Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Materi Safety Talk Warehouse

Materi safety talk warehouse perlu dibawakan apabila Anda bekerja pada area gudang atau biasa kita sebut warehouse. Ini penting karena untuk mengingatkan para karyawan. Bagaimana tidak. Semua yang menjadi tanggung jawab rekan semuanya. Untuk tetap selamat, aman dan mengedepankan aspek K3 (keselamatan dan kesehatan kerja).

Mungkin ada beberapa rekan yang masih canggung untuk menyampaikan materi safety talk warehouse kepada Anda dilapangan, berbagai alasan yang diberikan dari belum cukup pengetahuan, belum berani maupun tidak terbiasa.

Padahal kita bisa membawakan dengan mudah apabila telah mengetahui apa saja potensi bahaya yang ada. Nah, pada moment yang penting sekarang. izinkan Lulusan diploma untuk memberikan contoh materi safety talk warehouse yang bisa Anda pakai. Apalagi saat aktifitas dan kegiatan safety talk di proyek masing-masing.

Contoh Materi Safety Talk Warehouse

Materi Safety Talk Warehouse
Safety Talk PT Nindya Karya by Sandi Okta Prayoga

Berikut adalah materi safety talk warehouse yang bisa membantu rekan HSE untuk membawakan pada kesempatan di area masing masing. Kalian juga dapat membaca materi lain pada artikel 46+ Materi Safety Talk.

Selamat pagi! Pada kegiatan safety talk yang berbahagia ini saya sendiri mengucapkan syukur karena telah diberi sehat, semoga Anda juga demikian. materi safety talk dengan tema keselamatan bekerja di area warehouse.

Mungkin dari bapak ibu sering menyepelakan potensi bahaya yang kita anggap sepele, padahal apabila bahaya tersebut menimpa diri anda efeknya bisa saja menjadi berkepanjangan.

Maka dari itu tugas saya disini yaitu mengingatkan Anda semua dalam safety talk harian ini untuk bisa menyadari betapa pentingnya mengutamakan K3 pada tiap kegatan.

Jangan sampai sesuatu yang buruk menimpa diri kita yang dapat menyebabkan kerugian bagi diri anda sendiri maupun bagi perusahaan.

Ada beberapa point yang akan dibahas dalam materi safety talk warehouse pagi ini, seperti potensi bahaya yang mungkin dapat terjadi. Apa saja potensi bahaya tersebut?

Material berserakan

Materi saefty talk warehouse pertama yaitu potensi bahaya yang diakibatkan dari material yang berserakan pada area warehouse. Ini bisa saja Anda anggap remeh karena potensi bahaya pada identifikasi bahaya yang anda buat masuk pada kategori low.

Namun coba bayangkan apabila anda terjatuh ataupun terpeleset sehingga menyebabkan kepala anda terbentur lantai. Pastinya tidak akan bisa dibayangkan apa yang dapat terjadi apabila semua itu dirasakan pada diri anda.

Mulai sekarang, coba jangan sepelekan tingkat risiko apapun dari suatu sumber bahaya. Karena mungkin saja yang Anda anggap remeh bisa menjadi kerugian besar bagi diri anda sendiri maupun bagi Perusahaan.

Membawa material

Materi safety talk warehouse tentang bahaya. Apakah anda sadar akan bahaya saat membawa material. Jangan sampai pandangan terbatas saat membawa material, sering kali kita dapati Anda kerja kita asik dengan pekerjaan tersebut padahal itu bisa mengakibatkan kecelakaan di tempat kerja.

Kembali lagi untuk menanyakan diri sendiri, apakah kita termasuk orang yang demikian? Apabila merasa nyaman diteruskan padahal itu berbahaya. Cobalah mulai sekarang rubah pola fikir bapak dan ibu yang hadir safety talk warehouse kal ini.

Fikirkan dengan Anda! Cara terbaik agar setap pelaksanaan bisa berjalan dengan aman. Selalu tanamkan bahwa saya akan pulang dengan selamat dan bisa membuat keuntungan bagi pribadi saya serta keuntungan bagi perusahaan.

Rak penyimpanan

Materi safety talk warehouse ketiga dalam pembahasan rak penyimpanan yang ada pada area tersebut. Cobalah untuk sigap apabila anda menemukan sesuatu yang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Itulah manfaat kita mengadakan pelaporan sumber bahaya yang setiap karyawan harus melaporkan di setiap minggunya.

Selain dari pada mengajarkan kita mengenai identifikasi sumber bahaya, Perusahaan juga bisa mengambil langkah selanjutnya untuk meminimalisir bahaya tersebut agar tidak menjadi sumber terjadinya kecelakaan.

Akses licin

Materi safety talk warehouse keempat potensi bahaya dari akses yang licin, akses licin tersebut bisa bersumber dari beberapa faktor dan contohnya yaitu ceceran oli. Apabila melihat hal yang seperti itu pastikan kita adalah orang pertama yang membersihkannya.

Terjatuh dari ketinggian

Jangan sampai saat ketika bekerja pada ketinggian di area warehouse menyebabkan sesuatu yang dapat merugikan diri sendiri bahkan perusahaan. Sebelum memulai pekerjaan dan melakukan aktifitas pada ketinggian pastikan terlebih dahulu segala perlengkapan K3 telah tersedia. Seperti full body harness, apd lain, safety life line dll.

Lantai tidak rata

Untuk Anda yang berjalan pada area warehouse, pastinya telah faham betul area mana yang lantainya tidak rata. Kondisi tersebut sebenarnya pasti kita nggap remeh. Namun coba bayangkan apabila Anda tersandung lalu yang berakibat luka pada kepala ataupun bagian yang sangat sensitif.

Pencahayaan kurang

Pastikan untuk rekan QHSE maupun spv, untuk kegiatan pengukuran cahaya pada masing masing arae terutama pada warehouse tetap dijalankan. Agar Anda maupun bawahan anda yang bekerja merasa nyaman. Jangan sampai apabila hasil pengukuran cahaya kurang dari nilai ambang batas. Namun tidak ada pengendalian yang dilakukan.

Kejatuhan barang

Pastikan penempatan barang area warehouse ditempatkan tidak pada area yang potensi terjatuh. Namun pastikan juga ada proteksi dibawahnya. Nah untuk Anda yang memang beraktifitas pada area warehouse, pastikan juga anda tidak melintasi langsung dibawah area yang diatasnya ada pekerjaan.

Kebakaran

Nah terakhir yaitu kebakaran warehouse, banyak kita semua mendengar informasi dan berita mengenai kebakaran pada warehouse. Jangan sampai kebakaran terjadi pada area kerja kita. Kita sudah mengetahui bagaimana cara yang tepat agar sumber bahaya kebakaran bisa terminimalisir. Lakukan semua itu dan jangan coba coba untuk merokok pada area tersebut. Karena sudah jelas jelas ada larangan tetap akan hal tersebut.

Kita semua yang dapat mencegah terjadinya kecelakaan kerja area warehouse. Kita juga yang bisa mengendalikan bahaya di area pekerjaan. Pastikan anda tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja. Pastikan semua prosedur yang ada telah dijalani.

Dari pemaparan materi safety talk tentang potensi bahaya pada area warehouse saya harap Anda semua mengerti. Jangan sampai kecelakaan menimpa diri kita. Saya akhiri sampai disini. Kita lanjut dengan berdoa bersama agar pekerjaan kita diperlancar. Safety First and Zero Accident.

Penutup

Mungkin itulah penyampaian materi safety talk warehouse yang bisa Lulusan diploma jadikan contoh. Tetaplah menjadi pengingat mereka yang bekerja kurang aman. Usahakan kita adalah orang nomor satu yang menjadi pencegah kecelakaan terjadi.

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Materi Safety Talk Warehouse"