Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Cv Kerja Tulis Tangan

 Cara membuat cv kerja tulis tangan sangatlah mudah, kali ini Lulusan diploma akan merangkum beberapa tips agar memudahkan Anda dalam rmenghadapi realita kehidupan sebagai pencari kerja. Karena apabila salah sedikit, maka cv lamaran kerja kamu bisa tidak dianggap ada oleh pihak Recruiter.

Lalu apakah benar ada cara khusus dalam membuat cv kerja tulis tangan tersebut? Apakah ada point yang sangat penting sehingga pihak Recruiter sampai memperhatikan tentang dokumen tersebut? Saya kira semua itu ada tips dan trik tersendiri supaya cv lamaran kerja kamu tidak diabaikan begitu aja.

Ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu tentang Perusahaan yang membuka lowongan kerja, fahami persyaratan yang tercantum dan buatlah cv kerja tulis tangan yang akan Anda kirim dengan menyesuaikan persyaratan yang tertera.

Mungkin apabila persyaratan tersebut menyebutkan bahwa Anda harus membuat cv kerja dengan bentuk pdf untuk dikirim via email. Tidak menutup kemungkinan bahwa Anda juga harus menyesuaikannya dan tidak perlu lagi optimis dengan keinginan untuk membuat cv kerja tulis tangan.

Daftar isi

  1. Pengertian
  2. Perbedaan cv tulis tangan dengan diketik
  3. Kelebihan
  4. Kekurangan
  5. Cara membuat

cara-membuat-cv-kerja-tulis-tangan

Sebelum kami masuk kepada pembahasan tentang cara membuat cv kerja tulis tangan, alangkah baiknya Anda melihat terlebih dahulu beberapa Contoh Cv Kerja Tulis Tangan dan Coontoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan yang telah Lulusan diploma bagikan pada pekan sebelumnya.

Apa yang dimaksud Cv kerja tulis tangan?

Cv kerja tulis tangan adalah sebuah dokumen penting untuk penunjang Jobseker dalam melamar pekerjaan. Tujuannya yaitu untuk memberitahukan kepada Recruiter tentang pengalaman dan data diri yang Anda miliki.

Dari dokumen inilah pihak Recruiter dapat menilai apakah orang yang telah mengirim lamaran kerja kepada mereka layak atau tidak dalam memenuhi persyaratan yang telah dicantumkan dalam lowongan kerja yang mereka bagikan.

Apa perbedaan cv kerja tulis tangan dengan diketik?

Perbedaan cv kerja tuliss tangan dengan diketik sebenarnya sudah kita ketahui bersama. Biasanya jika Anda membuat data diri dengan tulis tangan bisa membutuhkan beberapa bahan seperti kertas folio, pulpen, amplop coklat, dll.

Berbeda dengan cv degan diketik, dokumen tersebut membutuhkan beberapa alat penunjang seperti laptop, printer, template cv menarik, serta kertas yang dibutuhkanpun ikut berbeda yaitu dengan menggunakan kertas HVS A4.

Untuk menentukan lebih baik mana antara cv kerja tulis tangan dengan diketik. Kami lebih tertarik dengan membuatnya dalam metode diketik. Karena proses pembuatannya yang tidak begitu sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam membuatnya.

Apa kelebihan dalam membuat cv kerja tulis tangan?

Ada beberapa kelebihan jika Anda membuat cv kerja dengan tulis tangan, kelebihan yang akan didapatkan antara lain yaitu:

  1. Penilaian recruiter terhadap Anda lebih berbeda. Anda akan dianggap rajin dan penuh dengan keseriusan dalam mencari pekerjaan.
  2. Tidak membutuhkan peralatan yang mahal.
  3. Cocok untuk Anda yang tidak memiliki komputer dan printer dirumah.
  4. Dalam membuat cv kerja tulis tangan tidak akan menghabiskan waktu yang lama.
  5. Simple dan menarik.

Apa kekurangan dalam membuat cv kerja tulis tangan?

Selain kelebihan diatas yang sudah disebutkan, ternyata membuat cv kerja tulis tangan juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda perhatikan. Kekurangan tersebut antara lain yaitu:

  1. Jika membuat cv kerja dengan tulis tangan, biasanya Recruiter menganggap Anda tidak bisa mengoperasikan komputer.
  2. Anda juga bisa dinilai sebagai seorang yang tidak memiliki perkembangan dan mengikuti zaman yang sudah era digitalisasi.
  3. Terlihat tidak profesional.

Bagaimana cara membuat cv kerja tulis tangan?

Apakah Anda sudah membaca segala yang telah Lulusan diploma tuliskan diatas? Apakah setelah membacanya Anda tetap ingin membuat cv kerja dengan tulis tangan? Apabila jawabannya iya, mari Anda simak bagaimana cara membuat cv kerja tulis tangan yang baik.

[1] Siapkan alat dan bahan

Yang pertama harus Anda lakukan saat ingin membuat cv kerja tulis tangan adalah dengan menyiapkan alat dan bahan. Seperti yang sudah disebutkan pada paragraf awal yaitu siapkanlah terlebih dahulu kertas folio, pulpen, amplop coklat serta dokumen penunjang yang dibutuhkan.

[2] Cantumkan data diri dengan tidak berlebihan

Cara membuat cv kerja tulis tangan yang baik adalah dengan tidak mencantumkan data diri secara berlebihan. Daftar riwayat hidup yang Anda tuliskan cukuplah dibuat satu lembar dan tidak perlu terlalu banyak. Karena pihak Recruiter

[3] Data diri yang dicantumkan harus jelas

Anda harus mencantumkan data diri dengan jelas, misalnya tentang informasi kontak. Jangan sampai pihak HRD tidak dapat menghubungi Anda saat ingin memanggil untuk interview kerja maupun tes lanjutan yang akan di lakukan oleh pihak Perusahaan.

[4] Pastikan tulisan Anda dapat terbaca

Nah sebenarnya point keempat ini sangatlah penting apabila Anda ingin membuat cv kerja dengan tulisan tangan. Jangan sampai saat Anda memaksakan untuk mengirim cv lamaran kerja kepada Perusahaan namun tulisan tersebut tidak dapat dibaca sama sekali ataupun jelek.

[5] Cantumkan data diri sebagai berikut

Ada beberapa keterangan dalam cv yang perlu diperhatikan dengan kriteria wajib, penting bahkan opsional. Jangan sampai yang wajib tidak Anda cantumkan namun yang opsional malah dimasukan kedalam cv tulis tangan yang Anda buat. Berikut yang harus dilampirkan:

  • Foto terbaru (penting)
  • Data diri (wajib)
  • Informasi kontak (wajib)
  • Pendidikan (wajib)
  • Magang (opsional)
  • Pengalaman kerja (wajib)
  • Organisasi (opsional)
  • Skill / keahlian (penting)
  • Sertifikat (penting)
  • Pelatihan (penting)
  • Seminar (opsional)

Nah itulah beberapa keterangan dalam cv yang bisa Anda cantumkan saat membuat cv kerja tulis tangan, ingat pastikan Anda sudah memasukkan keterangan yang wajib, baru boleh menulis keterangan penting dan opsional.

Mungkin itulah penjelasan tentang cara membuat cv kerja tulis tangan, semoga bermanfaat!

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Cv Kerja Tulis Tangan"