IBX5B54BCC389CD2 Soal dan Jawaban Biologi - Hakikat Biologi sebagai Ilmu - Lulusandiploma.com

Soal dan Jawaban Biologi - Hakikat Biologi sebagai Ilmu


Assalamu'alaykum...

Teman - teman lulusandiploma mungkin sebelumnya sudah membaca Materi Biologi Paling Lengkap - Hakikat Biologi Sebagai Ilmu. Di sini akan membahas mengenai contoh soal yang berhubungan dengan materi biologi yang sudah di sebutkan di atas. Untuk me review, akan kami berikan sedikit rangkuman untuk teman - teman lulusandiploma agar lebih mudah mengingatnya.


Ilmu biologi merupakan salah satu ilmu murni. Kedudukannya sama dengan ilmu eksakta lainnya seperti ilmu fisika dan ilmu kimia. Biologi itu sendiri terdiri atas dua kata, yakni bios dan logos. Bios berarti hidup, dan logos berarti ilmu. Dapat di simpulkan bahwa biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan makhluk hidup. Cabang ilmu biolog sangat beragam, di mulai dari tingkat kehidupan yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks.

Pada saat akan melaksanakan karya ilmiah, maka di perlukan metode - metode ilmiah yang sudah ada kaidah - kaidahnya. Metode ilmiah termasuk di dalamnya merumuskan masalah, mengumpulan data informasi/observasi, membuat hipotesis, melaksanakan percobaan hipotesis, mengumpulkan data dan menganalisisnya, serta mengambil kesimpulan akhir.

Ada pun sikap dan sifat ilmiah yang harus di miliki oleh peneliti karya ilmiah berupa jujur, bertanggung jawab, berani, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, santun, dapat bekerja sama dengan baik dan tekun.

Dalam cabang - cabang ilmu biologi sangat beragam, sesuai dengan apa yang di jadikan sebagai objek dari konsep biologi. Di mulai dari yang paling terkecil sampai dengan yang paling terbesar.

Biologi mempunyai manfaat yang begitu besar untuk kehidupan manusia, terutama pada bidang - bidang kedokteran, farmasi dan pertanian.

Nah, setelah selesai mereview, teman - teman lulusandiploma tentu sudah ingat bukan materi yang sudah di baca sebelumnya ? So, kita akan melanjutkan ke tahap memecahkan soal - soal yang berkaitan dengan bab hakikat biologi sebagai ilmu, sebagai berikut ini :

Soal dan Jawaban :

1. Air termasuk ke dalam ekologi perairan. Ekologi itu sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara faktor biotik dan abiotik. Apabila ingin mendalami tentang sifat - sifat air, maka akan di butuhkan ilmu biologi dan ilmu eksakta yang lain. Dari kalimat tersebut, akan dapat di tarik kesimpulan bahwa ...
a. Antara ilmu fisika dan biologi tidak ada kaitannya
b. Antara ilmu kimia dan biologi tidak ada kaitannya
c. Fisika di nilai lebih banyak kaitannya dengan ilmu biologi ketimbang kimia
d. Ilmu ekologi membutuhkan konsep ilmu biologi, kimia dan fisika
e. Konsep kimia dan fisika di nilai tidak terlalu berperan dalam pembuatan konsep biologi

Jawaban :
d. Ilmu ekologi membutuhkan konsep ilmu biologi, kimia dan fisika
Alasan :
Air merupakan zat yang memiliki sifat - sifat yang berhubungan erat dengan biologi, kimia dan fisika

2. Cabang ilmu biologi yang berhubungan dengan bidang kedokteran termasuk penyakit kanker ialah ...
a. Sitologi
b. Virologi
c. Bakteriologi
d. Histologi
e. Anatomi

Jawaban :
d. Histologi
Alasan :
Histologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang susunan dan fungsi jaringan tubuh makhluk hidup. Penyakit kanker ialah penyakit yang timbul akibat pertumbuhan sel - sel yang tidak di inginkan oleh tubuh dan membentuk jaringan yang fungsinya merusak tubuh manusia. Pada akhirnya, kanker akan menyerang jaringan - jaringan yang ada di sekitarnya dan dapat mematikan beberapa fungsi organ.

3. Pada zaman yang pesat ini, para petani sangat membutuhkan keterampilan agar hasil pertanian semakin melejit. Ilmu yang sesuai untuk para petani jamur ialah ...
a. Mikologi
b. Zoologi
c. Mikrobiologi
d. Bakteriologi
e. Zimologi

Jawaban :
a. Mikologi
Alasan :
Mikologi adalah ilmu biologi yang mempelajari tentang jamur dan seluk beluknya

4. Kehidupan bakteri di pelajari dalam salah satu cabang ilmu biologi, yaitu ...
a. Ekologi
b. Histologi
c. Bakteriologi
d. Mikrobiologi
e. Entomologi

Jawaban :
c. Bakteriologi
Alasan :
Sangat jelas.

5. Tingkat organisasi kehidupan makhluk hidup di mulai dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Urutannya yaitu ...
a. Jaringan - sel - organ
b. Molekul - sel -  jaringan
c. Sel - jaringan - organ
d. Molekul - sel - organ
e. Sel - organ - sistem organ

Jawaban :
b. Molekul - sel -  jaringan
Alasan :
Sangat jelas.

6. AIDS ialah penyakit berbahaya yang dapat menular. Penyakit ini di sebabkan oleh virus. Ada beberapa cara penularan penyakit AIDS, yakni melakukan seks bebas, transfusi darah dan menggunakan jarum suntik yang bersamaan. Pernyataan tersebut di buat atas dasar ...
a. Hipotesis
b. Pengujian hipotesis
c. Percobaan
d. Observasi
e. Teori

Jawaban :
b. Pengujian hipotesis
Alasan :
Sebelumnya di buat hipotesis terlebih dahulu bahwa AIDS menular dari beberapa penyebab. Setelah di lakukan beberapa pengujian hipotesis, ternyata memang membenarkan hipotesis tersebut.

7. Virologi ialah salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai ...
a. Virus
b. Mikrobiologi
c. Paleontologi
d. Bakteriologi
e. Entomologi

Jawaban :
a. Virus
Alasan :
Sudah jelas.

8. Cabang ilmu biologi seperti zoologi, mikrobiologi dan botani di klasifikasikan menjadi satu golongan atas dasar ...
a. Tingkat organisasi
b. Persoalan
c. Tema pokok
d. Objek dan tema
e. Objek studi

Jawaban :
e. Objek studi
Alasan :
Sudah jelas.

9. Seorang calon dokter, apabila ingin mengenal lebih jauh tentang ilmu fisiologi, maka seharusnya lebih mengetahui juga tentang ...
a. Morfologi dan anatomi
b. Ekologi dan botani
c. Zoologi dan mikologi
d. Kimia dan fisika
e. Kimia dan geografi

Jawaban :
a. Morfologi dan anatomi
Alasan :
Sudah jelas,

10. Manfaat ilmu biologi pada bidang pertanian salah satunya ialah ...
a. Perluasan area
b. Tidak lagi menggunakan tenaga hewan
c. Pemilihan bibit unggul
d. Menurunkan produktivitas
e. Menambah lapangan kerja

Jawaban :
c. Pemilihan bibit unggul
Alasan :
Biologi dapat menentukan bagaimana pemilihan bibit yang baik untuk peningkatan kuantitas dan kualitas dengan memperhatikan dari berbagai faktor baik itu biotik mau pun abiotiknya. Manfaat lainnya seperti munculnya tanaman jenis baru hasil dari persilangan tanaman satu dengan yang lainnya, meningkatnya produktivitas hasil pertanian, dan lain sebagainya.

Wah, ternyata begitu banyak soal dan jawaban biologi dari materi hakikat biologi sebagai ilmu. Teman - teman sebaiknya pelajari lebih dalam lagi mengenai mata pelajaran biologi, karena biologi adalah ilmu yang mengasyikkan dan manfaatnya dapat langsung di peroleh saat itu juga.
Baiklah, itu saja beberapa soal dan jawaban yang bisa lulusandiploma rangkumkan untuk teman - teman.
Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaykum...

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel