Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menyembuhkan Penyakit Asma

mengobati-asma

Pada artikel kali ini saya akan membagikan tips yang dapat Anda lakukan di rumah bagi penderita penyakit asma bagaimana cara menyembuhkannya.

Sobat sehat, artikel kali ini yang saya buat tujuannya untuk anda yang sedang terkena serangan asma dan tips yang paling utama bagi anda yang terkena serangan asma sebaiknya anda ke Rumah Sakit terdekat. Karena ketika terkena serangan, saat sesak anda tidak mungkin bisa makan dan tidak mungkin bisa melakukan aktivitas fisik yang lainnya.

Jadi ingat baik-baik bahwa artikel kali ini ditujukan untuk anda yang terkena serangan asma dan ditujukan bagi anda yang ingin memelihara kesehatan anda. Terutama bagi anda yang menderita asma, sekarang lulusandiploma.com akan membahasnya satu persatu :

1. Menjaga pola makan/diet
Diet yang pertama adalah dengan makanan-makanan yang mengandung banyak karoten atau bisa disebut dengan multi karoten.Karoten adalah basis dari vitamin A yang dapat menjaga selaput membran pada sistem pernapasan anda atau mucous membrane pada sistem pernapasan anda.

Dimana setiap harinya selaput membran dilewati oleh udara, keluar dan masuk. Multi karoten dapat membantu untuk menjaga kesehatan membran tadi. Lalu darimana saya bisa mendapatkan makanan yang mengandung karoten?

2. Memakan yang mengandung karoten
Anda bisa mengkonsumsi makanan umbi-umbian, ketela, wortel, tomat, atau makanan-makanan yang berwarna oranye atau merah terang juga mengandung karoten.  Selain itu anda juga dapat memperolehnya dari sayuran hijau dan berry.

3. Memakan yang mengandung vitamin B9
Makanan yang mengandung vitamin B9 atau kita sebut dengan asam folat. Jadi asam folat dapat mengurangi peradangan dan rekasi alergi, terutama wheezing. Anda bisa mendapatkan makanan yang mengandung B9 dari bij-bijian dan kacang-kacangan.Tetapi hati-hati sobat sehat, bagi anda yang alergi terhadap kacang tanah dan jangan dulu mengkonsumsi kacang tanah tersebut. Carilah sumber bahan makanan yang mengandung vitamin B9 dan anda tidak alergi.

4. Memakan yang mengandung vitamin
Makanan yang mengandung vitamin C dan vitamin E.Vitamin C dan vitamin E merupakan antioksidan yang baik bagi tubuh anda dan juga dapat melawan proses peradangan di dalam tubuh. Vitamin C dapat anda peroleh dari makanan seperti buah-buahan dan sayuran hijau. Kemudian vitamin E dapat anda peroleh dari biji-bijian, contohnya gandum.Tetapi sekali lagi, carilah makanan yang anda tidak alergi.

5. Memakanan yang mengandung magnesium
Kemudian yang keempat adalah makanan yang mengandung magnesium, dimana magnesium dapat mengurangi tingkat kecemasan anda, terutama bagi anda penderita asma,anda dapat mengurangi tingkat ketegangan otot pada tubuh yang disebut dengan muscle spasm anxiety.

6. Konsumsilah bawang putih dan bawang bombay
Bawang putih dan bawang bombay mengandung zat quercetin yang dapat menghambat atau mengurangi peradangan di dalam tubuh. Hal ini sudah beberapa kali saya sebutkan setiap terapi pasti ada seratnya. Selain itu, anda juga harus mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung prebiotik. Jadi, anda bisa memperoleh serat dan prebiotik dari  sayur-sayuran dan buah-buahan. Ini sangat baik untuk pencernaan anda. Pencernaan yang baik akan membuat sistem imun tubuh anda juga lebih baik lagi.Karena asma juga termasuk salah satu penyakit auto imun dari sistem imun yang responnya berlebihan, terutama pada saluran pernapasan.

7. Memakan yang mengandung omega-3
Jadi, makanan  yang mengandung omega-3 dapat mengurangi tingkat peradangan di dalam tubuh anda, simak manfaat dari omega-3 pada artikel lulusandiploma sebelumnya. Anda bisa memperoleh omega-3 dari ikan laut, misalnya salmon atau ikan tuna, mackerel dan sebagainya.Anda juga bisa memperolehnya dari telur. Namun, berhati-hatilah bagi anda yang alergi terhadap salah satu jenis makanan tersebut.

8. Memakan yang mengandung vitamin B5
Makanan yang mengandung vitamin B5 juga dapat membantu mengurangi serangan asma.Disini juga terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa teofilin atau obat yang dapat digunakan pada penderita asma, sebenarnya dapat menyebabkan defisiensi atau kekurangan vitamin B5 pada tubuh anda. Jadi, anda perlu mengkonsumsi vitamin B5 tersebut.

Itu tadi adalah makanan-makanan yang dapat anda konsumsi bagi anda yang menderita asma. Kemudian, terapi atau pedoman selanjutnya yaitu dengan menjaga pola hidup yang sehat, lulusandiploma.com akan menjabarkan hal-hal yang harus dilakukan, antara lain:

1. Aktifitas fisik atau olahraga
Pilihlah jenis olahraga yang anda sukai. Jangan terlalu berat. Karena olahraga yang terlalu berat juga dapat memicu serangan asma. Anda tetap butuh gerakan fisik atau aktivitas fisik agar metabolisme anda jauh lebih baik.

2. Jaga kebersihan lingkungan tempat tinggal anda
Terutama kamar anda atau tempat dimana anda tinggal lama disana.
Bagi anda yang sering di kamar, bersihkan kamar anda, atur sirkulasi udaranya dengan baik dan kalau bisa, harus ada ventilasi. Kemudian gorden harus sering dibersihkan.

3. Bagi anda yang memiliki sofa, sofa anda juga harus dibersihkan
Alasannya karena jika tidak dibersihkan, akan menumpuk kutu debu atau tungau pasti bersemayam disana, banyak sekali mereka yang asma karena alergi terhadap tungau tersebut. Bagi anda yang punya binatang peliharaan, misalnya kucing, anjing, atau binatang peliharaan lainnya yang memiliki bulu, cobalah sering anda bersihkan, sering anda mandikan, dan jangan dibawa masuk ke dalam kamar anda.

Sekali lagi artikel ini saya buat untuk anda yang sedang terkena serangan asma dan bagi anda yang sedang terkena serangan asma segeralah mencari pertolongan medis. Segeralah ke Unit Gawat Darurat terdekat atau ke Rumah Sakit terdekat.

Semoga informasi mengenai Cara Menyebmbuhkan Penyakit Asma Agar Tidak Kambuh yang saya berikan dapat anda pahami.
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Cara Menyembuhkan Penyakit Asma"