IBX5B54BCC389CD2 Materi Safety Talk Mengenai Aware for Extreme Season - Lulusandiploma.com

Materi Safety Talk Mengenai Aware for Extreme Season


Assalamu'alaykum...

Safety talk atau tool box meeting menjadi kegiatan rutin sebelum memulai suatu pekerjaan. Fungsi dari di adakan safety talk yaitu untuk mengingatkan dan me review kembali hal - hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang sekiranya berpotenti membahayakan keselamatan dan kesehatan para pekerja.

Baca Tugas dan Tanggung Jawab HSE Food and Beverages

Safety talk biasanya juga menjadi semangat baru untuk para pekerja yang mungkin baru saja on duty dan menjadi semangat bagi pekerja yang sudah berada cukup lama di lokasi. Safety talk bukan hanya di lakukan pada area - area atau lokasi - lokasi yang beresiko tinggi, namun di lakukan pada lokasi kerja yang memang sudah sesuai dengan peraturan perundang - undangan untuk menyediakan seorang HSE atau safety man di lokasi kerjanya.



Baca Materi Safety Talk Mengenai Fatigue (Kelelahan)

Safety talk juga terkadang menjadi membosankan untuk para pekerja, karena mereka cenderung hanya sebagai pendengar pasif. Artinya, kamu sebagai seorang HSE harus lebih aktif dengan memberikan kuis atau pertanyaan yang membuat suasana lebih cair. Kamu juga bisa memberikan hadiah kecil mungkin berupa snack untuk pekerja yang bisa menjawab kuis kamu dengan benar. Atau kamu bisa melakukan gerakan - gerakan kecil seperti senam sebelum melakukan pekerjaan untuk refreshing otak dan melenturkan anggota - anggota tubuh yang di rasa masih kaku. Atau bisa juga kamu melakukan pijat memijat massal antar pekerja agar menjaga hubungan kekeluargaan semakin harmonis.

Baca Materi Safety Talk Mengenai Pentingnya Menggunakan Safety Shoes di Area Kerja

Safety talk kali ini akan membahas tentang pergantian musim di Indonesia yang semakin tahun sepertinya semakin ekstrim dan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Mengapa ? Karena pada saat - saat tertentu terutama pada saat tubuh lelah sehabis bekerja, biasanya sistem pertahanan tubuh manusia menurun. Saat - saat seperti itu, bakteri dan virus lebih mudah masuk dan menyerang sistem imunitas tubuh kita dengan gencar. Terutama pada saat pergantian musim dari musim kemarau ke musim hujan, udara terasa lebih dingin dan cuaca lebih sering hujan. Biasanya akan muncul penyakit - penyakit musiman seperti flu, batuk dan pilek yang menyerang tubuh manusia. Dan penyakit - penyakit ini bisa menyerang siapa saja, dimana saja dan kapan saja.

Baca Materi Safety Talk Mengenai Tumpahan Minyak (Spill Oil)

Beberapa dari kita akan "tumbang" dan akhirnya mendekam di rumah sakit. Untuk menghindari kerugian seperti ini, maka kamu perlu melakukan hal - hal positif yang bisa memberikan pengaruh baik untuk kesehatan tubuh kamu. Bisa dengan sebelum kamu berangkat ke lokasi kerja, mungkin untuk pekerja yang berkendara dengan sepeda motor, apabila melihat cuaca gelap dan akan segera turun hujan, sebaiknya segera menyediakan jas hujan atau minimal payung untuk melindungi diri dari derasnya air hujan.

Baca Materi Safety Talk Mengenai Pencegahan Keracunan Makanan

Udara pada saat musim hujan memang lebih dingin dari biasanya. Kamu bisa menghangatkan tubuh kamu dengan minuman - minuman herbal yang tentunya bermanfaat bagi tubuh. Kamu bisa menyeduh teh hangat, teh jahe, atau minuman yang di campurkan dengan cengkeh. Tanaman - tanaman herbal ini selain menghangatkan tubuh sewaktu hujan, juga bisa memberikan manfaat lain bagi tubuh seperti ikut mengendalikan gula darah dalam tubuh dan menurunkan berat badan bagi yang ingin berdiet sehat. Tanaman obat dan tanaman herbal juga mengandung anti oksidan tinggi yang baik bagi tubuh kamu.

Baca Materi Safety Talk Mengenai Pentingnya Safety Sign di Area Kerja

Selain minuman hangat, tubuh kamu juga membutuhkan asupan nutrisi untuk persiapan musim hujan. Jika kamu ingin mengonsumsi makanan yang hangat - hangat, jangan lupa untuk memperhatikan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Jangan terlalu sering mengonsumsi makanan instant seperti mie untuk mengganjal lapar kamu. Ya, meski pun kita semua tahu bahwa hujan - hujan enaknya makan mie rebus pakai telur. Sebisa mungkin untuk menghindari konsumsi mie instant yang terlalu sering, karena yang instant tidak begitu baik untuk pencernaan tubuh manusia.

Baca Materi Safety Talk Mengenai Personal Hygiene

Pada pergantian musim, kamu juga perlu untuk beristirahat yang cukup. Karena istirahat menjadi point penting untuk terus memelihara kesehatan tubuh. Manusia bukanlah robot yang bisa dengan mudahnya bekerja tanpa henti. Jika kamu termasuk penggila game online, paksakan untuk berhenti apabila sudah tiba waktunya jam tidur. Ketika kamu terus memaksakan keadaan seperti itu secara terus - menerus, maka yang terjadi adalah kamu akan jatuh sakit pada saat bekerja di keesokan harinya.

Baca Materi Safety Talk Mengenai Dilarang Meletakkan Bahan Kimia di Area Makanan

Selain itu, kamu harus menghindari yang namanya dehidrasi. Dehidrasi ialah kondisi tubuh yang kekurangan cairan. Pada saat musim hujan, biasanya telapak tangan akan terasa lebih kering. Meskipun udaranya dingin, kamu tetap harus mengonsumsi air yang cukup dalam sehari. Walau bukan air dingin, kamu bisa gantikan dengan air putih yang hangat.

Baca Materi Safety Talk Mengenai Dehidrasi

Pergantian musim juga membutuhkan persiapan yang lebih banyak dari sebelumnya, apalagi pada saat pergantian dari musim kemarau ke musim penghujan. Di musim hujan, kamu akan lebih membutuhkan pakaian yang lebih tebal dari pakaian yang kamu kenakan di musim kemarau. Sebaiknya kamu mempersiapkan jaket atau sweater ke dalam tas kamu sebelum kamu berangkat ke lokasi kerja. Jaket atau sweater mungkin memang tampak sepele, tetapi perlu kamu persiapkan jika sewaktu - waktu pakaian kerja kamu basah dan di lokasi tidak menyediakan pakaian ganti yang hangat.

Baca Materi Safety Talk Mengenai Safety Driving

Jika kamu termasuk ke dalam orang - orang yang memiliki alergi terhadap udara dingin, maka kamu sama dengan admin. Yang di rasakan oleh mereka yang mempunyai alergi pada udara dingin ialah selalu bersin - bersin dan pilek berkepanjangan di setiap pagi hari. Kamu bisa atasi ini dengan memakai topi rajut atau kupluk untuk menghangatkan kepala kamu. Jika masih terus bersin, kamu bisa menggunakan masker untuk menghindari udara luar masuk ke dalam hidung yang menyebabkan bersin terus menerus.

Baca Materi Safety Talk Mengenai House Keeping

Jika kamu merasa kondisi tubuh kamu tidak dalam kondisi yang baik, maka segera menginformasikan kepada supervisor untuk meminta izin melakukan pengobatan terlebih dahulu. Karena kondisi tubuh pekerja yang tidak fit terutama flu, dapat menular kepada pekerja yang lain. Dapat dibayangkan jika dalam satu perusahaan menderita penyakit flu, maka angkat kecelakaan kerja akan meningkat. Karena pekerja hanya akan fokus pada bagaimana cara menghentikan flu mereka, tanpa mempedulikan produktivitas kinerja mereka.

Sebagai bagian dari tim pengawas, kamu sebagai HSE sebaiknya lebih "aware" mengenai kesehatan tubuh pekerja. Informasikan pula kepada atas kamu untuk masalah kesehatan pekerja yang memang paling di utamakan.

Sampaikan pula safety talk mengenai aware for extreme season ini kepada seluruh pekerja agar lebih memperhatikan kesehatan pribadi masing - masing. Karena sakit itu mahal (mengeluarkan biaya lebih banyak di bandingkan ketika sehat). Sampaikan bahwa memang cuaca akhir - akhir ini sedikit berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya. Di khawatirkan jika tubuh pekerja kaget dan bisa langsung sakit seketika jika tidak ada persiapan apa pun.

Baiklah, itu saja materi safety talk mengenai aware for extreme season.
Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaykum...

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel