IBX5B54BCC389CD2 8 Cara Tetap Sehat Saat Bekerja di Depan Komputer - Lulusandiploma.com

8 Cara Tetap Sehat Saat Bekerja di Depan Komputer

penggunaan komputer

Sering menggunakan komputer dapat menyebabkan masalah ergonomi, gejala masalah ergonomis dapat mencakup rasa sakit atau nyeri yang menetap di leher, bahu, lengan, punggung, paha atau kaki bagian bawah, menurut AAOS postur tubuh yang benar agar diri kita tetap sehat dan tempat kerja yang dirancang dengan baik dapat membantu meringankan masalah nyeri pada diri kita.

1. Atur Kursi Tempat Kita Duduk
Kursi yang mudah disesuaikan tinggi dan kemiringannya adalah pilihan yang baik untuk pekerja, untuk hasil yang lebih baik agar para pekerja duduk kembali di kursi dengan kaki bersandar di tanah atau di pijakan kaki, jika diperlukan paha harus horisontal pada tingkat yang sama dengan pinggul, sandaran lengan harus disesuaikan sehingga siku diposisikan dekat dengan pinggang.

Kursi harus memiliki bahan yang empuk minimal 1 inci lebih lebar dari pinggul dan paha pekerja, kursi harus turun sedikit dan memungkinkan ruang antara bantalan kursi dan bagian belakang lutut. Untuk memastikan kursi stabil, pangkalan bawah kursi harus setidaknya memiliki lima tumpuan.

2. Posisi Meja Harus Baik dan Nyaman
Selanjutnya orang umumnya paling nyaman ketika ketinggian meja mereka pada tingkat siku ketika duduk, ketinggian permukaan kerja saat memegang keyboard atau mouse harus sekitar 1 hingga 2 inci di atas paha, keyboard harus dipusatkan di depan tubuh untuk mempertahankan postur yang benar di komputer, para pekerja harus menjaga siku pada sudut yang terbuka, dengan pergelangan tangan lurus dan lengan hampir tegak lurus dengan lantai.

3. Tempatkan Monitor Sejajar Dengan Mata Kita
Lalu para ahli merekomendasikan monitor dipusatkan langsung di depan pekerja, panjang satu lengan (atau sekitar 20-26 inci) untuk memastikan posisi kepala dan leher yang tepat dan nyaman, layar tampilan juga harus setinggi mata untuk menghindari tegangnya leher dengan melihat ke atas atau ke bawah.

4. Postur tubuh yang tepat
Setelah lokasi kerja diatur dengan sedemikian rupa, pekerja harus berusaha untuk menjaga postur yang baik untuk mencegah ketegangan ototnya, cara pencegahan ketegangan tersebut bisa dilakukan dengan cara:

1. Pertahankan perataan yang tepat dengan menjaga telinga agar sesuai dengan bagian atas bahu, dan bahu sejajar dengan pinggul.
2. Lengan atas harus menggantung santai dan dekat dengan tubuh untuk mencegah ketegangan bahu.
3. Tangan harus dalam garis lurus dengan lengan bawah untuk mencegah ketegangan pergelangan tangan.
4. Jaga jari tetap rileks di keyboard dan hindari pergerakan dengan kekuatan yang tidak perlu.
5. Genggam mouse dengan lembut dan hindari memegang apa pun di tangan Anda, seperti pena, saat Anda mengetik atau menggunakan mouse.

Demikianlah artikel mengenai 8 Cara Tetap Sehat Saat Bekerja di Depan Komputer | lulusandiploma, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.

0 Response to "8 Cara Tetap Sehat Saat Bekerja di Depan Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel