IBX5B54BCC389CD2 Soal dan Jawaban Biologi SMA Kelas 2 - Bagian 1 - Lulusandiploma.com

Soal dan Jawaban Biologi SMA Kelas 2 - Bagian 1

Assalamu'alaykum...
Buat adik - adik SMA jurusan MIPA, boleh ikut menyimak soal dan jawaban yang kami cantumkan di bawah ini ya :

1. Apakah perbedaan antara organ penyusun sistem pernapasan dan organ penyusun sistem pencernaan ?Jawaban :
Organ penyusun sistem pernapasan ialah organ yang membantu proses masuknya oksigen atau O2 ke dalam tubuh sampai menghasilkan gas karbon dioksida atau CO2. Organ yang termasuk penyusun sistem pernapasan adalah hidung, faring, laring, tenggorokan, trakea, bronkus, bronkiolus, alveolus dan paru - paru.
Sedangkan untuk organ penyusun sistem pencernaan yaitu organ yang membantu masuknya makanan dan juga minuman ke dalam tubuh, sampai menghasilkan cadangan dan energi bagi tubuh. Organ - organ yang di maksud ialah mulut, kerongkongan, lambung, usus, rektum dan anus.

Baca juga Soal dan Jawaban PPKN SMA Kelas 2 - Bagian 1 
Baca juga Soal dan Jawaban Biologi SMA Kelas 2 - Bagian 2

2. Jaringan apa saja yang menyusun sistem pernapasan ?
Jawaban :
Jaringan yang menyusun sistem pernapasan berupa jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot, jaringan saraf dimana jaringan ini terdapat pada hidung.



3. Mengapa suara laki - laki lebih berat apabila di bandingkan dengan suara perempuan ? Apakah hal ini berhubungan dengan jakin laki - laki yang tampak lebih menonjol daripada perempuan ?
Jawaban :
Benar. Karena pita suara yang di miliki oleh laki - laki lebih panjang dan lebih tebal dari pada pita suara yang di miliki oleh perempuan. Hal ini memang berhubungan dengan jakun, karena semakin besar jakun laki - laki, maka suara yang di hasilkan akan semakin berat.

4. Adakah hubungan antara jenis makanan yang di makan (kalori tinggi atau rendah) dengan kebutuhan oksigen ? Mengapa ?
Jawaban :
Hal ini di sebabkan semakin tinggi kalori yang kita konsumsi, maka tubuh kita akan semakin membutuhkan oksigen yang banyak. Karena semakin banyak bahan makanan yang masuk ke dalam tubuh yang harus di bakar.

5. Bagaimana ungkapan rasa syukur terhadap di berikannya paru - paru yang sehat ?
Jawaban :
Paru - paru adalah salah satu organ tubuh yang sangat berharga bagi manusia. Karena paru - paru adalah pusatnya sistem pernapasan. Jika paru - paru bermasalah, maka sistem pernapasan yang lain akan kesulitan dan bahkan manusia bisa mengalami kematian. Dengan di berikannya paru - paru yang sehat, maka sebaiknya kita bersyukur kepada Tuhan, dengan melakukan pola hidup sehat, menghindari makanan dan minuman yang bisa membuat paru - paru kita sakit, termasuk pula dengan tidak merokok. Rokok adalah salah satu bahan yang membuat paru - paru kita rusak.

6. Mengapa bernapas melalui hidung lebih baik dan lebih sehat dari pada melalui mulut ?
Jawaban :
Karena apabila kita bernapas melalui hidung, udara yang masuk akan tersaring dengan baik dan bersih sampai ke paru - paru ketimbang bernapas dengan mulut.

7. Mengapa orang yang bekerja berat membutuhkan oksigen yang lebih banyak ?
Jawaban :
Semakin berat aktivitas seseorang, maka akan membutuhkan metabolisme yang berat pula, dan akan membutuhkan oksigen yang lebih banyak pula.

8. Apakah yang menyebabkan oksigen dapat berdifusi ke dalam kapiler darah ?
Jawaban :
Difusi oksigen keluar dari darah dan masuk ke dalam cairan jaringan dapat terjadi di sebabkan tekanan pada oksigen di dalam cairan jaringan menjadi lebih rendah di bandingkan ketika di dalam darah. Karena sel - sel secara terus menerus menggunakan oksigen di dalam respirasi seluler.

9. Bagaimana cara pengangkutan sisa respirasi yang berupa karbon dioksida (CO2)?
Jawaban :
Proses pengangkutan karbon dioksida (CO2) yang di hasilkn jaringan, di lakukan oleh darah kemudian akan di angkut ke dalam paru - paru dalam tiga bentuk, yakni :
a. HCO3 oleh plasma darah
b. CO2 di ikat Hb (Hemoglobin) membentuk karbomino Hb
c. Di angkut plasma darah dalam bentuk HCO3
Setelah melalui tahap ini, kemudian di keluarkanlah dalam bentuk hembusan napas.

10. Mengapa pencemaran gas karbon monoksida (CO) sangat berbahaya bagi manusia ?
Jawaban :
Karena ketika di hirup, gas CO mampu berikatan dengan Hb, sehingga pengikatan oksigen oleh darah menjadi terganggu. Apabila di hirup secara terus menerus dalam kuantitas yang tidak sedikit, dapat menyebabkan kematian.

Demikian soal dan jawaban biologi SMA kelas dua.
Semoga dapat bermanfaat.
Wassalamu'alaykum...

1 Response to "Soal dan Jawaban Biologi SMA Kelas 2 - Bagian 1"

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel