Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Program Pelatihan Karyawan Yang Efektif

Contoh Program Pelatihan Karyawan harus dilakukan menurut Lulusan diploma, sebaik mungkin pada suatu Perusahaan yang mana kegiatan tersebut adalah tolak ukur untuk menjamin ketersediaan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Dalam membangun individu yang Perofesional dalam sebuah institusi oleh karna itu diperlukannya peran manajemen untuk menerapkan Program Pelatihan ini agar Perusahaan memiliki daya saing yang tinggi pada dunia bisnis.

Pelatihan adalah program umum yang dilakukan untuk meningkatkan tingkat pengetahuan karyawan tentang sesuatu yang akan dikembangkan. Sekarang ini sudah banyak pelaksanaannya baik kegiatan internal maupun external yang mana tujuannya sama yaitu meningkatkan skill. Sebelumnya Lulusandiploma juga telah merangkum artikel Daftar riwayat hidup tulis tangan yang dapat kalian baca.

External training biasa diselenggarakan dengan instritusi luar ataupun bekerjasama dengan cara mengirimkan karyawan yang akan diikut sertakan kepada pihak lain yang mengadakan pelatihan tersebut sedangkan internal training diselenggarakan sendiri didalam lingkungan perusahaan dengan pemateri dari SDM pengawas ataupun pihak yang ditunjuk untuk membawakan materi.

Seringkali pelatihan tidak berjalan sesuai dengan rencana, maka dari itu perlunya perencanaan yang lebih detail agar saat pelaksanaan bisa sesuai. Berikit adalah langkah pelaksaaan program pelatihan karyawan yang dapat kalian simak.

Langkah Pelaksanaan Program Pelatihan Karyawan

contoh jadwal training
ilustrasi contoh jadwal training karyawan
Ada beberapa langkah yang efektif agar program pelatihan karyawan dapat berjalan dengan efektif dan terstruktur, apa saja langkah tersebut? silahkan simak pemaparan dibawah ini.

#1 Tetapkan pelatihan yang dibutuhkan

Perusahaan dapat menetapkan pelatihan apa yang dibutuhkan untuk karyawan sesuai dengan pekerjaan atau jobdesk pekerjaanya. Misalnya seorang praktisi keselamatan dan kesehatan kerja (K3) ataupun HSE bisa diikut sertakan dalam sertifikasi Ahli K3 Umum Kemnaker.

#2 Ketahui tujuan pelaksanaan pelatihan

Tentukan juga tujuan dilaksanakan pelatihan tersebut, mislanya untuk meningkatkan pengetahuan karyawan tentang penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) menurut regulasi pemerintah. Agar terjaminnya hak karyawan dalam keselamatan dan kesehatan saat bekerja.

#3 Rencanakan program pelatihan

Rencanakan kapan pelatihan tersebut dilaksanakan dan berlangsung berapa lama dalam kegiatannya. Usahakan buat planning sebaik mungkin agar implementasi bisa berjalan sesuai dengan rencana yang sudah dibuat.

#4 Action

Laksanakan program pelatihan karyawan tersebut dan tentukan dilakukan external ataupun internal dan pastikan sarana dan prasarana juga telah disediakan agar karyawan yang diikut sertakan dalam program ini merasa nyaman.

#5 Evaluasi dan Revisi Pelatihan

Apabila sudah dilakukan pelatihan langkah terakhir yaitu melakukan evaluasi dan revisi dari kegiatan tersebut. Pihak SDM dapat menilai apakah program ini memiliki manfaat sesuai dengan tujuan awal ataukah masih ada kekurangan yang harus diperbaiki untuk program pelatihan selanjutnya.

Nah pemaparan tersebut adalah 5 langkah yang dapat dilakukan agar program pelatihan bagi karyawan dapat berjalan dengan efektif, lalu apa saja contoh program pelatihan yang dapat dilakukan?

Program Pelatihan SDM

Banyak contoh program pelatihan yang dapat dilaksanakan perusahaan untuk meningkatkan kualitas dari karyawan ataupun Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimilikinya sebagai daya saing dalam kesuksesan dalam pencapaian target yang sudah direncanakan. Lalu apa saja program pelatihan tersebut? silahkan simak ulasan yang www.lulusandiploma.com rangkum dibawah ini.

#1 Pelatihan Basic Safety

Pelatihan ini dapat dilakukan ataupun diselenggarakan oleh perusahaan untuk meningkatkan tingkat kesadaran karyawan akan pentingnya keselamatan kerja pada setiap aspek pekerjaan yang dilaksanakan. Bagaimana target perusahaan satu yaitu menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman dan nihil dari kecelakaan kerja.

#2 Organization and People

Pelatihan untuk mengembangkan nilai organisasi dan individu pada tiap karyawan agar memiliki ilmu yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan yang dilaksanakan. Perusahaan dapat mengadakan training tersebut menyesuaikan dengan jobdesk pada masing masing organisasi ataupun perseorangan.

#3 Sertifikasi Kemnaker RI

Dalam hal ini perusahaan juga perlu mengambil jalan pelatihan yang diakui oleh Nasional dalam bentuk sertifikasi untuk kepentingan tender atau kegiatan lain yang mengharuskan menunjukan bukti kompetensi dari masing-masing karyawan.

#4 Emergency

Telah menjadi antisipasi setiap Perusahaan agar apabila terjadi keadaan darurat karyawan dapat mencegah agar keadaan tidak bertambah parah, inilah tujuan dari pelatihan keadaan darurat yang dilaksanakan supaya pada tiap individu memiliki tingkat kepekaan dan antusias dalam pencegahan dan penanggulangan apabila keadaan emergency benar-benar terjadi.

Program Pendidikan

Salah satu program pelatihan karyawan adalah Pendidikan khusus yang diberikan oleh perusahaan untuk melanjutkan study pada jenjang D3, S1 bahkan S2. Biasanya program ini diperuntukkan pada karyawan terbaik yang meraih prestasi untuk membangun Perusahaan menjadi lebih baik.

Program Magang

Program magang dilakukan bisa didalam maupun luar perusahaan, dilapangan bahkan dikantor yang durasi pelaksanaan 1 bulan hingga 3 bulan sesuai kebutuhan pengambilan data dan ilmu yang ada di Perusahaan itu sendiri. Misalnya seorang fire man magang kerja menjadi Fire and Safety di suatu perusahaan dengan kebutuhan memerlukan data yang akurat mengenai penerapan pencegahan kebakaran yang maksimal di perusahaan tersebut untuk dipergunakan pada perusahaannya sekarang.

Job Enrichment

Ini adalah salah satu programpelatihan karyawan untuk memberikan tugas yang levelnya diatas jobdesknya yang berkaitan dengan pekerjaan yang sedang dilaksanakan. Suatu metode agar karyawan lebih senang untuk melakukan tugas yang dikerjakan mearik dan menantang yang dapat menambahkan gari karyawan itu sendiri.

Retraining (Pelatihan Ulang)

Retraining atau pelatihan ulang yaitu pelatihan yang dilakukan kepada karyawan untuk menghadapi tantangan dalam mengikuti perkembangan digitalisasi perusahaan agar semakin berkembang, yang mana persaingan semakin maju dan melesat sehingga training yang diberikan pun harus mengikuti perkembangan ilmu yang berjalan.

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Program Pelatihan Karyawan Yang Efektif"