IBX5B54BCC389CD2 Soal dan Jawaban PPKN SMA Kelas 2 - Bagian 4 - Lulusandiploma.com

Soal dan Jawaban PPKN SMA Kelas 2 - Bagian 4

1. Apa tujuan nasional bangsa Indonesia yang tercantum pada alenia ke - 4 Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 ?
Jawaban :
Tujuan nasional bangsa Indonesia yang tercantum pada alenia ke 4 UUD 45 ialah dengan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Berdasarkan tujuan ini, maka bangsa Indonesia harus senantiasa berperan serta dalam menciptkan perdamaian dunia. Karena bangsa Indonesia adalah bagian dari seluruh umat manusia di dunia sehingga sudah seharusnya berada di barisan paling depan dalam upaya menciptakan perdamaian dunia.
Salah satu bentuk upaya menciptakan perdamaian dunia yakni bangsa Indonesia menjalin kerja sama dengan luar negeri, misal ASEAN dan PBB.

2. Apa yang kalian ketahui mengenai politik luar negeri, hubungan luar negeri dan politik internasional ?
Jawaban :
Politik luar negeri ialah seperangkat cara atau kebijakan yang di lakukan oleh suatu negara untuk mengadakan hubungan dengan negara lain dengan tujuan untuk tercapainya tujuan negara serta kepentingan nasional negara yang bersangkutan.
Hubungan luar negeri ialah keseluruhan hubungan yang di jalankan oleh suatu negara dengan semua pihak yang tidak tunduk pada kedaulatannya.
Politik internasional  ialah politik yang di jalin oleh antar negara yang mencakup kepentingan dan tindakan beberapa atau semua negara serta proses interaksi antar negara mau pun antar negara dengan organisasi internasional

3. Sebutkan manfaat yang di dapatkan bangsa Indonesia ketika menjalin hubungan Internasional !
Jawaban :
Manfaatnya beberapa di antaranya sebagai berikut :
- Menginkatkan persahabatan antar negara.
- Masyarakat dapat adil dan makmur secara material dan spiritual.
- Dapat menjaga keselamatan negara.
- Dapat meningkatkan perdamaian antar negara dalam skala internasional.

4. Apa itu organisasi internasional ?
Jawaban :
Organisasi internasional yakni organisasi yang memiliki kedudukan sebagai subjek hukum internasional dan memiliki kapasitas untuk membuat perjanjian internasional. Di karenakan subjek hukum internasional, organisasi internasional memiliki hak dan kewajiban yang telah di tetapkan dalam konvensi - konvensi internasional.

5. Apa peranan bangsa Indonesia di dalam ASEAN ?
Jawaban :
Membentuk kesepakatan guna menciptakan stabilitas regional dan perdamaian di Asia Tenggara.


0 Response to "Soal dan Jawaban PPKN SMA Kelas 2 - Bagian 4"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel