IBX5B54BCC389CD2 Materi Safety Talk Mengenai Gas LPG - Lulusandiploma.com

Materi Safety Talk Mengenai Gas LPG


Assalamu'alaykum...

Keselamatan tidak hanya di lokasi kerja, namun di rumah juga perlu yang namanya keselamatan. Namun bukan keselamatan kerja, akan tetapi keselamatan pemakaian dan perawatan. Rumah tangga terutama, secara keseluruhan saat ini memasak menggunakan produk gas LPG. Di karenakan harga yang cukup terjangkau untuk semua kalangan, maka antrian gas LPG ada di mana - mana. Namun tahukah kamu, bahwa pemasangan dan pemakaian gas LPG tak selamanya mudah dan tanpa resiko. Banyak kita mendengar informasi kebakaran karna gas LPG dan bahkan mungkin salah satu dari kita pernah melihatnya secara langsung.



Untuk memasang gas LPG mungkin setiap anggota keluarga bisa melakukannya. Tetapi untuk mengerti dan memahami bahaya pada gas LPG, mungkin tidak semua keluarga menerapkannya di rumah. Nah, kamu bisa memulainya untuk ikut menjaga keselamatan keluargamu di rumah.

Apabila mencium bau gas di rumah, maka ada beberapa hal yang tidak boleh di lakukan, yakni tidak merokok di area tersebut, sebab ketika menyalakan api dapat menyebabkan terjadinya ledakan. Dan tidak menyalakan listrik terutama lampu, karena listrik bisa menimbulkan percikan api saat di nyalakan, dan kemungkinan besar juga dapat menimbulkan ledakan.

Ketika sumber bau gas telah di temukan, jika ada kebocoran pada tabung gas, maka yang perlu di lakukan ialah yang pertama menutup sumber gas dengan menutup katup utama atau melepaskan regulator gas dari si tabung, kedua bukalah pintu dan jendela untuk mengeluarkan bau gas yang bocor, jangan menyalakan peralatan elektronik seperti kipas angin, karena berhubungan dengan listrik maka bisa menimbulkan percikan api, ketiga segera bawa tabung gas tersebut keluar menjauhi rumah, keempat kamu bisa menghubungi yang berwenang jikalau bau gas masih belum hilang.

Perawatan yang perlu di lakukan di rumah, sebaiknya kamu membersihkan kompor dan regulator dari kotoran seperti minyak dan lemak, agar peralatan lebih awet dan tidak cepat rusak.

Sebelum menyalakan kompor, pastikan bahwa regulator terpasang dengan baik dan tidak muncul bau gas. Apabila terjadi kebakaran, maka segera keluar dari rumah dan laporkan pada pemadam atau yang berwenang menangani masalah ini. Namun, jika kebakaran yang di timbulkan kecil, maka kamu bisa mematikan api dengan menggunakan karung goni bekas atau handuk yang di basahi oleh air, lalu tutup bagian panci atau penggorengan yang terbakar. Tentu saja di lihat dulu, jika masih bisa di tangani, maka lakukan semaksimal mungkin, namun jika ledakan, tentu saja nyawa lebih berharga. Sebaiknya sediakan juga alat pemadam api ringan di rumah dan mengajari seluruh anggota keluarga untuk menggunakannya.

Baca juga Materi Safety Talk Mengenai Aware For Extreme Season

Terima kasih. Semoga bermanfaat.
Wassaamu'alaykum...

0 Response to "Materi Safety Talk Mengenai Gas LPG "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel