IBX5B54BCC389CD2 Contoh Bab I Pendahuluan Untuk Laporan Praktikum Penilaian Formasi - Lulusandiploma.com

Contoh Bab I Pendahuluan Untuk Laporan Praktikum Penilaian Formasi



BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang
Pencarian lokasi yang memiliki potensi hidrokarbon pada suatu daerah sangat sulit dilakukan, hal ini disebabkan karena letak reservoir yang jauh di bawah permukaan tanah yang tidak dapat terdeteksi oleh manusia. Hal yang dapat dilakukan untuk mencari daerah yang berpotensi mengandung hidrokarbon di permukaan ialah dengan penelitian geologi dan seismic yang mungkin mampu memberikan dugaan potensi hidrokarbon di bawah tanah. Tetapi sampai saat ini belum ada suatu solusi nyata selain melakukan pengeboran lubang sumur serta mengadakan serangkaian pengukuran data-data di bawah permukaan tanah dan menginterpretasikannya untuk memastikan ada tidaknya kandungan hidrokarbon di bawah permukaan tanah. 

Penilaian formasi batuan adalah ilmu yang mempelajari tentang kondisi formasi dari suatu lapangan dengan tujuan memperoleh data karakteristik dan lithology batuan reservoir terhadap ada tidaknya hidrokarbon.
Salah satu cara untuk melakukan penilaian formasi adalah dengan logging, yaitu kegiatan pengukuran / perekaman kondisi  di dalam sumur dengan cara menurunkan suatu alat ke dasar lubang bor kemudian alat tersebut dengan kecepatan tetap ditarik dan kemudian mencatat hasil pengukuran yang berupa defleksi-defleksi pada suatu chart atau disebut juga log. Untuk mendapatkan data yang akurat, maka logging dilakukan beberapa kali perekaman dengan kombinasi alat yang berbeda.  
1.2     Tujuan
1.      Mengetahui pengertian dari penilaian formasi.
2.      Mengetahui zona pada batuan reservoir.
3.      Mengetahui sifat-sifat batuan reservoir.
4.      Mengetahui jenis-jenis log.
5.      Mengetahui jenis-jenis well logging.
6.      Mengetahui jenis fluida pengisi formasi.
7.      Mengetahui zona permeable dan impermeable.
8.      Mengetahui fluida pengisi formasi.
9.      Mengetahui jenis litologi batuan.
10.  Mengetahui contoh batuan yang permeable dan non-permeable.
11.  Mengetahui cara interpretasi data log secara kualitatif.
12.  Mengetahui mobilitas hidrokarbon.
13.  Mengetahui ada atau tidaknya hidrokarbon dalam suatu zona tertentu.
14.  Mengetahui jenis cairan pengisi formasi dengan menggunakan kurva log.
15.  Mengetahui pengertian analisa kualitatif.
16.  Mengetahui pengertian dari analisa kuantitatif.
17.  Mengetahui cara perhitungan log.
18.  Mengetahui  pengertian dari software X.
19.  Mengetahui fungsi dari software yang digunakan.
20.  Mengetahui cara mengoperasikan software yang digunakan.
21.  Mengetahui interpretasi mengenai keadaan bawah permukaan.
22.  Mengetahui karakteristik dari suatu batuan.
23.  Mengetahui potensi keberadaan hidrokarbon didalam suatu batuan.
1.3     Manfaat
1.      Praktikan dapat mengetahui karakteristik batuan reservoir dan gambaran mengenai keadaan dibawah permukaan.
2.      Praktikan dapat menginterpretasi keadaan bawah permukaan melalui kurva log dan mengidentifikasi zona hidrokarbon.
3.      Praktikan dapat mengetahui dan menganalisa zona potensi hidrokarbon dan fluida pengisinya baik secara kualitatif, kuantitatif dan menggunakan software.
1.4     Ruang Lingkup
Laporan ini berjudul Laporan Resmi Penilaian Formasi dibuat setelah melakukan praktikum di Laboratorium Penilaian Formasi Nama Universitas pada tanggal ... sampai dengan tanggal ..., yaitu pada hari ... tanggal ... dilakukan Technical Meeting 1, pada hari ... tanggal ... telah dilakukan Technical Meeting 2, pada hari ... tanggal ... dilakukan praktikum pertama tentang Pemantapan Teori, pada hari ... tanggal ... dilakukan praktikum kedua tentang Zona Permeable dan Litologi, pada hari ... tanggal ... dilakukan praktikum ketiga tentang Zona Hidrokarbon dan Fluida Pengisi, pada hari ... tanggal ... dilakukan praktikum keempat tentang Analisa Kuantitatif, pada hari ... tanggal ... dilakukan praktikum kelima tentang Software, pada hari ... tanggal ... dilakukan praktikum keenam tentang Analisa Cutting, dan pada hari ... tanggal ... dilakukan responsi lisan.
Praktikum ini dilaksanakan oleh para mahasiswa dan mahasiswi semester IV Nama Universitas jurusan Teknik Perminyakan, dimana praktikum Penilaian Formasi ini telah dilakukan dengan lancar. Praktikum ini dilaksanakan dan dibimbing oleh Dosen Mata Kuliah Penilaian Formasi Nama Dosen dan Nama Dosen dan Asisten Laboratorium.


0 Response to "Contoh Bab I Pendahuluan Untuk Laporan Praktikum Penilaian Formasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel