktif kronis. Jika hal ini terjadi, mintalah bantuan medis sesegera mungkin. Karena bisa saja hal fatal akan terjadi jika tidak di tangani secepatnya.

gigitan nyamuk

Demikian reaksi tubuh saat di gigit nyamuk yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan anda! salam safety

0 Response to "5 Reaksi Tubuh Saat di Gigit Nyamuk Bisa Berpengaruh Terhadap Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel