Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

12 Cara Mengatasi Instagram Gagal atau Tidak Bisa Mengupload Foto

 

Tidak bisa upload foto instagram ? - Instagram adalah salah satu aplikasi kekinian yang di minati oleh berbagai usia, mulai dari yang muda hingga yang tua. Serunya memposting foto dan video aktivitas kita sehari - hari, kemudian adanya filter lucu di instagram, lalu mengabadikan momen indah bersama orang tersayang. Namun apa yang terjadi jika kita tidak bisa mengupload foto di instagram ? Tentu sangat menyebalkan rasanya. Pengalaman saya, saya juga pernah tidak bisa upload foto di instagram selama 24 jam lamanya. Dan itu membuat saya ingin menangis saja rasanya. 


Sebelum lanjut untuk mengatasi penyebab instagram yang tidak bisa upload foto, maka ada beberapa hal yang perlu di garis bawahi, seperti :

 - Pastikan koneksi internet anda stabil. Jika ingin memposting foto dan video, maka koneksi internet anda tidak boleh lambat, karena membutuhkan koneksi yang stabil untuk membuka instagram. Jika tidak, maka aplikasi ini akan semakin lemot. Jangankan untuk mengunggah foto, untuk membuka instagram saja pasti hanya akan keluar layar putih kosong.

- Instagram Error. Hal ini memang pernah terjadi dan jadi ramai perbincangan. Aktivitas di instagram jadi terhambat. Kalau hal ini tidak bisa kita atasi, karena ini bukan ranahnya kita. Jadi jika ingin mengupload foto, maka bersabarlah hingga Instagram pulih kembali.

- Foto/Video mengandung pornografi/SARA dan berhak cipta. Kalau terjadi hal ini, maka memang pihak instagram lah yang menghapus atau dari pemerintah terkait. Bijaklah dalam memposting foto atau video di instagram.

- Pembatasan aktivitas. Anda tidak akan bisa mengupload foto atau video ke instagram dalam beberapa waktu. Hal ini terjadi ketika anda memposting terlalu banyak foto dalam waktu yang hampir bersamaan. Seperti postingan giveaway misalnya, biasanya Instagram akan menganggap ini spam dan anda tidak di izinkan mengunggah foto dalam beberapa saat. Bersabarlah.

Berikut 12 cara mengatasi penyebab instagram yang tidak bisa membuat kita mengupload foto dan video.

1. Menghapus Recent App

Gagal atau tidak bisa mengupload foto di instagram ? Cara yang pertama yang paling mudah yaitu dengan recent app, atau menutup semua aplikasi yang sedang di jalankan. Untuk recent app setiap ponsel berbeda - beda. Berikut caranya :

- Klik tombol paling kiri dari tombol home.


- Klik silang atau tutup semua.


Setelah itu, silahkan untuk mencoba untuk mengupload lagi foto di instagram.

2. Membersihkan Cache

Selalu gagal saat mengupload foto di instagram ? Pasti bikin kepala puyeng ya. Nah, salah satu penyebabnya yang paling banyak terjadi adalah penumpukan chache dan history dari instagram di ponsel kita. 

Ketika kita sedang membuka dan menjalankan aplikasi dalam jumlah banyak, maka itu akan menumpuk cache. Pun terjadi ketika kita memiliki aplikasi yang banyak. Penting sekali untuk menghapus cache dan history untuk mengurangi penuhnya memory internal ponsel kita. Apalagi jika memori ponsel kecil, maka akan memperlambat kinerja aplikasi lain yang dijalan secara bersamaan. Hal ini tentu berpengaruh pada instagram sehingga menyebabkan kita gagal atau tidak bisa mengunggah foto dan video.

Bagaimana cara menghapus cache di ponsel ?

Pertama anda silahkan buka Pengaturan - Pengaturan Lainnya - Aplikasi - Semua - Instagram - Penyimpanan - Bersihkan Cache


Setelah membersihkan cache, silahkan coba buka instagram dan lakukan pengunggahan foto di instagram. Jika masalah hanya pada cache, maka instagram anda biasanya akan normal kembali.

3. Menghapus History

Jadi, salah satu penyebab instagram tidak bisa mengunggah foto anda adalah penuhnya history. Cookie dan cache akan menumpuk ketika anda menggunakan instagram dalam waktu yang lama. Berisi tentang jejak penulusuran yang sudah anda kunjungi selama menggunakan instagram. Hal ini juga mempengaruhi performa dari instagram. Cara menghapusnya juga cukup mudah sebagai berikut ini :

- Buka Instagram

- Klik Profil anda

- Geser layar ke kiri

- Pengaturan

- Klik Akun

- Klik Pengaturan Browser

- Klik "Hapus" pada Data Penelusuran

- Klik Bersihkan Data Penjelajahan


Setelah itu, coba untuk mengupload lagi foto yang tadi ingin anda unggah di instagram.

4. Log Out

Anda mungkin harus mencoba log out dari akun instagram anda dulu. Setelah log out, silahkan untuk login kembali. Lakukan mengupload foto lagi.


5. Login di Ponsel Lain

Cara ini juga bisa anda lakukan. Karena mungkin saja karena berbagai alasan di ponsel anda sehingga instagram anda tidak bisa posting foto dan video.

6. Paksa Berhenti

Cara selanjutnya untuk proses menindaklanjuti kegagalan saat mengunggah foto di instagram yaitu dengan memaksa aplikasi untuk berhenti sesaat. Bagaimana caranya ?

- Tutup aplikasi Instagram

- Cari Pengaturan

- Klik Pengaturan Lainnya

- Klik Aplikasi

- Klik Semua

- Klik Instagram

- Klik "Paksa Berhenti"


Kemudian coba lagi untuk mengupload foto atau video anda inginkan di instagram.

7. Hapus Data

Cara - cara sebelumnya masih gagal ? Cara selanjutnya yaitu dengan menghapus instagram. Jangan panik dan takut. Caranya sebagai berikut ini :

- Tutup aplikasi Instagram

- Cari Pengaturan

- Klik Pengaturan Lainnya

- Klik Aplikasi

- Klik Semua

- Klik Instagram

- Klik "Hapus Data" 


Ketika melakukan hapus data, maka semua data yang pernah anda telusuri diinstagram akan terhapus. Dan ketika membuka instagram lagi, maka anda harus Login kembali. Setelah itu, coba lagi untuk mengupload foto dan video yang ingin anda unggah di instagram.

Baca juga : Tips Menjaga Batere Ponsel tetap Awet

8. Update Instagram

Kemungkinan instagram anda saat ini masih instagram versi lama, sehingga perlu adanya pembaharuan. Anda perlu mengupdate aplikasi instagram anda di playstore. Setelah itu cobalah lagi untuk memposting foto, apakah masih gagal atau sudah berhasil.


9. Uninstall instagram

Jika cara sebelumnya masih gagal, maka cobalah untuk menghapus aplikasi instagram. Setelah terhapus, maka cobalah untuk mendownload kembali aplikasi instagram. Setelah itu, coba login dan coba untuk mengupload ulang foto yang anda inginkan.


10. Reset 

Masih belum bisa upload foto di instagram ? Coba matikan ponsel anda. Kemudian nyalakan lagi. Bukalah instagram anda kembali untuk memposting foto.

11. Menggunakan Instagram versi Lama

Jika masih gagal mengupload foto, maka mungkin ponsel anda tidak cocok dengan instagram versi terbaru, sehingga mengalami kegagalan fungsi dalam operasinya. Silahkan hapus instagram anda dan cobalah untuk mendownload instagram di browser dengan kata kunci "Download Instagram Versi Lama". Atau anda bisa download disini. Silahkan pilih dan download instagram versi lama yang anda inginkan dan langsung lakukan install. Kemudian silahkan anda mencoba lagi untuk memposting foto yang anda inginkan.

12. Menunggu 

Hal yang pernah saya alami adalah saya mengupload foto di instagram dalam jumlah sangat banyak (>100) dalam waktu yang berdekatan. Sehingga instagram memblokir aktivitas posting saya. Hal ini terjadi selama 24 jam lamanya. Jadi, yang perlu anda lakukan adalah bersabar untuk menunggu instagram untuk mengizinkan anda memposting foto lagi.

Demikian beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi penyebab tidak bisa upload foto di instagram. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk memberikan komentar anda jika berhasilšŸ˜Š

Melisaa
Melisaa Penulis yang masih ingin terus belajar | Lulusan diploma 3 Teknik Perminyakan

Posting Komentar untuk "12 Cara Mengatasi Instagram Gagal atau Tidak Bisa Mengupload Foto"