Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh CV Tulis Tangan dan Cara Membuatnya

Contoh cv tulis tangan sering dicari oleh para pencari kerja dan rekan Lulusan diploma. Bagaimana tidak, mereka yang baru lulus ingin mengerti juga seperti apa cara membuat contoh CV tulis tangan. Harapannya buatan mereka bisa dipuji oleh yang melihat, tujuan lain yaitu agar diterima bekerja.

Contoh cv tulis tangan juga bisa dibilang dapat dikerjakan dengan mudah. Kamu hanya menyiapkan kertas folio yang beli di warung. Terutama untuk lulusan SMK pastikan memahami dokumen ini sebelum kamu dinyatakan lulus atau fresh graduate.

Sebenarnya Contoh Daftar Riwayat Hidup hanya salah satu cara saja, masih banyak cara lain yang bisa kamu lakukan. Contohnya dengan menggunakan word, media pembuat cv tulis tatngan, online maupun alternatif lain yang dapat membantu memaparkan tentang diri kamu.

Definisi, Tujuan dan Cara Membuat CV

Contoh CV Tulis Tangan
Contoh cv tulis tangan by Sandi Okta Prayoga

Nah ada beberapa pertanyaan tentang definisi, tujuan dan cara membuat contoh cv tulis tangan. Terutama yang berkaitan dengan dokumen tersebut. Misal kita ambil contohnya pertanyaannya seperti; bolehkah cv ditulis tangan, apakah cv ditulis tangan atau diketik, daftar riwayat hidup ditulis tangan atau diketik dan lain sebagainya.

Nah maka dari itu Lulusan diploma merangkum definisi, tujuan dan contoh cv tulis tangan agar kalian yang masih tidak mengetahui bisa mengerti. Karena tujuan dari dokumen yang anda buat tersebut adalah sangat penting untuk masa depan.

Jadi mari kita simak baik baik penjelasan yang akan www.lulusandiploma.com paparkan tentang cv tulis tangan supaya ada gambaran yang jelas. Berikut adalah definisi, tujuan dan cara membuat cv yang baik dan benar.

Pengertian CV

Yang dimaksud dengan daftar riwayat hidup adalah sebagai alternatif orang lain, perusahaan maupun institusi mengetahui biodata dari seorang yang tercantum pada contoh cv tulis tangan. Nah berarti umumnya pengertian cv adalah sesuatu berbentuk dokumen yang menjelaskan pribadi dan pengalaman seseorang.

Apabila kita bahas mengenai cv tulis tangan lowongan kerja, pendaftaran maupun sesuatu hal yang melibatkan seseorang. Pastinya semua itu akan mensyaratkan orang yang melamar maupun mendaftar atau yang lainnya untuk mengisi formulir yang isinya adalah data diri. Itulah yang dimaksud dari contoh cv tulis tangan yang kita bahas ini.

Nah kepanjangan cv yaitu curriculum vitae yang mana arti dari daftar riwayat hidup dan cv adalah sama dan tidak ada perbedaan. Ada perbedaan sedikit antara cv dan riwayat hidup. Bedanya kalau cv berbentuk bahasa inggris dan daftar riwayat hidup dengan penjelasan bahasa Indonesia.

Tujuan CV

Tujuan riwayat hidup dibuat adalah untuk mengenalkan siapa sebenarnya diri anda. Dokumen ini dapat mempermudah orang untuk menggambarkan tentang semua yang telah kamu lakukan terutama berkaitan dengan pengalaman karir yang anda pernah jalani.

Jadi, tujuan cv tulis tangan bisa dibilang sangat penting untuk Perusahaan mengenal siapa kamu. Selain dari pada itu dari cv tersbut jugalah kalian bisa mempromosikan diri anda kepada orang lain. Cv tulis tangan sangat menentukan bagaimana nasib kedepannya untuk karir yang akan kalian hadapi.

Secara garis besar bisa kita simpulkan bahwa curriculum vitae atau daftar riwayat hidup tulis tangan adalah suatu dokumen yang membantu anda agar saat dinyatakan benar benar lulus SMK, sudah siap memperkenalkan diri kepada Perusahaan atau orang lain untuk mendapatkan pekerjaan.

Cara membuat cv tulis tangan

Siapa sangka ternyata ada beberapa teman belum mengerti cara buat riwayat hidup tulis tangan. Mungkin sebagian kamu sudah memahami. Namun saat ini izinkan Lulusan diploma menjelaskan terlebih dahulu untuk rekan kita yang belum faham.

Semenjak banyak pabrik berdiri, setiap pagi saya melihat orang membawa cv tulis tangan yang sedang mencari kerja mengenakan baju putih dan seperti biasa celana yang hitam mengelilingi wilayang industri. Tujuannya satu adalah untuk mencari perusahaan yang membuka lowongan kerja.

Kita berdoa sama sama, semoga orang yang sedang berjuang mendapatkan pekerjaan diberikan kemudahan dalam menjalani perjuangannya. Serta setiap tulis tangan daftar riwayat hidup yang mereka tuliskan, perkatanya dijadikan keberkahan.

Oke langsung saja kita balik keakar masalah yaitu cara membuat cv tulis tangan yang baik dan benar menurut Lulusan diploma.

1. Siapkan kertas folio kosong

Langkah pertama apabila kamu mau membuat cv tulis tangan, yaitu siapkanlah kertas folio kosong. Jangan kertas A4 ya karena nantinya kamu akan kesusahan untuk mengisi daftar tentang diri kamu. Tidak akan sulit untuk mencari kertas folio kosong. Biasanya di warung maupun fotocopy banyak tersedia dengan harga yang terjangkau.

Apabila kamu menetapkan untuk membuat cv tulis tangan, alangkah baiknya beli kertas folio dengan jumlah yang banyak. Karena tidak mungkin kamu hanya melamar pada satu Perusahaan. Usahakan setiap ada lowongan kerja dan kriterianya cocok, saran Lulusan diploma lamar saja.

2. Siapkan alat tulis

Nah apabila kamu sudah menyiapkan kertas folio, langkah selanjutnya yaitu dengan menyiapkan segala alat tulis yang dibutuhkan. Usahakan saat menulis menggunakan pena/pulpen yang terang dan berwarna hitam. Agar tidak ada kemungkinan tidak sopan saat melamar pekerjaan.

3. Siapkan data diri yang akan diisi pada cv

Kamu harus mengetahui data diri apa saja yang harus diisi, curriculum vitae yang kamu buat harus didesign dengan sempurna dan serius. Tujuannya agar Perusahaan tidak berpaling saat melihat cv tulis tangan kamu. Biasanya point penting yang harus kalian isi antara lain:

  • Data diri
  • Riwayat pendidikan
  • Pengalaman kerja
  • Keahlian
  • Penghargaan
  • Sertifikat kompetensi
  • Pelatihan/Seminar
  • Organisasi

4. Promosikan dirimu di cv dengan menarik

Mengapa lulusan diploma menyarankan agar kamu membuat cv menarik? Tujuannya karena agar seorang yang melihat daftar riwayat hidup kamu bisa tertarik dan melihat ada perbedaan dari cv yang orang lain buat.

Karena ketertarikan pada cv tulis tangan akan menambahkan nilai jual dimata pencari karyawan. Usahakan juga kamu mempromosikan bahwa dirimu adalah orang yang berbeda dengan kemampuan yang baik. Dari situlah satu point penlaian yang akan kalian dapatkan.

5. Jelaskan riwayat pendidikan

Saat saya melihat cv tulis tangan dan masuk ke kategori riwayat pendidikan, masih banyak saya melihat kesalahan. Biasanya mereka mencantumkan dari TK dan terakhir SMA. Padahal pihak perusahaan mengingin sesuatu yang dimulai dari akhir. Tujuannya adalah agar mempermudah mereka.

  • Cantumkan dimulai dari kulah (bila berkuliah)
  • Dilanjut pendidikan SMA
  • SMP
  • SD
  • dan terakhir baru Taman Kanak.

Namun apabila dianggap riwayat pendidikan SMP dan SD bahkan TK dianggap tidak penting. Kalian bisa saja hanya mencantumkan nama universitas dan SMK. Bahkan kalianpun dapat hanya mengisi pendidikan yang paling terakhir.

6. Masukan pengalaman kerja

Seperti yang Lulusan diploma jelaskan sebelumnya, apapun yang kalian cantumkan dalam cv tulis tangan atau curriculum vitae usahakan dimulai dari karir terakhir. Ada beberapa keterangan yang dapat kamu cantumkan dalam kategori pengalaman kerja, seperti:

  • Dari kapan dan sampai kapan kamu bekerja
  • Diperusahaan mana kamu bekerja
  • Jabatan apa yang kamu emban
  • Bila diperlukan kamu juga dapat menjelaskan jobdesk

7. Jika kamu fresh graduate, paparkan pengalaman magangmu

Nah point ketujuh biasanya menjadi solusi untuk fresh graduate dalam membuat cv. Fresh graduate sering mengalami kesulitan saat mengisi cv dikarenakan isinya sangatlah sedikit. Mereka takut apabila tidak terlihat profesional dipandang perusahaan.

Solusi ini bisa memecahkan jalan keluar agar daftar riwayat hidup terlihat bagus dan menarik. Kamu dapat mencantumkan point point sebagai berikut:

  • Kama perusahaan tempat kalian magang
  • Judul proposal
  • Kapan waktu pelaksanaan saat kamu melakukan magang.

8. Ingat! Urutkan pengalamanmu dari yang terakhir

Untuk keterangan ini Lulusan diploma jadikan judul kecil karena untuk mengingatkan teman semua betapa pentingnya penjelasan tersebut. Karena saya sampai saat ini masih banyak melihat rekan mengisi point point yang mungkin tidak pas untuk dilihat.

Coba bayangkan jika kamu adalah orang yang telah 10 tahun bekerja. Saat menulis cv kamu memaparkan keterangan dimulai dari 10 tahun yang lalu. Padahal apabila kamu menulis dari yang terbaru pastinya Perusahaan akan merasa puas akan apa yang kamu cantumkan.

9. Buatlah kalimat penutup pada daftar riwayat hidup

Terakhir dalam cara membuat cv yang baik dan benar yaitu dengan membuat kalimat penutup. Kalimat tersebut bisa saja menjelaskan tentang harapan yang kamu targetkan, contohnya sebagai berikut:

  • Demikian cv yang saya buat, semoga dapat diterima dengan baik.
  • Semoga saya dapat bergabung dengan Perusahaan yang bapak kelola
  • Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan penuh kejujuran
  • Demikian data pribadi saya, semoga dapat bergabung pada perusahaan Bapak/Ibu.

Contoh cv tulis tangan

Untuk selanjutnya langsung saja kita melihat contoh surat cv tulis tangan yang akan Lulusan diploma paparkan lengkap, dari ketikan sampai contoh kertas folio. Surat cv tulis tangan bisa kamu copy paste dan dirangkum pada lembar tugas kamu.

Contoh cv tulis tangan 1

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya adalah pribadi disiplin, pekerja keras dan siap menjadi pekerja yang berkualitas.

DATA PRIBADI

Nama : Jamal

Tempat, taggal lahir : Bojonegoro, 13 Mei 1985

Jenis kelamin : Laki-laki

Agama : Islam

Status : Menikah

Tinggi badan : 163 cm

Berat badan : 52 kg

Alamat : Desa Sumengko RT 10 RW 02 Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro

No telepon : 0858 5440 7211

Email : jamal.lutfi@yahoo.co.id

DATA PENDIDIKAN

  • MA : MA Islahiyah Kalitidu
  • Mts : Mts Nurul Hidayah
  • SD : SDN Sumengko 2

PENGALAMAN KERJA

Operator scaffolding 2013-2016 PT Tri Patra

PELATIHAN

  • Instalasi listrik tahun 2009 di Cepu
  • Administrasi tahun 2013 di Cepu
  • Akutansi tahun 2014 di Akualita

Hormat saya,

JAMAL

Contoh cv tulis tangan dikertas folio 1

Contoh CV Tulis Tangan 1
contoh cv tulis tangan portofolio by Jamal

Contoh cv tulis tangan #2

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

BIODATA

Nama : Jami'in

Tempat tanggal lahir : Tuban 05 Oktober 1985

Suku : Jawa

Jenis kelamin : Laki laki

Status : Menikah

Agama : Islam

Alamat : Desa Gayam Bojonegoro

Handphone : 0852 7439 1338

Email : jamiinscf33@gmail.com

PENGALAMAN KERJA

  • PT Tripatra menjabat menjadi Administrasi 2014 - 2016
  • PT Dwitama Putera Pratama menjabat sebagai Admin 2013 - 2014

SERTIFIKAT

  • Administrasi officer PT Tripatra tahun 2016
  • Sekertaris Muda tahun 2016
  • Administrasi Manager 2015

PENDIDIKAN TERAKHIR

SMK PGRI 1 Bojonegoro Jurusan Mesin 2003

Salam.

Jami'in

Contoh cv tulis tangan dikertas folio 2 

Contoh cv tulis tangan 2
daftar riwayat hidup portofolio by Jamin

Contoh cv tulis tangan #3

CURRICULUM VITAE

DATA DIRI

Nama : Salim Arif Wibowo

Tempat lahir : Bojonegoro

Tanggal lahir : 25 September 1983

Jenis kelamin : Laki laki

Alamat : Desa Brobowan RT 01 RW 01 Gayam

No Hp : 0822 9801 9325

Email : arif.salim83@gmail.com

Agama : Islam

Status : menikah

PENDIDIKAN

  • SMA Gayam 2010
  • SMP Negeri 1 Puwosari 1999
  • SD Negeri Brabowan 1996

PENGALAMAN KERJA

Magang PT HK Dengan Judul Administrasi Publik 2016

SERTIFIKAT

  • Keuangan kantor proyek 2012
  • Administrasi Keuangan 2013

Hormat saya,

SALIM ARIF WIBOWO

Contoh cv dikertas folio 3

Contoh cv tulis tangan 3
cv tulis tangan by Salim

Contoh cv tulis tangan #4

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

LAMURI

Saya berkomitmen dan memiliki keinginan untuk terus berkembang menjadi kekuatan yang dapat saya dedikasikan untuk pekerjaan dan perusahaan.

Alamat : Desa wotanngare RT 007 RW 002 Kecamatan Kalitidu

Kota : Bojonegoro

Kode Pos : 62512

Email : airadwi41@gmail.com

Telepon : 0852 5893 9939

DATA DIRI

Lahir : Bojonegoro, 21 Maret 1989

Status : Menikah

Agama : Islam

Berat : 56 kg

Tinggi : 167 cm

PENDIDIKAN

SMA Gayam Islam, Bojonegoro

PELATIHAN

Administrasi di cepu nomor 5571 tahun 2017

Pelatihan keuangan bisnis

PENGALAMAN

PT Kaliraya Sari sebagai Staff Administrasi

PT Tripatra sebagai Engineering

Salam,

LAMURI

Contoh cv dikertas folio 4

Contoh cv tulis tangan 4
daftar riwayat hidup by Lamuri
 

Contoh cv tulis tangan bahasa Inggris #5

CURRICULUM VITAE

Name : Moh Anggi Gunawan

Adress : Desa Sindangkasih, Beber, Cirebon

Date of birth : August 2nd 1993

Contact Person : +62 857 9710 312

Nationality : Indonesia

ACTIVITY AND INTEREST

  • Pertamina RU VI, Fire Protection 2012
  • PT Indocement Tunggal Prakarsa, Industry Process 2013
  • Pertamina EP Mundu Field Jatibarang, MSDS 2013
EDUCATIONAL BACKROUND

  • Diploma Degree, December 2016, Balongan Oil and Gas Academy. in Fire and Safety Program
  • Senior High School, December 2012, Social Study Program

WORK EXPERIENCE

  • PT Japfa Comfeed Tbk, August 2015 Project Volunteer HSE Officer,  Cirebon with subject Inspection K3.
  • PT Pumpindo Ekarnas Pratama, February 2016 with subject Industrial Housekeeping

TRAINING & SEMINAR

  • Kemnaker RI Certificated AK3U
  • Certificated ISO 9001 :2015
  • Certificated ISO 14001 : 2015
  • Certificated OHSAS18001 : 2007
  • Certificated SMK3

SKILLS

  • Speaking Indonesia
  • Speaking English
  • Computer
  • Photoshop
  • MS Office
  • Corel Draw
  • Availabel on request

Sincerely,

MOH ANGGI GUNAWAN

Contoh cv tulis tangan bahasa Inggris 5

Contoh cv tulis tangan 1
Contoh cv tulis tangan by Anggi
 

Contoh cv bahasa Inggris tulis tangan #6

CV ANGGA RICARDO

PERSONAL DATA

Birthplace : Jakarta/ 19-03-1982

Age : 36 years old

Nationality : Indonesia

Religion : Islam

Gender : Male

Marital Status : Marriage

Adress : Erfina regency footbal cluster, number 11, Gor pemda Cibinong

Phone number: +62 812 9912 1082

Email : angga.sua@gmail.com

Last Education : Senior High School Wijaya Kusumah, Cibinong

COURSE, CERTIFICATE AND TRAINING

  • 2019 P2K3 Training at PT Sarana Utama Adi Mandiri
  • 2010 Scaffolder training
  • 2012 Scaffolding accesor training at PT Alkon
  • 2016 Basic EHS Officer training
  • 2016 OSH Norm of Supervision Training for Construction

WORK EXPERIENCE

  • March 29th 2017 untul know working at PT Harjaguna Kurniamitra Project Syngenta Chief Mr Pandu (HSE Officer).
  • November 2015 until April 2016 working at PT Purindo chief Mr Mangasa (Safety Officer).
  • Sept 2015 until Nov 2015 working at PT XABB chief Mr Thomas (Safety Officer).
  • March 2014 until August 2015 working at PT Sinoma Engineering (Inspector scaffolding).
  • Des 2013 until Feb 2014 working at PT Wijaya Karya (Inspector Scaffolding).
  • January 2013 until November 2013 working at PT Tekniko Indonesia (Safety Officer).
  • February 2012 untik May 2012 working at PT RAH Cakra (Safety Officer).
  • February 2009 until January 2012 working at PT Sarana Utama (Safety Officer).
  • January 2005 until November 2008 working at PT Karya Bahana (Foreman).
  • September 2003 until September 2004 working at PT Kayu Permata (Press Machine Operator).
  • April 2003 until October 2003 working at PT Epson (Quality Control).
  • August 2002 until February 2003 working at PT Mastushita (Tube Docking Operator).
  • May 2002 until August 2002 working at PT Hitachi (Welder).
  • March 2001 until March 2002 working at PT Hero (Oven Operator).

I Declared that details curriculum vitae stated above are true

Sincerely,

ANGGA RICARDO

cv tulis tangan bahasa Inggris 6

Cv tulis tangan bahasa inggris 2
Cv bahasa Inggris by Ricardo

CV tulis tangan bahasa Inggris #7

CURRICULUM VITAE

PERSONAL DATE

Place and date of birth : Sumenep, 10 January 1983

Adress : Jl Sumber Rejo 1 Perum Mawija Blok A6

Telephone : 0821 5322 9306

Email : mahfud.moh730@gmail.com

Status : Married

Gender : Laki laki

National : Indonesia

Education : Diploma 3 Majoring Management

Skill Set : Ms office, autocad, coreldraw

Language : Indonesia and English

SEMINAR COUSE AND TRAINING

  • Inspector scaffolding
  • Advance scaffolding
  • Scaffolder
  • Basic rigging
  • HSE Awarenes
  • Working at height
  • Basic offshore
  • ISO 14000 : 2005
  • OHSAS 18000 : 2007
  • Petugas K3
  • AK3
  • Ergonomi
  • Firs aid
  • B3
  • ISO 9001 : 2008
  • Awarness SMK3

WORK EXPERIENCE

  • (July 2016 - February 2017) Inspector Scaffolding PT Sumre1con 
  • (March 2015 - May 2016) Supervisor Scaffolding PT Dwi Mustika Bumi
  • (October 2012 - February 2015) Spv Scaffolding PT Raga Perkasa Ekaguna
  • (February 2012 - September 2012) Supervisor PT Prima Selaras Perkasa
  • (January 2010 - May 2011) Inspector CV Indoscaf Pratama

Jakarta, 19-8-2022

Mahfud

Contoh cv bahasa Inggris tulis tangan 7 

Contoh cv tulis tangan 3
contoh cv bahasa Inggris tulis tangan by Mahfud

CV bahasa Inggris tulis tangan #8

CURRICULUM VITAE

SUWAJI

Ds Ringintunggal Bojonegoro

08533 5241 2973

PERSONAL IDENTITY

Pleace, Date of birth : Bojonegoro, February 05th, 1984

Gender : Male

Matrial status : Married

Religion : Moslem

Citizen : Indonesian

Adress : Ds Ringintuggal Bojonegoro

Phone : 08533 5241 2973

Email : suwajikempt@gmail.com

EDUCATION

  • Paket C PP MS Roudlotul Muta alimin
  • Pusdiklat Migas Cepu

OBJECTIVE

My career objective is to obtai a position that would allow utillizing and implementing knowledge and skill especially in analytical and management abillity.

WORK EXPERIENCE

26 Oct 2013 - 31 Oct 2014

Company : PT Triparta Samsung

Department : Scaffolding

Level of position : Operator

SKILL

  • Computer Skill
  • Developed skill

Your faithfully,

SUWAJI

CV bahasa Inggris tulis tangan 8

Contoh cv tulis tangan 4
CV bahasa Inggris tulis tangan by Suwaji
 

Contoh cv bahasa Inggris lulusan SMA #9

CURRICULUM VITAE

PERSONAL DATA

Name : Prayitno

Place/date of birth : Bojonegoro, 09 Sept 1989

Religion : Moslem

Nationality : Indonesan

Status: Married

Street: Desa brabowan

Phone : 0823 3560 8382

Education : Senior High School

NON FORMAL EDUCATION

  • Operator scaffolding
  • H2S Level 2
  • Safety Champion

WORK EXPERIENCE

Scaffolder in PT Tri Patra Samsung on June 21th 2013 untul February 29th 2016

Your's faithfully,

Prayitno

Contoh cv bahasa inggris tulis tangan 9

Contoh cv tulis tangan 5
cv tulis tangan bahasa inggris by Prayotno

Itulah penjelasan, cara membuat dan contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang bisa Lulusan diploma rangkum. Apakah kalian sudah bisa membuat semuanya? (Contoh Cv Staff Administrasi)

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Contoh CV Tulis Tangan dan Cara Membuatnya"