IBX5B54BCC389CD2 Rangkuman Singkat Tentang Pewarisan Sifat Makhluk Hidup Biologi Kelas XI - Lulusandiploma.com

Rangkuman Singkat Tentang Pewarisan Sifat Makhluk Hidup Biologi Kelas XI





RANGKUMAN PEWARISAN SIFAT
1. Proses perkawinan sifat dari induk kepada keturunannya tidak dapat terlepas dari dua macam peristiwa pembelahan sel, yaitu mitosis dan meiosis.
2. Pembelahan meiosis disebut pula pembelahan reduksi dikarenakan pada pembelahan ini terjadi pengurangan jumlah kromosom sebanyak setengah dari jumlah kromosom milik sel induk.
3. Hukum Mendel I disebut juga hukum segregasi atau pemisahan gen sealel. Peristiwa pemisahan alel ini terjadi saat pembentukan gamet pada individu yang mempunyai genotipe heterozigot sehingga tiap gamet hanya mengandung satu alel.
4. Hukum Mendel II disebut pula hukum asortasi atau pengelompokan gen secara bebas. Hukum ini berlaku saat pembentukan gamet ditandai gen sealel secara bebas menuju ke masing-masing kutub saat terjadinya peristiwa meiosis.
5. Adanya berbagai macam pola hereditas (pewarisan sifat) yang menyebabkan terjadi penyimpangan semu hukum Mendel.
6. Epistasis adalah peristiwa suatu gen mengalahkan ekspresi gen lain yang bukan alelnya. Gen yang dikalahkan ekspresinya oleh gen lain ini disebut dengan hipostasis.
7. Gen komplementer adalah gen-gen yang saling berinteraksi atau bekerja sama untuk memunculkan fenotipe tertentu.
8. Polimeri adalah peristiwa beberapa pasang gen yang bukan sealel mempengaruhi sifat tertentu.
9. Kriptomeri adalah peristiwa tertutupnya ekspresi gen dominan apabila berdiri sendiri. Ekspresi gen ini akan tampak jika terdapat bersamaan dengan gen dominan lain.
10. Atavisme merupakan munculnya suatu sifat sebagai akibat adanya interaksi beberapa gen.
11. Letak gen satu dengan gen yang lainnya dapat terpisah pada kromosom yang berbeda, atau terangkai pada kromosom yang sama.
12. Pindah silang adalah peristiwa pertukaran segmen kromatid yang bukan kakak-adik dari sepasang kromosom homolog.
13. Perbedaan jenis kelamin ditentukan oleh perbedaan kromosom, khususnya kromosom kelamin. Terdapat beberapa tipe penentuan jenis kelamin pada berbagai organisme, antara lain tipe XY, tipe X0, tipe ZW dan tipe haplo-diploid.
14. Gen yang terdapat pada kromosom kelamin disebut gen terangkai kelamin atau rangkai kelamin atau sex linkage. Adapun gen yang terangkai pada kromosom X dan adapula gen yang terangkai pada kromosom Y.
15. Gen letal merupakan gen yang menyebabkan kematian pada individu yang memilikinya. Biasanya, gen letal dapat menyebabkan kematian jika dalam keadaan homozigot.
16. Kelainan yang disebabkan oleh gen yang terdapat pada kromosom tubuh, antara lain albino, diabetes mellistus, dan talasemia.
17. Penyakit keturunan umumnya tidak dapat diobati atau disembuhkan, untuk itu pencegahan terhadap penyakit keturunan ini merupakan hal yang sangat penting.

Demikian rangkuman singkat tentang materi pewarisan sifat, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda :-)

0 Response to "Rangkuman Singkat Tentang Pewarisan Sifat Makhluk Hidup Biologi Kelas XI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel