IBX5B54BCC389CD2 Struktur Sel Tumbuhan dan Sel Hewan #lulusandiploma - Lulusandiploma.com

Struktur Sel Tumbuhan dan Sel Hewan #lulusandiploma




sel-tumbuhan-hewan

STRUKTUR SEL TUMBUHAN DAN SEL HEWAN

Mobilitas schleiden, seorang ahli anatomi tumbuhan dan theodor schwann, ahli anatomi hewan berpendapat bahwa setiap makhluk hidup tersusun oleh sel. Pendapat mereka dirumuskan dalam teori yang berbunyi “sel merupakan kesatuan struktural kehidupan”. Untuk membedakan struktur sel tumbuhan dan sel hewan, kita dapat menggunakan sediaan daun Elodea, Hydrilla, atau Vallisneria dan sediaan sel epitel pipi manusia. Sediaan tersebut kemudian diamati dengan menggunakan mikroskop cahaya.

BAGIAN SEL DAN ORGANEL SEL

Sel merupakan penyusun tubuh makhluk hidup. Bahwa makhluk hidup tersusun atas sel telah dibuktikan melalui pengamatan mikroskopis oleh Schleiden yang kemudian merumuskan pernyataan “Sel merupakan kesatuan struktural kehidupan”.

Max Schultze dan Thomas Huxley menyatakan bahwa sel merupakan kesatuan fungsional kehidupan, yang menunjukkan bahwa aktivitas yang berlangsung dalam tubuh makhluk hidup tercermin dalam aktivitas dalam sel.

Rudolf Virchow (1858) mengemukakan bahwa sel berasal dari sel (Omnis cellula e cellula), sehingga lahirlah teori, “Sel merupakan kesatuan pertumbuhan”. Setelah ditemukannya gen dalam kromosom yang ada didalam nukleus, maka lahirlah teori, “Sel merupakan kesatuan hereditas dari makhluk hidup”, Walther Flemming (1843-1913) dan Eduard Strasburger (1875) mengamati pembelahan sel pada reproduksi sel sehingga memunculkan teori sel baru, yaitu “Sel merupaka kesatuan reproduksi dari makhluk hidup”.


Sel memiliki bagian utama, yaitu membrane sel, inti sel, dan sitoplasma. Berbeda dengan sel hewan, sel tumbuhan memiliki dinding sel disebelah luar membran sel.


Demikianlah artikel mengenai Struktur Sel Tumbuhan dan Hewan #lulusandiploma, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.

0 Response to "Struktur Sel Tumbuhan dan Sel Hewan #lulusandiploma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel