Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menjawab Panggilan Interview

Cara menjawab pangglan interview tidak hanya dilakukan secara tatap muka, namun pada jaman modern ini interview sering dilakukan online dan pastinya para jobseker mengirim curiculum vitage dan lamaran melalui Email perusahaan. 

Lalu bagaimanakah seharusnya Cara Menjawab Email Panggilan Interview tersebut menurut Lulusan diploma? Ingat ya gengs jangan sampai kita salah dan asal dalam menjawab interview karena dapat mempengaruhi penilaian recruiter terhadap kita.

Selain cara merespon, berinteraksi dan komunikasi saat pertama melamar kerja kalian juga harus memiliki pribadi yang profesional untuk menjawab panggilan interview agar recruiter bisa meirik kita sebagai pribadi yang luar biasa.

Sebelumnya, Lulusandiploma.com telah merangkum beberapa artikel yang berkaitan dengan Cara Menjawab Undangan Interview. Semua bisa anda pelajari terlebih dahulu sebelum kita masuk kedalam pembahasan.

Artikel mengenai  Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan bisa di lihat agar kita memiliki persiapan agar tahap seleksi yang akan kita lewati dapat berjalan dengan lancar.

Jadi intinya apakah kamu mengetahui cara menjawab panggilan interview? Apabila belum pengalaman, silahkan perhatikan cara komunikasi yang baik, silahkan simak pembahasan berikut. Ada beberapa tips dari menjawab, contoh dan tips dari Lulusan diploma.

Tips Menjawab Email Panggilan Interview Kerja

Tips Interview Kerja

Tips menjawab email panggilan interview kalian harus fokus. Jangan sampai ada penilaian buruk, apabila kamu salah jawab sedikit saja, Pasti berakibat fatal. Lalu apakah yang seharusnya diperhatikan saat panggilan kerja masuk pada pesan email?

1. Jawab email masuk

Balas Email Panggilan Interview Dengan Tepat Waktu. Jangan abaikan suatu pesan yang datang terutama dari recruiter mengenai panggilan interview kerja untuk kamu. Biasanya email panggilan tersebut ada jangka waktu untuk ditanggapi.

Pencari kerja harus jeli. Penerima karyawan butuh mengatur jadwal yang tepat. Kapan untuk melakukan wawancara kerja. Itulah penyebabnya mengapa jangan sampai recruiter menunggu balasan email dari anda.

2. Jawab dengan jelas

Jawblah Email Panggilan Interview Langung Kebagian Intinya. Tips menjawab email panggilan interview haruslah ketujuan, jangan muter muter! 

Jangan pula kalian menjawab dengan kata terbalik. Fokus dan banyak berdoa, selain dari pada itu persiapkanlah segala yang mungkin ditanya saat interview.

3. Perhatikan nama email

Jaga Email Agar Tetap Terlihat Profesional. Cara menjawab panggilan interview kita harus memerhatikan isi dari email bahkan dari segi nama yang kita cantumkan pada emailpun harus terlihat profesional, contohnya janganlah kalian memberikan nama seperti ricka.muetz@gmail.com karena hal tersebut dapat memberikan nilai buruk bagi kalian.

Lalu alangkah baiknya lampirkan keterangan mengenai diri kalian seperti nama dan nomor telepon di akhir isi email dan lakukanlah konfirmasi kembali mengenai tempat dan waktu interview yang akan dilaksanakan kepada recruiter agar anda terlihat aktif.

4. Jaga attitude

Jangan Abaikan Attitude Dalam Membalas Email Panggilan Interview. Cara menjawab panggilan interview harus mengedepankan attitude. Tetap tunjukan bahwa anda adalah seorang yang sopan dan ramah karena didalam suatu pekerjaan Perusahaan sangat membutuhkan pribadi tersebut.

5. Minta reshedule

Lakukan Reshedule Melalui Balasan Email Panggilan Interview. Cara menjawab email panggilan interview apabila tidak bisa, lakukanlah reshedule. Balas lewat email, dan komunikasikan jika kamu berhalangan untuk hadir dalam panggilan interview.

6. Usahakan balas email.

Tetap Balas Email Walaupun Anda Tidak Dapat Hadir Interview Jangan abaikan email panggilan interview kerja apabila kalian berniat untuk tidak hadir dalam kesempatan tersebut, setidaknya anda membalas.

Tujuannya untuk memberikan informasi kepada recruiter agar anda tidak ditunggu pada saat interview kerja. Karena bisa saja apabila kalian tidak datang tanpa pemberitahuan untuk kedepannya tidak akan ada email lagi dari perusahaan tersebut untuk anda atau di blacklist

Contoh Email Panggilan Interview

menjawab-pertanyaan-interview

Cara Menjawab Email Panggilan Interview agar recruiter tidak sungkan untuk melirik anda. Harus memiliki cara jitu, dan tips seperti apa sih sebenarnya kata yang pas. Semua itu dilakukan agar ada komunikasi dua arah. Cukup lakukan itu agar kamu bisa keterima kerja.

1. Contoh Panggilan Interview Bukaka

Berikut adalah email panggilan intervew bukaka:

Salam,

Kami mengundang Saudara untuk mengikuti interview calon karyawan di

PT Bukaka Teknik Utama, Tbk pada :

Hari, Tanggal : Senin, 5 September 2016

Waktu : 09.00 WIB

Tempat : Gedung Engineering PT Bukaka Teknik Utama, Jalan Raya Narogong Km 19,5 Cileungsi-Bogor (bertemu dengan Adam)

Kelengkapan yang wajib dibawa:

      1. Foto close up terbaru (3x4) 1 lembar
      2. Fotocopy Ijazah dan Transkrip nilai
      3. Fotokopi KTP
      4. Form calon karyawan
      5. Surat lamaran dan Curriculum Vitae

Mohon konfirmasi kehadiran dengan mengirim SMS ke 08111120191 dengan format Nama_hadir / Tidak hadir, Kami ucapkan terima kasih. 

Regards,

Recruitment Team PT Bukaka Teknik Utama Tbk

021 8232323 ext 363

2. Contoh Panggilan interview Petrochina

Berikut adalah panggilan interview Petrochina Jambi:

Yth. Saudara Kandidat Fireman,

Menanggapi surat lamaran kerja saudara dan hasil seleksi dari PT. CMD dan Dept HSE, maka harap hadir (Via Zoom) pada:

Hari, Tanggal: Selasa, 31 Agustus 2021

Waktu           : Pukul 13.30 siang s/d Selesai

Keperluan     : Tes Interview

Link              : (Link Zoom Meeting)

Meeting ID   : (ID Zoom Meeting)

Passcode       : (Code Zoom Meeting)

Pada kesempatan ini, kami mengharapkan Saudara untuk mengisi form terlampir dan mengirimkan kembali ke email ini paling lambat hari ini jam 21.00 WIB. Jika ada pertanyaan dan hal meragukan bisa contact ke (Lina / 0821-6649-5807). Untuk teknis pelaksanaan interview akan diinfokan secara terpisah dan mohon konfirmasi kehadiran ke no HP yang tertera via WA.

Terimakasih dan Salam,

HSE-Lina

Cara Menjawab Email Panggilan Interview

Cara Menjawab Interview Kerja

Nah ada beberapa cara menjawab panggilan interview lewat wa, email maupun langsung. Kamu dapat memilih cara terbaiknya. Bisa saja dengan merangkum kata terlebih dahulu, pastikan kata yang akan dikirim sopan. Seperti yang kalian lakukan sekarang, mencari bagaimana cara menguntai kata. Menguntai kata untuk menjawab panggilan interview lewat email.

1. Hadir Interview Kerja

Berikut adalah cara menjawab email panggilan interview apabila kamu dapat hadir.

Kepada Yth,

Amelia (nama recruiter),

Terimakasih telah mengundah Interview Kerja sebagai HSE Officer (jabatan dilamar) di PT. PetroChina International Jabung Ltd. (nama perusahaan).

Saya akan hadir Interview dalam kesempatan yang telah diberikan pada 18 Februari 2022 (sebutkan tanggal bulan dan tahun yang telah ditentukan recruiter dalam email) di Kantor Tanjung Jabung Timur (sebutkan alamat yang telah ditentukan recruiter dalam email) PT. PetroChina International Jabung Ltd. (sebutkan nama perusahaan).

Semoga dapat diterima di PT. PetroChina International Jabung Ltd.

Terimakasih.

Salam

Sandi Okta Prayoga

2. Reshedule Panggilan Interview

Berikut adalah reschedule pangglan interview, jika kamu ingin mengatur ulangnya silahkan ikuti contoh berikut ya.

Dengan Hormat (nama recruiter),

Terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya dalam panggilan interview kerja PT. Pertamina (Persero).

Saya berhalangan hadir pada waktu yang sudah ditentukan. Apabila diberikan kesempatan izinkan mengajukan penggantian jadwal pada hari Selasa, tanggal 22 Februari tahun 2022 (isikan waktu yang anda inginkan).

Agar disetujui penggantian jadwal interview, karena saya sangat berharap dapat bergabung pada PT. Pertamina (Persero).

Salam

Sandi Okta Prayoga (isikan nama anda)

3. Menolak Panggilan Interview

Berikut adalah cara menjawab panggilan interview apabila menolak, jangan sampai kamu menolak tapi tidak ada kabar. Perusahaan juga butuh informasi, jangan sampai ada nilai perusahaan jelek untukmu. Karena bisa saja kamu diblacklicst.

Yth,

Melisa Anggraini

di Tempat,

Terimakasih telah diberikan kesempatan untuk interview pada PT. Adaro Energy Tbk. (isikan nama perusahaan). Saya meminta maaf tidak dapat hadir dalam kesempatan tersebut dikarenakan (sebutkan alasan anda).

Besar harapan saya dapat diberikan kesempatan pada interview kerja berikutnya dalam proses recruitment PT. Adaro Energy Tbk. (isikan nama perusahaan)

Hormat saya,

Sandi Okta Prayoga (isikan nama anda)

4. Menjawab Panggilan Interview dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah cara menjawab email undangan interview, namun kali ini dalam bahasa inggris. Untuk kamu yang tidak faham, saran kamu gunakan saja bahasa Indonesia. Tidak usah merepotkan diri sendiri, silahkan ambil cara yang mudah.

Dear, (nama recruiter)

Thank you for invitation to interview at PT. Nindya Karya (Persero)(nama perusahaan) and I look forward to meeting with you to discuss this position in more detail.

Please let me know if I can provide any additional information prior to our meeting on Monday morning at your offices.

Sincerely,

Sandi Okta Prayoga (nama)

0822 5230 9909 (nomor telepon)

Cara Menghadapi Interview

Cara Menjawab Interview Kerja

Tidak ada salahnya kita bersikap antusias dalam menanggapi panggilan interview kerja dari recruiter, selain antusias kita juga perlu menunjukan kesopanan serta attitude yang dimiliki agar recruiter menilai baik diri anda yang menarik agar cepat dipanggil interview.

1. Lakukan Persiapan Yang Matang Sebelum Datang Interview

Jangan bangga sampai disini karena setelah menjawab email panggilan interview anda harus mempersiapkan segala pertanyaan dan kebutuhan agar diterima kerja pada perusahaan tersebut. Berikut adalah persiapan sebelum interview yang harus kalian pelajari dirumah.

2. Belajar Interview

Pelajari Pertanyaan saat mendapat panggilan Interview, Dalam Posisi Yang Kamu Lamar. Dalam menghadapi interview kerja biasanya pelamar ditanyakan beberapa pertanyaan terutama dalam menguasai posisi yang sedang di lamar. 

Ketahui tugas dan tanggung jawab apa saja yang harus dikerjakan agar anda terlihat kompeten dan receuiter beranggapan apabila anda diterima kerja tidak perlu memakan waktu banyak untuk memberikan pemahaman mengenai hal tersebut.

3. Buat Catatan

Buatlah Catatan Singkat Untuk Menunjukan Siapa Kamu Didepan Recruiter. Sebaiknya kamu membuat beberapa catatan mengenai diri anda agar menarik perhatian recruiter dalam melakukan selepas panggilan interview kerja. Tunukan bahwa andalah yang pantas untuk mendapatkan pekerjaan dalam posisi yang sedang dibutuhkan.

4. Latihan interview

Latihan interview Kerja, banyak cara yang sudah diberikan oleh Lulusandiploma.com mengenai wawancara kerja yang bisa kalian pelajari agar saat didepan recruiter tidak bingung apa yang harus kalian jawab. Anda harus terkesan memiliki pengalaman dan sifat yang luar biasa!

5. Jaga sikap

Bersikaplah Dengan Ramah dan Sopan, Apabila kalian mendapat panggilan interview sebagiknya jagalah sifat anda agar selalu terlihat ramah dan sopan di depan recruiter karena ini adalah salah satu penilaian yang diberikan bagi seorang pencari kerja dalam melakukan wawancara.

6. Lengkapi persyaratan

Jangan Lupakan Persyaratan Panggilan Interview Yang di Wajibkan. Terkadang berkas yang anda miliki ditanyakan satu persatu oleh Recruiter. Persiapkan segala yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan saat interview kerja, karena kamulah yang dapat menentukan diterima atau tidak dari proses recruitment yang akan kalian lakukan.

Mungkin itulah beberapa ulasan mengenai Cara Menjawab Panggilan Interview yang harus kalian ketahui. Semoga kalian dapat bekerja pada Perusahaan yang kalian idamkan dan gaji yang diharapkan sesuai dengan keinginan.

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Cara Menjawab Panggilan Interview"