Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh Form Checklist Inspeksi Excavator

Formulir Checklist Inspeksi Excavator sangat diperlukan bagi para karyawan yang berjabat sebagai praktisi keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Kenapa tidak, karena pekerjaan yang dilaksanakan berhubungan langsung dengan pemeriksaan berkala atau inspeksi alat berat itu sendii. Lulusandiploma.com akan merangkum mengenai contoh checklist form checklist inspeksi excavator agar dapat dipergunakan ditempat kerja bapak ibu sekalian.

Ada beberapa bagian yang harus di inspeksi dari bagian kabin sampai dengan trek excavator. Untuk praktisi K3 yang sudah profesional mungkin tidak asing dengan pekerjaan ini dan pastinya sudah memiliki contoh checklist form inspeksi excavator yang telah tersedia di Perusahaan.

Untuk rekan yang masih kebingungan mengenai checklist inspeksi excavator, berikut akan kami paparkan terlebih dahulu bagian mana harus diperiksa oleh HSE Officer atau praktisi keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Bagian Excavator Yang Harus di Inspeksi

Inspeksi Excavator

Ada beberapa item pada saat melakukan inspeksi excavator, Lulusandiploma.com tetap berkomitmen dalam menyediakan artikel yang berkenaan dengan Sistem Manajemen K3 agar apapun yang disampaikan dapat bermanfaat bagi pembaca. Jadi silahkan kita simak bagian apa saja yang harus di inspeksi pada excavator.

Mesin

Inspektor harus memeriksa bagian mesin apakah masih bagus atau tidak seperti oli, air, tali kipas, aki, wirring, bahan bahar, serta elemen lainnya yang mungkin menjadi persyaratan disuatu perusahaan untuk dilakukan pemeriksaan berkala.

Instrumen Operasional

Dalam formulir checklist inspeksi juga memeriksa bagian instrumen operasional, usahakan periksalah pada bagian oli, temperatur, handle, kunci swing dan bagian lainnya yang mungkin harus diperiksa.

Silinder Swing

HSE Officer atau Inspektor yang melakukan pemeriksaan harus memastikan tidak ada kemacetan pada silinder swing, dan pastikan pelumas didalamnya itu baik dan tidak ada kebocoran.

Trek dan Rem

Tidak kalah ketinggalan saat melakukan inspeksi alat berat bagian trek dan juga rem juga harus diperhatikan, apakah gerak dari trek masih berfungsi normal serta tidak ada kerusakan serta pengereman masih berjalan sempurna.

Kabin Operator

Silahkan periksa apakah ada retak, penyok ataupun kerusakan pada bagian kabin, selain dari pada itu periksa juga bagian kaca apakah masih jelas untuk pandangan mata operator.

Kemudi Trek

Pada bagian ini periksa apakah kemudi trek tersebut masih baik dan layak saat dipergunakan, instruksikan operator untuk mencoba dihadapan kita agar mengetahui bahwa kemudi trek masih berfungsi dengan baik.

Handel Bucket

Pastikan handel bucket masih baik saat dipergunakan, lakukan pemeriksaan bersama operator agar lebih jelas dan terperinci.

Mekanis Bucket

Pada bagian ini silahkan diinspeksi teleskop bucket apakah ada kebocoran ataukan tidak sehingga anda dapat mengetahui kondisi tersebut.

Bucket

Seringkali HSE mengabaikan pada bagian bucket ini, periksalah apakah kuku bucket masih komplit dan tidak ada lubang agar pekerjaan bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Lampu

Terakhir yang harus diperiksa yaitu bagian lampu pada excavator, pastikan lampu penerangan, lampu mundur, rotary dan lampu lainnya yang berkaitan masih berfungsi dengan baik.

Formulir Checklist Inspeksi Excavator

bagian excavator

Berikut kami lampirkan contoh formulir checklist inspeksi excavator, namun formulir tersebut bukan menjadi patokan dalam pemeriksaan yang akan dilakukan. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan rekan sekalian dilapangan. Karena tidak memungkinkan form checklist tersebut masih ada beberapa kekurangan.

formulir-checklist-inspeksi-excavator

Itulah contoh form checklist inspeksi excavator yang dapat Lulusandiploma.com berikan, semoga apapun yang telah disampaikan dapat menjadi pelajaran bagi rekan sekalian khususnya praktisi keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Referensi : BelajarK3.Com

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Contoh Form Checklist Inspeksi Excavator"