IBX5B54BCC389CD2 6 Cara Menghilangkan Kapalan Secara Alami di Rumah - Lulusandiploma.com

6 Cara Menghilangkan Kapalan Secara Alami di Rumah

CARA MENGHILANGKAN KAPALAN SECARA ALAMI
Kapalan adalah penebalan dan pengerasan kulit akibat tekanan dan gesekan berlebihan yang terjadi secara terus menerus, yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman bahkan nyeri saat digerakkan. Kapalan ini merupakan reaksi tubuh untuk melindungi bagian kulit yang sensitif. yang akan kita bahas kali ini yaitu bagaimana cara menghilangkan kapalan secara alami dengan beberapa tips yang telah kami berikan. Kapalan biasanya muncul pada telapak tangan, telapak kaki, tumit, jari dan mata kaki.

Umumnya kulit yang sensitif itu akan berwarna kekuningan atau sedikit coklat kekuningan. Kulit yang terkena kapalan juga akan menjadi kurang sensitif terhadap sentuhan. Kapalan dapat muncul akibat aktivitas yang menyebabkan tekanan berulang pada suatu area tubuh tertentu.

Penyebab kapalan biasanya oleh aktivitas fisik seperti memainkan alat music terlalu sering, mengenakan sepatu atau sandal yang membuat kaki anda tidak nyaman, sering melakukan pekerjaan yang berat dan lain sebagainya.  Kapalan dapat meningkat seiring dengan bertambahnya berat badan seseorang sehingga adanya tekanan dan gesekan yang lebih besar yang dihasilkan ketika melakukan suatu aktivitas.

Adapula penyebab kapalan pada seseorang karena pengaruh jenis kulit yang kering. Biasanya terjadi pada orang tua yang berusia lanjut karena jaringan lemak dikulit mereka sudah banyak yang berkurang. Kapalan juga dapat terjadi  akibat adanya kelainan bentuk ulang. Baca juga : Penyebab sakit kepala yang jarang sekali anda ketahui

Berikut kami rangkum cara menghilangkan kapalan ditangan, mata kaki, kapalan yang sangat gatal, kapalan yang sudah terkelupas dengan bahan alami :


1. Air Hangat


Cara menghilangkan kapalan secara alami dengan air hangat yaitu anda dapat menghilangkan kapalan dengan merendam bagian yang terkena kapalan didalam air hangat selama 10 menit.

Kemudian gosoklah area kapalan tersebut menggunakan batu apung secara perlahan. Anda boleh menambahkan minyak atau teh kedalam air hangat sebagai aroma terapi agar anda merasa lebih nyaman untuk mengobati kapalan yang sudah terkelupas.

Setelah itu keringkan kulit anda. Metode ini berguna untuk mengikis sel kulit mati yang menjadi penyebab kulit anda kapalan dan cara ampuh menghilangkan kapalan yang gatal.

Apabila cara ini sudah anda lakukan dirumah tunggu saja satu hari karena cara tersebut sama saja dengan anda menggunakan salep untuk kapalan yang tujuannya agar cepat sembuh.

2. Lotion

Setelah melakukan hal sebelumnya, berikut ini cara menghilangkan kapalan secara alami dengan menggunakan lotion, anda dapat mencegah kembalinya kapalan dengan menggunakan lotion setelah anda mandi dan sebelum anda tidur. Tujuannya yaitu untuk menjaga kelembaban kulit anda dan juga salah satu cara mengobati kapalan yang sangat gatal.

3. Cuka

Cara menghilangkan kapalan secara alami dengan cuka, karena cuka dapat digunakan bersamaan dengan air hangat. Atau dengan cara lain yaitu membasahi kapas dengan cuka (biasa atau apel) lalu tempelkan pada kulit yang kapalan, diamkan selama satu malam.

Bersihkan kulit anda di pagi harinya dengan menggosoknya menggunakan batu apung secara perlahan agar gatal yang ada dikulit karena kapalan bisa menghilang karena cuka juga menjadi salah satu cara menghilangkan kapalan yang gatal.

4. Kulit Nanas

Cara menghilangkan kapalan secara alami dengan kulit nanas  karena buah nanas adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C yang terbukti efektif menghilangkan kulit kapalan secara alami.

Caranya yaitu dengan menempelkan kulit nanas pada kulit yang terkena kapalan, balut dengan kain bersih, lalu diamkan selama satu malam. Bersihkan kulit anda pada pagi harinyam, hal ini bisa menjadi cara mengobati kapalan yang sudah terkelupas pada kulit anda.

5. Tepung Maizena

Yang berikutnya yaitu Cara menghilangkan kapalan secara alami dengan maizena, bahan yang biasanya untuk membuat adonan kue ini boleh anda gunakan untuk menghilangkan kapalan secara alami.

Tujuan dari digunakannya tepung maizena ini yaitu salah satu cara menghilangkan kapalan yang gatal dan untuk membuat area kulit menjadi lebih nyaman dan mencegah timbulnya kulit kering, pecah-pecah dan infeksi jamur. Caranya yaitu cukup dengan menaburkan tepung maizena pada kulit yang terkena kapalan.

6. Air Lemon dan Cengkeh

Cara menghilangkan kapalan secara alami dengan air lemon dan cengkeh tujuan digunakan bahan ini yaitu untuk menipiskan kulit yang terkena kapalan. Caranya anda cukup mencampurkan air perasan lemon dan cengkeh, lalu gosokkan pada daerah yang terkena kapalan dengan perlahan. Lakukan hal ini setiap hari sampai kulit kapalan terasa lebih tipis. Baca juga 9 cara menjaga kesehatan dalam bekerja

cara mengobati kapalan secara alami

Demikian beberapa cara yang dapat kami rangkum untuk anda dirumah apabila anda merasakan kapalan di bagian tubuh, dari pada anda harus mencari dan membeli obat di apotik alangkah baiknya saudara mengikuti tips yang telah Lulusandiploma sediakan diatas. Jika masalah kapalan anda cukup serius, maka anda dapat mengkonsultasikannya dengan dokter spesialis kulit.

0 Response to "6 Cara Menghilangkan Kapalan Secara Alami di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel