Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pertanyaan Jebakan ini Saat Interview

Pertanyaan jebakan saat Interview kerja adalah salah satu persyaratan jobseker dalam menghadapi salah satu tahapan syarat diterimanya bekerja pada setiap perusahaan. Siapa sangka dalam menghadapi Interview ada juga Pertanyaan Jebakan yang di ajukan oleh rekruiter. 

Apa sajakan Pertanyaan Jebakan Saat Interview Kerja tersebut? Sebelum kita masuk kedalam pembahasan judul silahkan disimak mengenai beberapa Pertanyaan Interview dan Jawabannya.

Pertanyaan jebakan akan menjadi perhatian karena kalian akan berhadapan langsung dengan pihak HR atau Rekruiter yang akan melakukan wawancara kerja kepada anda. Mungkin saja pertanyaan interview yang diajukan bersifat jebakan dan apabila salah menjawab akan menentukan diterima atau tidaknya kamu untuk bekerja pada Perusahaan tersebut.

Apakah sahabat Lulusandiploma sudah menyadari akan ada beberapa pertanyaan jebakan yang akan ditanyakan oleh seorang Rekruiter atau HR? apabila belum alangkah baiknya pelajari terlebih dahulu apapun yang akan ditanyakan agar interview kerja yang kita lakukan berjalan dengan lancar.

Lulusandiploma tetap berkomitmen dalam menyajikan artikel terkait pengalaman kerja yang kami miliki. Berikut kami sajikan beberapa pertanyaan jebakan hrd untuk dijadikan pengalaman bagi kalian freshgraduate ataupun jobseker seluruh Indonesia.

Berikut adalah Pertanyaan Jebakan Saat Interview Kerja

pertanyaan-interview-kerja

Pertanyaan jebakan saat interview kerja yang sering diangkat dalam suatu wawancara yang diselenggarakan oleh perusahaan disebabkan karena beberapa faktor yaitu rekruiter ingin melihat seberapa serius anda untuk bekerja. 

Apakah anda bisa menyelesaikan suatu tugas yang diberikan dan seberapa besar tanggung jawab yang anda miliki. Berikut adalah pertanyaan jebakan saat interview kerja yang telah Lulusandiploma rangkum.

1. Berapa Gaji Yang Anda Harapkan

Kebanyakan freshgraduate pastinya kebingunan cara menjawab pertanyaan jebakan saat interview tersebut karena belum memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup. Beruntunglah anda apabila saat ini sedang belajar untuk mempersiapkan jawaban interview kerja yang akan sobat lakukan.

Jawaban Interview

Saya pribadi berharap dapat diberikan gaji Rp. 8.000.000, namun semua tergantung dengan besarnya perusahaan memberikan gaji kepada saya. Siapa tau masih bisa di rundingkan.

Jebakan interview kerja ini biasanya membuat panik, namun solusi yang paling baik yaitu menjawab dengan lugas ya kawan.

2. Apa Yang Dapat Anda Berikan Kepada Perusahaan Apabila Diterima Bekerja

Pertanyaan jebakan interview kerja ini paling sering ditanyakan karena Recruiter ingin mengetahui lebih dalam mengenai diri Anda dan seberpa besar impian yang Anda miliki dalam menggapai sebuah kesuksesan dalam bekerja. 

Alangkah baiknya pelajari terlebih dahulu pertanyaan jebakan tersebut yang sering ditanyakan saat wawancara kerja agar perusahaan mau melirik skillmu dalam berkomunikasi.

Jawaban Interview

Saya akan memberikan konstribusi kepada Perusahaan dengan tenaga dan ide-ide yang saya miliki kepada perusahaan serta saya akan berusaha meunjukan kinerja saya dibuktikan dengan mendapatkan penghargaan di bidang keselamatan dan kesehatan kerja dari Kementrian Republik Indonesia.

Mungkin pertanyaan jebakan bisa membingungkan orang lain, katakan pada diri sendiri bahwa kalian bisa menjawab semuanya.

3. Ceritakan Apa Impian Anda 5 Tahun Kedepan

Cara menjawab pertanyaan jebakan saat interview kerja ini anda bisa jelaskan apa impian yang kamu miliki dalam 5 tahun kedepan, alangkah baiknya jawablah pertanyaan tersebut dengan impian anda apabila bergabung dalam Perusahaan tersebut, agar Recruiter lebih yakin bahwa anda benar bersungguh sungguh untuk bergabung bekerja pada posisi yang kamu lamar.

Jawaban Interview

Apabila diterima pada perusahaan ini impian saya yaitu bisa menjadi Manager QHSE agar segala ide dan masukan yang saya miliki bisa mudah diterima oleh Perusahaan. 

Saya juga berharap 5 tahun kedepan karir yang saya dapatkan pada Perusahaan ini bisa berkembang dengan pesat karena kinerja yang saya miliki.

Buktikan bahwa pertanyaan jebakan tidak akan membuat kamu goyang, bersyukur bahwa kamu telah mempelajari terlebih dahulu sebelum interview.

4. Mengapa Berhenti Dari Pekerjaan Sebelumnya

Jebakan interview kerja ini bisa dengan memberikan alasan yang tidak menjelekkan Perusahaan lama agar tidak menjadi anggapan bahwa kamu suka memberikan kesan negatif kepada hal yang tidak sesuai dengan diri anda. Cobalah jelaskan dari sisi positif dari pengalaman yang kamu dapatkan dari pekerjaan sebelumnya.

Jawaban Interview

Kamu bisa menjawab pertanyaan jebakan hrd dengan kata seperti ini. Sebenarnya kemarin saya sudah komunikasi dengan atasan sebelumnya bahwa berharap ditempatkan pada daerah dekat rumah. Namun ternyata tetap dipaksa dan saya tidak siap akan hal tersebut.

5. Apakah Anda Juga Melamar Pekerjaan di Perusahaan Lain

Pertanyaan jebakan berikutnya adalah sesuatu yang bikin dilema, namun santai apabila kalian juga melamar pekerjaan pada perusahaan lain jawab saja sejujurnya namun berikan alasan yang logis mengapa Anda melakukan hal tersebut. Jangan sekali-kali berbicara tidak sesuai dengan fakta karena Recruiter akan mengetahui kejujuran yang kamu berikan saat interview kerja

Jawaban Interview

Bisa saja kamu bingung dengan pertanyaan jebakan berikut, namun jawablah dengan "Saya juga melamar pekerjaan di Perusahaan lain untuk persiapan apabila tidak diterima pada Perusahaan ini. 

Namun harapan besar saya ada pada perusahaan ini karena ini adalah bukti harapan dan impian yang saya miliki dari SMA untuk diterima bekerja sebagai QHSE Officer diperusahaan ternama (perusahaan ini) dimana karir tersebut menjanjikan untuk diri saya.

6. Jelaskan Kelebihan Anda

Pertanyaan jebakan ini biasanya bikin panik kalo anda tidak pelajari jawabannya. Ceritakan mengenai beberapa pengalaman dari kehidupan kamu yang dimiliki agar saat wawancara kerja Perusahaan mengetahui apa saja kelebihan yang kamu miliki untuk menentukan apakah kelebihan kamu ini cocok dengan posisi yang sedang dicari atau tidak.

Jawaban Interview

Silahkan kamu menjawab pertanyaan jebakan hrd dengan "Saya memiliki kelebihan sebagai orang yang pekerja keras, tekun, ramah, mudah bergaul dan agamis.

7. Jelaskan Kekurangan Anda

Jangan sampai peranyaan jebakan interview ini kalian salah menjawab, biasanya kamu polos banget saat menjawabnya sampai semua kekurangan disebut. Jangan sesekali kaya gitu ya gais! Cukup yang mungkin tidak menjatuhkanmu saja.

Cukup ceritakan perihal kekurangan yang anda miliki sewajarnya saja beserta cara apa yang dilakukan agar kekurangan tersebut tidak mengganggu pekerjaan yang kamu kerjakan.

Jawaban Interview

Jawab saja pertanyaan jebakan dengan simple "Saya oang yang agak pelupa,

8. Bagaimana Dalam Menghadapi Kekurangan

Nah seperti yang sudah Lulusandiploma.com sampaikan diatas bahwasanya jangan memberikan pernyataan hal negatif dalam interview kerja yang kalian miliki secara berlebihan. Karena itu bisa saja memicu pertanyaan jebakan hrd.

Apabila berlebihan arena ditanyakan bagaimana solusi yang kamu lakukan agar kekurangan tersebut tiadk menjadi problem dalam pekerjaan.

Jawaban Interview

Kalo hrd sudah terlanjur membuat pertanyaan jebakan kaya gini, silahkan jawab 'Saya membuat catatan kecil yang selalu dibawa agar pekerjaan yang akan dikerjakan bisa secepatnya selesai serta saya selalu membuat peringatan di handphone untuk agenda penting. 

9. Kayanya Bukan Selera Anda Bekerja disini

Jangan kegeeran apabila Recruiter membanggakan cv yang kalian miliki karena itu adalah suatu bentuk pertanyaan jebakan dan mengetahui diri Anda lebih jauh lagi. Perusahaan ingin lebih dalam mengungkapkan ego anda apabila kamu besar kepala saat dipuji. 

Jangan kegeeran ya, ini adalah salah satu pertanyaan jebakan. Tentu saja semua orang senang untuk dipuji, namun dibalik itu semua jawaban yang kalian berikan dapat menilai mengenai diri Anda.

Jawaban Interview

Jika pertanyaan jebakan ini keluar coba jawab dengan tenang "Justru saya adalah orang penuh harap untuk bekerja pada Perusahaan ini, dimana jenjang karir, kesehatan dan keselamatan yang terjamin.

Serta Perusahaan ini adalah idaman banyak orang. Suatu kebanggan yang saya dapatkan apabila diberikan kesempatan untuk bergabung.

10. Apa Pendapat Anda Tentang Bos di Perusahaan Sebelumnya

Dari pertanyaan interview ini pewawancara ingin mengungkap apakah kamu memiliki masalah dengan atasan atau tidak pada perusahaan sebelumnya. Jika jawaban yang kalian berikan mengungkapkan kejelekan atasan pada perusahaan yang lalu maka anda telah terperangkap dalam pertanyaan ini.

Jawaban Interview

Saya memiliki atasan di Perusahaan sebelumnya yang selalu menomor satukan aspek komunikasi dan koordinasi.

Karena ia beranggapan dalam suatu pekerjaan kunci keberhasilannya adalah sebuah komunikasi yang bagus dan koordinasi yang sempurna.

12. Apa Arti Sukses Menurut Anda

Pertanyaan jebakan ini mengutarakan mengenai sejauh mana planning anda tentang sebuah kesuksesan pada pekerjaan. Jangan sesekali menjawab anda ingin sukses bekerja apabila diterima pada perusahaan besar yang dapat menyakitkan Recruiter.

Karena anda sedang melamar pekerjaan di Perusahaan tersebut maka jawablah yang berkaitan dengan kesuksesan kalian pada perusahaan itu.

Jawaban Interview

Kamu harus menjawab pertanyaan jebakan dengan bijak seperti "Sukses adalah dimana orang disekeliling saya bisa ternsenyum untuk saya karena menikmati hasil jerih payah yang saya lakukan.

13. Berapa Lama Anda Untuk Memberikan Kontribusi Pada Perusahaan Ini

Nah salah satu pertanyaan jebakan ini bisa membuat kamu terdiam. Karena ingin menunjukan kesanggupan dalam bekerja, Saat interview kadang seorang pelamar menjawab dengan kiasan yang tidak masuk akal misalnya minggu ini atau saat pertama masuk kerja. Jawablah pertanyaan tersebut dengan rencana kalian yang bisa dibuktikan dengan data.

Jawaban Interview

Saya rasa satu bulan saya akan memenuhi key performance indicator (KPI) atau target yang telah diberikan Perusahaan untuk saya capai.

14. Berapa Lama Anda Bekerja Pada Perusahaan Ini

Mungkin seingkali kita saat interview kerja terlalu berharap bergabung dan berambisi diterima, namun hal tersebut bisa saja menjadi bumerang buat Anda saat menjawab pertanyaan jebakan yang seperti ini. Pertanyaan jebakan ini cukup sulit dan menjebak. 

Tentu saja Manajer atau Rekruiter ingin mengetahui seberapa besar keinginan anda untuk bergabung pada perusahaan tersebut.

Jawaban Interview

Saya berharap diperusahaan ini bisa mengangkat pekerja menjadi karyawan tetap karena harapan yang saya miliki ingin menikmati karir pada Perusahaan ini sampai dengan masa pensiun. Jangan sampai salah menjawab pertanyaan jebakan ya!

Kesimpulan

Berhati-hatilah dalam menjawab setiap pertanyaan jebakan yang ditanyakan oleh Pewawancara saat melakukan interview kerja. Bisa saja hal tersebut menjadi Pertanyaan Jebakan Saat Interview maka hal yang harus kalian lakukan yaitu sebagai berikut:

  1. Belajar cara menjawab pertanyaan jebakan Interview kerja
  2. Latihan berbicara menjawab pertanyaan jebakan wawancara masuk kerja.
  3. Berdoa.
  4. Minta restu orang tua sebelum berangkat interview.
  5. Jangan putus asa apabila ditolak kerja.
  6. Rajinlah mencari informasi mengenai lowongan kerja.
  7. Jangan pilih-pilih dalam mencari suatu pekerjaan.
  8. Lakukan terlebih dahulu dengan maksimal baru mendapatkan hasil.

Mungkin itulah yang bisa Lulusandiploma rangkum mengenai Pertanyaan Jebakan Saat Interview Kerja Beserta Jawabannya. Semoga dapat dijadikan pelajaran dan motivasi bagi kita para pencari kerja, tetap semangat dan jangan berputus asa untuk menggapai sebuah mimpi.

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Pertanyaan Jebakan ini Saat Interview"