IBX5B54BCC389CD2 Benarkah Kipas Angin Menyebabkan Paru-paru Basah ? - Lulusandiploma.com

Benarkah Kipas Angin Menyebabkan Paru-paru Basah ?

Assalamu'alaykum...
Ada begitu banyak artis dan beberapa orang terkenal lainnya yang meninggal di karenakan terserang penyakit paru - paru basah. Namun, apakah teman - teman lulusandiploma sudah tau apakah paru - paru basah itu ?

Paru - paru basah atau biasa di sebut pneumonia merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit yang di sebabkan oleh terinfeksinya paru - paru oleh bakteri, kuman maupun virus. Paru - paru basah dapat menginfeksi tubuh kita saat sistem imun tubuh kita sedang menurun. Bahkan bukan hanya pneumonia saja yang menyerang tubuh kita saat sistem imun sedang lemah, bahkan penyakit - penyakit lain seperti flu tentu akan lebih mudah menyerang tubuh kita.

Paru - paru basah itu sendiri bisa menginfeksi siapa saja, mulai dari kalangan balita, anak - anak, remaja, orang dewasa bahkan orang tua berusia lanjut sekalipun. Apabila pneumonia di biarkan begitu saja, maka bisa menyebabkan fatality yakni kematian.

Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa salah satu penyebab penyakit paru - paru basah adalah seringnya tiduran di atas lantai yang dingin di tambah pula dengan mengarahkan kipas angin semalaman suntuk dengan frekuensi setiap hari. Namun apakah anggapan yang selama ini beredar di masyarakat ini fakta, atau hanya mitos belaka ? Mari simak mengenai apa saja faktor penyebab paru - paru basah sebagai berikut :



1. Terpapar Angin Di Malam Hari

Ini merupakan salah satu fakta penyebab seringnya manusia terkena penyakit paru - paru basah. Ternyata seringnya terkena angin di malam hari saat bepergian ke luar rumah tanpa mengenakan pelindung tubuh seperti jaket, saat tubuh terkena angin malam yang mempunyai kelembaban lebih tinggi daripada angin di siang hari, menyebabkan pneumonia bisa muncul. Kondisi akan lebih parah jika kamu sudah memiliki riwayat penyakit ini sebelumnya, kamu harus berhati - hati jika akan melakukan aktivitas di luar ruangan saat malam hari, karena bisa memperburuk kesehatan kamu untuk selanjutnya.

2. Tiduran Di Atas Lantai Yang Dingin

Menurut keterangan salah satu dokter yang bekerja di rumah sakit yang ada di Semarang, dengan kita berbaring atau tidur di atas lantai tanpa alas atau hanya beralaskan benda yang tipis, tidak langsung membuat tubuh kita terkena pneumonia. Kecuali apabila sistem imun tubuh kita sedang melemah, pneumonia bisa saja muncul pada saat kita tiduran di lantai yang dingin. Jadi, fakta atau mitos ya ?

3. Telapak Tangan dan Telapak Kaki Basah

Menurut asumsi beberapa orang, ada kaitannya antara paru - paru basah dengan basahnya telapak tangan dan telapak kaki secara terus - menerus. Basahnya kedua telapak tersebut tentu karena volume keringat kamu yang berlebih. Beberapa orang memang mengalami hal seperti ini. Namun, nyatanya dengan kamu berkeringat di bagian telapak tangan dan kaki tidak bisa langsung menjudge kamu bahwa kamu terkena penyakit paru - paru basah.

4. Lelah dan Sesak Napas

Ternyata orang - orang yang merasa mudah lelah dan sesak napas secara tiba - tiba termasuk gejala dari pneumonia. Adapun penderitanya biasanya akan berwajah pucat dari berwarna putih hingga wajah membiru. Kamu harus segera melakukan check up ke rumah sakit untuk mengetahui apakah kamu terinfeksi pneumonia atau tidak. Karena asal menebak saja tidak akan membuat kamu tahu penyakit apa yang saat ini kamu derita.
Medical check up merupakan hal penting kamu perlu kamu lakukan. Fungsinya ialah untuk mendeteksi sedini mungkin penyakit - penyakit atau gangguan kesehatan yang mungkin akan muncul di waktu mendatang, dan tidak memperparahnya. Meskipun mahal, setidaknya kamu akan mencegah parahnya penyakit tersebut.

5. Sering Tidur Di Dekat AC dan Kipas Angin

Terlalu lamanya kita berada di dalam ruangan ber ac atau terlalu lamanya tubuh kita terpapar kipas angin dalam jaraknya yang dekat, tentunya akan membuat udara di sekitar tubuh kita menjadi dingin. Biasanya saat kita bernapas, udara yang akan masuk ke dalam tubuh kita terutama paru - paru akan menjadi udara dingin pula. Kamu perlu berhati - hati dengan keluar dari ruangan dingin setidaknya satu jam sekali untuk menikmati udara hangat di luar ruangan. Karena apabila tubuh kita secara terus - menerus terpapar udara dingin, akan timbul penyakit - penyakit seperti tenggorokan terasa kering, batuk, pilek dan flu yang tiba - tiba saja datang.

Itulah beberapa fakta dan mitos yang menyebabkan paru - paru basah. Di sarankan kamu untuk konsultasi dengan dokter yang bersangkutan agar semuanya menjadi lebih jelas.
Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaykum...

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel