Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh Struktur Organisasi Proyek Konstruksi dan Tugas nya

Contoh Struktur organisasi proyek konstruksi dan tugas tugasnya yang dapat Lulusan diploma rangkum;
  1. Project Manager
  2. Site Manager
  3. HSE Manager
  4. HSE Officer
  5. Pengawas Lapangan / Supervisor
  6. Engineering
  7. Admin
  8. Pekerja

Project Manager

Tugas project manager yaitu sebagai penentu pengambilan keputusan dilapangan dan memegang tanggung jawab penuh, tidak hanya bertanggung jawab atas kelancaran proyek, akan tetapi terhadap team dan anggota pekerja pun juga mengambil tanggung jawab tersebut.

Project manager biasanya bertanggung jawab penuh atas proyek yang sedang di pegangnya. Dirinya adalah pemimpin tertinggi dalam suatu proyek itu sendiri. Apapun keputusan yang akan di ambil dalam proyek tersebut harus memiliki persetujuan dari Project Manager.

Site Manager

Membawahi supervisor atau pengawas lapangan, bertanggung jawab juga dengan seluruh area kerja. tugasnya mengatur dan memberikan arahan untuk setiap team supervisi. Nah biasanya Seorang Site Manager langsung berkoordinasi dengan PM.

Baca juga: Daftar riwayat hidup tulis tangan

Apabila Project Manager tidak berada di lokasi biasanya Site Manager lah yang memerankan peran penting pada proyek itu sendiri, dirinya memegang alih sepenuhnya dalam penanggung jawab apapun keputusan yang akan di ambil.

HSE Manager

Tugasnya yaitu memastikan bahwa perusahaan secara efektif telah melaksanakan program K3, manager harus mengecek prinsip plan, do check dan act berjalan secara efektif. Nah HSE Manager sepenuhnya bertanggung jawab atas keselamatan dan kesehatan serta lingkungan perusahaan dan karyawan.

Apapun program yang akan di buat serta agenda terkait sistem manajemen K3 bisa di planingkan oleh seorang HSE Manager dan semua itu dilakukan agar pekerjaan seluruhnya dapat berjalan dengan baik, aman dan sesuai prosedur.

HSE Officer

Tugasnya yaitu menerima laporan dari seorang safety man, membuat jsa, permit, hirarc, safety report dan yang lainnya. Apapun action plan yang dibuat oleh seorang HSE Manager. Officer lah yang bertanggung jawab untu menjalankan semuanya di lapangan.

Biasanya keseharian tugas dan tanggung jawab HSE Officer melakukan penilaian risiko, pembuatan jsa dan work permit serta melaksanakan apapun yang telah direncanakan agar kecelakaan tdak terjadi di lingkungan kerja dan bisa meraih zero accident.

Pengawas Lapangan / Supervisor

Seorang yang bertanggung jawab atas sebuah kelompok pekerja dan mengatur anggota tersebut. Nah setiap proses pekerjaan yang dilakukan pada area kerja biasanya memiliki pengawas masing masing yang mana dia bertanggung jawab atas kesesuaian proses dan hasil kerja.

Pengawas lapangan ataupun supervisor biasanya membawahi banyak anak buah, nah apapun yang akan dikerjakan biasanya harus memiliki rencana yang maytang sehingga pekerjaan yang dilakukan oleh pekerja berjalan dengan benar.

Engineering

Tugasnya yaitu memahami dokumen kontrak, shop drawing, as built drawing, approval material dll.

Admin

Bertanggung jawab atas perekruit an anggota baru di proyek, membuat laporan keuangan proyek, membuat progress, mengurus tagihan proyek dll. Haruslah membuat apapun dokumentasi yang telah dilakukan dalam proyek tersebut.

Selain dari pada itu membuat segala laporan kegiatan, safety talk, euangan maupun pencatatan lainnya sehingga dokumen yang di butuhkan pada suatu pekerjaan bisa lengkap dan sesuai dengan tagihan nantinya saat di akhir.

Pekerja

Yang melakukan pekerjaan apapun yang dilaksanakan dan diinstruksikan sesuai tugas dan tanggung jawab

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Contoh Struktur Organisasi Proyek Konstruksi dan Tugas nya"