IBX5B54BCC389CD2 Rangkuman Singkat Materi Bioteknologi Kelas 12 - Lulusandiploma.com

Rangkuman Singkat Materi Bioteknologi Kelas 12





RANGKUMAN BIOTEKNOLOGI
1. Bioteknologi adalah penerapan praktis organisme hidup atau komponen selulernya untuk menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia.
2. Proses bioteknologi mencakup pengubahan suatu bahan baku yang diberikan untuk menghasilkan suatu produk akhir yang diinginkan oleh aktivitas suatu organisme.
3. Pengembangan bioteknologi memerlukan keterkaitan berbagai bidang keilmuan, seperti mikrobiologi, biokimia, genetika, dan biologi molekuler.
4. Minuman atau makanan hasil fermentasi mikroba adalah hasil bioteknologi tradisional. Berbagai produk makanan bioteknologi tradisional dapat berupa produk makanan bergizi tinggi, produk makanan hasil fermentasi alkohol, produk penyedap makanan dan produk makanan hasil fermentasi asam.
5. Didalam bidang industri, bioteknologi digunakan untuk memproduksi enzim, asam organik, vitamin dan asam amino.
6. Didalam bidang kesehatan, bioteknologi digunakan untuk memproduksi obat-obatan, terutama antibiotik.
7. Didalam bidang pertanian, bioteknologi digunakan untuk menghasilkan pupuk hayati dan tanaman transgenik yang mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan yang biasa.
8. Dibidang lingkungan, prinsip bioteknologi banyak yang telah diaplikasikan, diantaranya untuk membuat biogas dan bioremediasi, serta untuk pengolahan limbah.
9. Penambahan biologis adalah pengambilan logam dari bijihnya dengan menggunakan bantuan mikroba, khususnya bakteri kemoautotrof.
10. Beberapa produk bioteknologi, seperti tanaman hasil rekayasa genetik, diperkirakan memiliki dampak yang dapat dirasakan saat ini atau kemungkinan baru dirasakan di masa yang akan datang.


Demikianlah sedikit rangkuman singkat tentang materi bioteknologi, semoga artikel ini dapat bermanfaat :-)

0 Response to "Rangkuman Singkat Materi Bioteknologi Kelas 12"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel