IBX5B54BCC389CD2 Materi Safety Talk Mengenai Waspada Diare - Lulusandiploma.com

Materi Safety Talk Mengenai Waspada Diare


Assalamu'alaykum, teman - teman...

Di musim penghujan, cuaca akan terasa lebih sejuk dan udara akan teras lebih dingin. Untuk kita para pekerja yang melakukan aktivitas di luar ruangan, akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan stamina tubuh kita.

Saat musim penghujan, macam - macam wabah penyakit bermunculan. Salah satu penyakit yang muncul adalah diare. Diare itu sendiri merupakan penyakit yang bisa menjangkit semua usia, mulai dari anak - anak sampai dengan lansia. Penderita diare biasanya akan lebih sering keluar masuk toilet untuk buang air besar. Kondisi feses atau tinja yang di keluarkan lebih encer dari pada normalnya. Penyebab diare pun bisa bermacam - macam, bisa karena keracunan makanan atau minuman, bisa karena terpapar bakteri, parasit mau pun virus.



Di Indonesia sendiri, kasus diare cukup banyak muncul dan sering terjadi di berbagai wilayah nusantara. Penderita diare biasanya akan merasakan sakit dalam kurung waktu berhari - hari bahkan jika lebih parah akan menghabiskan waktu hingga berminggu - minggu lamanya. Sejatinya, diare bukan termasuk penyakit yang berbahaya. Akan tetapi, jika diare yang di alami dalam waktu yang cukup lama dan tidak segera di tangani dengan tepat, maka bisa menyebabkan penderita mengalami dehidrasi (kekurangan cairan), sehingga bisa memicu kematian.

Baca juga Materi Safety Talk Mengenai Aware for Extreme Season

Jika teman - teman merasakan gejala seperti mulas - mulas pada perut, tinja encer atau lebih parahnya berdarah, dehidrasi, lemas, kulit terasa lebih kering dan pusing di kepala, maka mungkin teman - teman mengalami diare. Tangani sesegera mungkin, karena meski pun bukan termasuk penyakit berbahaya, diare bukanlah penyakit yang bisa di anggap sepele. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap produktivitas kinerja kita di perusahaan.

Pekerja terutama di industri tata boga, tidak akan di perbolehkan bekerja jika dalam kondisi diare. Penyakit ini harus segera di sembuhkan. Karena diare dapat menular kepada pekerja lain atau bahkan client. Tentu hal ini harus menjadi perhatian besar.

Pekerja yang menderita diare dapat meminum cairan elektrolit untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat dehidrasi. Sebab, ketika sering buang air besar dalam hitungan yang cukup banyak, maka tubuh akan segera mengalami dehidrasi, terlebih ketika asupan yang masuk tidak mencukupi.

Sebagai seorang HSE, maka perlu menyediakan obat - obatan seperti obat antibiotik, obat pereda nyeri, obat yang memperlambat gerakan usus. Sebagian besar diare memang di sebabkan oleh paparan bakteri, virus atau parasit di usus besar mau pun adanya radang pada saluran pencernaan.

Penting bagi seluruh pekerja untuk menjaga kebersihan, baik pada diri sendiri mau pun pada makanan yang akan di konsumsi. Khusus pekerja tata boga, maka akan lebih mengedepankan kebersihan pada makanan yang akan di sajikan ke client.

Baca juga Materi Safety Talk Mengenai Pencegahan Keracunan Makanan

Hindari pula mengonsumsi makanan dan minuman yang belum matang atau masih dalam kondisi belum terlalu masak, karena bakteri dan parasit masih bisa berkembang biak pada makanan dan minuman tersebut.

Di musim penghujan, diare akan lebih mudah menyerang sistem kekebalan tubuh kita, karena kondisi lingkungan yang lebih sering banjir akan menyebabkan kuman - kuman mudah menempel di tubuh kita. Tetaplah jaga kebersihan diri.

Demikian materi safety talk mengenai waspada diare.
Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaykum...

0 Response to "Materi Safety Talk Mengenai Waspada Diare"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel