Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Mendapatkan Backlink Berkualitas

Backlink berkualitas baik memiliki peran penting untuk pengoptimalan SEO agar suatu Blog atau website bisa menempati posisi page one pada pencarian Google.

Supaya kalian lebih memahami pengertian backlink itu sendiri serta bagaimana agar mendapatkan backlink yang berkualitas, maka silahkan kalian simak penjelasan dibawah ini.

Apa pengertian backlink?

Backlink adalah suatu link maupun tautan yang tertuju ke situs website kalian. Backlink menjadi salah satu alternatif agar visitor artikel meningkat.

Pada penerapannya kalian dapat menaruh backlink yang tertuju ke website orang lain. Ataupun sebaliknya situs website orang lain yang memberikan atau menaruh link tersebut ke website kalian.

Tahapan untuk mendapat backlink inilah yang menjadi penentu algoritma Google agar suatu artikel maupu menempati halaman pertama pada pencarian Google.

Pengertian Backlink

Kenapa website harus memiliki backlink?

Backlink sangat berarti di mata Google untuk memberitahukan kepada mesin pencari bahwa ada suatu website rekomendasi yang dipercayai olehnya. Sehingga rekomendasi tersebut dinilai sebagai sesuatu yang menjamin kelayakan pada website kalian.

Dari sini dapat diartikan bahwa backlink menjadi penentu kepercayaan mesin pencari untuk meng index artikel yang kalian buat. Sehingga website kalian mampu untuk berkompetisi dengan situs lain agar dapat menempatkan artikel pada page one Google.

Selain dari pada itu, kalian juga harus mengetahui bahwa tidak semua backlink membawa nilai positif. Ada juga backlink yang bisa menimbulkan dampak negatif untuk website kalian.

Walaupun backlink dapat membantu optimasi SEO bagi para blogger untuk meningkatkan tingkat DA dan PA pada websitenya, namun tidak semua link yang di tautkan dapat menimbulkan perubahan secara signifikan.

Backlink berkualitas dapat membuat banyak perubahan dalam situs yang kalian miliki ketimbang link yang banyak namun hanya sedikit manfaat.

Mengapa disebut backlink berkualitas?

Disebut dengan kata Backlink berkualitas karena memiliki beberapa faktor penentu yang membuat website kalian SEO friendly, dengan ciri ciri sebagai berikut:

Trafic

Backlink berkualitas memiliki trafic yang tinggi sehingga website kalian akan ikut kecipratan visitor dari menanam backlink tersebut.

Do-follow link

Backlink dengan kategori dofollow link sangat berpengaruh terhadap SEO suatu website ketimbang noffolow. Kalian lebih mudah untuk melakukan persaingan agar artikel masuk kedalam page one mesin pencari Google dengan menyisipkan link dengan kategori do-follow tersebut.

Mengapa noffolow tidak membuat peningkatan pada suatu blog? padahal tujuannya sama yaitu menancapkan link pada suatu situs yang tertuju ke website kalian. Alasannya karena ada pernyataan didalam https:// bahwa akan mengabaikan link yang dicantumkan.

Hal ini sebenarnya masih menjadi perdebatan bagi para pakar SEO tentang fungsi dan kegunaan Backlink noffolow link itu sendiri.

Domain authority (DA)

Backlink yang tertuju pada website kalian memiliki domain authority tinggi sehingga berdampak perubahan signifikan dalam hal positif dalam mengembangkan penilaian suatu domain ke mesin pencari.

Page authority (PA)

Situs yang menancapkan backlink ke website kalian memiliki tingkat Page authority yang tinggi dan membuat mesin pencari Google berminat untuk mengindex artikel.

Berkaitan

Backlink berkualitas didapatkan dari website bertema relefan dan berkaitan dengan situs yang kalian miliki. Ini juga dapat menambah reputasi pada situ kalian agar terlihat baik dan dapat meningkatkan visitor.

Anchor text

Backlink yang ditargetkan apabila memiliki anchore text sesuai akan menambah kepercayaan mesin pencari Google. Karena sangat berpengaruh dalam persaingan query atau kata kunci yang sedang kalian targetkan.

Cara mendapatkan backlink berkualitas

Mendapat backlink berkualitas adalah suatu hal menantang pada dunia Blogger agar website yang kita miliki menjadi SEO dan dapat bersaing di pencarian Google. Namun ada beberapa langkah dan cara agar kalian mendapatkan backlink berkualitas yang dapat kalian coba, seperti:

Mendapatkan backlink di situs Mas Sugeng (Sugeng.id)

Menanam Backlink di Sugeng.id

Domain Authority (DA):37
Page Authority (PA): 74

Backlink berkualitas pertama yaitu dengan cara menanam link aktif di situs sugeng.id. Kelebihan dari website Sugeng.id adalah memiliki domain authority (DA) sebesar 37 dan page authority (PA) sebesar 74. 

Siapasih yang tidak mengenal blogger yang satu ini, yaitu mas Sugeng? Mas sugeng adalah seorang blogger terkenal sampai sekarang, ia dapat meraup uang pada website Sugeng.id dengan estimasi $66 dalam sehari. 

Jadi kebayang dong apabila kalian menanamkan backlink disini, pasti akan mendokrak artikel kita untuk masuk kedalam page one Google, serta meningkatkan SEO pada website.

1. Manfaat backlink di situs Mas Sugeng (Sugeng.id)

Backlink berkualitas dari Sugeng.id menjadi incaran bagi para blogger untuk menjadikan websitenya populer di mata mesin pencari, ada beberapa manfaat lain, antara lain:

  1. Dapat template Premium dari Mas Sugeng yang pastinya SEO Friendly dan tampilannya menarik
  2. Mengoptimasi SEO pada website anda
  3. Pengunjung maupun visitor bertambah
  4. Backlink bersifat jangka panjang dan berkualitas
  5. Blog kalian diakui oleh Google.

Bila menanam backlink pada situs mas sugeng pastinya akan menambah popularitas website  serta meningkatkan SEO dimata mesin pencari. Pada tahun 2022 ini sudah lebih dari 1300 orang yang menggunakan jasa dari Mas Sugeng, dapat dilihat dari foto dibawah.


Diatas adalah 1330 testimoni yang sudah mengirimkan link aktifnya pada website Sugeng.id. Apakah anda adalah orang selanjutnya yang akan mengoptimasi website pada situs tersebut? Berikut cara menananm backlink di Sugeng.id.

2. Cara menanam backlink di situs mas Sugeng (sugeng.id)

Cara menanamkan backlink pada situ sugeng.id yaitu dengan cara menuliskan testimoni yang telah disediakan. Silahkan mengisi Nama lengkap, email, alamat blog (untuk menempatkan link aktif) dan testimonial.

Cara Menanam Backlink di Sugeng.id

Namun gais, testimoni tersebut hanya diperuntukan bagi website yang telah membeli template Premium buatan mas Sugeng. Template yang disediakan antara lain: LinkMagz, VioMagz, EvoMagz, VioToko dan KuToko.

Untuk mendapatkan template yang SEO Freandly serta backlink berkualitas dari sugeng.id, kalian dapat memesannya disini

Berikut penjelasan dan kelebihan apabila menggunakan template tersebut pada blog kalian.

3. Kelebihan Menanam Backlink dan Memasang Template dari mas Sugeng (sugeng.id)

Ada beberapa kelebihan saat anda menanamkan baclink dan memasang template dari mas sugeng, antara lain:

  • Template Link Magz
    LinkMagz adalah template yang tampilan hingga pengaturannya hampir sama dengan wordpress dan didukung dengan kecepatan loading yang super wuz. Kelebihan memasang template ini optimasi SEO yang baik serta mendukung menuju page one google. Kalian dapat menaruh backlink dengan mengisi form testimoni yang telah disediakan oleh mas sugeng.
  • Template VioMagz
    VioMagz adalah tema blogger terbaik, pastinya kecepatan loading yang sangat cepat serta desaign yang enak untuk dipandang. Kalian dapat mengirimkan link untuk meningkatkan popularitas blog anda.
  • Template Viotoko
    VioToko adalah template toko online fast loading yang dibuat oleh mas sugeng, jualan modern yaitu menggunakan blogspot. Anda cukup bayar sekali dan dapat menikmati selamanya dari backlink sampai pembaruan atau update template yang mengikuti algoritma google.
  • Template EvoMagz
    EvoMagz adalah template responsive dan keren yang sangat ramah untuk pengguna telepon seluler. Semua support yang diberikan oleh mas Sugeng seperti pertanyaan maupun kendala diberikan secara gratis.
  • Template KuToko
    KuToko adalah template toko online yang mudah dan super cepat loadingnya sehingga memicu datangnya pelanggan maupun visitor yang mampir ke blogspot kalian, anda juga dapat menyisipkan backlink pada kolom testimoni pelanggan.

Itulah cara mendapatkan backlink yang berkualitas pada situ Sugeng.id, silahkan dipesan templatenya agar kalian dapat menyisipkan link aktif pada website tersebut.

Menyisipkan link pada situs baca

Menanam Backlink di Website Baca

Tips selanjutnya untuk mendapatkan backlink berkualitas yaitu dengan cara mengupload dokumen pada situs baca, ada beberapa website yang dapat kalian pergunakan yaitu:

  1. Academia
  2. Scribd
  3. Medium
  4. About Me
  5. Kaskus

Dari keempat situs diatas kalian dapat menyisipkan link aktif didalam dokumen yang kalian upload menuju ke websitemu. Jangan sampai menyia nyiakan kesempatan gratis ini agar google tetap melihat bahwa anda pantas untuk menempatkan di page one.

Buat Artikel di linkedin.com

Membuat backlink di Linkedin

Domain Authority
(DA):
Page Authority (PA):

Backlink pada artikel yang kalian buat di linkedin.com dapat meningkatkan kepercayaan mesin pencari google untuk melirik website agar dapat menempatkan page one google. Tidak heran mengapa banyak website yang memiliki DA PA tinggi menyisipkan link nya pada linkedin tersebut.

Sumber trafic meningkat dibuktikan pada website www.lulusandiploma.com, hampir 10% situs kami mendapatkan visitor dali linkedin karena saat menulis disana kami menyisipkan link aktif yang menuju situs kami.

Sebaiknya gunakan linkedin dalam mendapatkan sebuah backlink berkualitas agar trafic kalian dapat meningkat.

Bergabung komunitas Blogger Indonesia

Backlink di Blogger Indonesia

Solusi terakhir untuk mendapatkan backlink berkualitas yaitu dengan cara bergabung komunitas blogger Indonesia di facebook. Kalian bisa bertukar link maupun berkolaborasi dengan sesama blogger untuk menginkatkan trafic agar website lebih dipercayai oleh mesin pencari google.

Namun perlu ya gengs! kalian harus memerhatikan apakah partner memiliki DA PA yang tinggi sehingga dapat menguntungkan bukan merugikan.

Semoga tips mendapatkan backlink berkualitas bermanfaat!

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Tips Mendapatkan Backlink Berkualitas"