Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Materi Safety Talk Mengenai MSDS K3

safety talk

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatu, Semangat Pagi! Saya ucapkan terimakasih kepada bapak-bapak sekalian karna sudah bersedia berkumpul pagi ini untuk melaksanakan aktivitas yang tiap hari kita laksanakan yaitu safety talk harian

Gimana keadaan istri bapak-bapak sekalian dirumah? apakah rindu dengan keluarga sudah menerpa? bersabarlah, karena rindu itu berat. Sebelum tambah jauh pembicaraan kita, langsung saja ke pembahasan hari ini, pada safety talk pagi ini saya akan mengangkat materi mengenai material safety data sheet atau yang biasa bapak-bapak kenal dengan sebutan MSDS (baca juga: Kumpulan Materi Toolbox Meeting Safety).

MSDS adalah suatu pengendalian bahaya pada suatu zat, yang didalamnya berisi potensi bahaya (reaksi, kesehatan, kebakaran, dll), sifat-sifat dari bahan tersebut, cara penyimpanan, cara penanganan, cara pembuangan limbah dari bahan dan bagaimana cara aman dengan memakai bahan tersebut.

Sengaja material safety data sheet mengenai semen ini selalu saya tempelkan pada dinding papan pengumuman, karena pekerjaan yang kita laksanakan selalu berhubungan dengan semen dan tujuan saya menempelnya agar bapak-bapak sekalian tau bahwa zat dari semen yang kita pakai ini bisa membahayakan diri kita, namun bahaya tersebut bisa dikendalikan dan bisa diminimalisir dengan cara yang sudah tercantum.

Jangan bosan-bosan membacanya agar kita selalu ingat akan bahaya yang ada disekeliling kita dan jangan meremehkan bahaya kecil karena bahaya tersebut lama kelamaan akan menjadi bukit.

Contoh kecil saya ambil seperti mata kemasukan semen, apabila kita meremehkan hal ini bisa saja kebutaan mata kemungkinan besar terjadi, berbeda dengan apabila mata kita kemasukan semen dan kita sigap untuk mengatasinya. Baca juga: Materi Safety Talk di Pertambangan . Jangan ambil resiko dari pekerjaan yang kita laksanakan, bila pekerjaan tersebut membahayakan diri kita ambilah langkah yang baik bukan langkah yang praktis.

Mungkin sampai sini saja materi safety talk pagi ini yang bisa saya sampaikan, dan untuk materi selanjutnya bisa dilanjutkan oleh supervisor bapak-bapak sekalian mengenai teknis pekerjaan yang akan dilaksanakan untuk hari ini. 

Pesan dari saya; jangan gegabah dalam melakukan pekerjaan, selalu utamakan keselamatan dan kesehatan kerja, jangan henti-hentinya untuk selalu mengingatkan rekan kerja yang bekerja tidak aman dan yang terakhir, kurang-kurangilah bekerja tidak aman, karena apabila terjadi kecelakaan, bapak-bapak sekalian tidak akan kuat.

Demikianlah artikel mengenai materi safety talk msds atau material data sheet, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, Apakah kita sudah siap bekerja dengan aman? wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Materi Safety Talk Mengenai MSDS K3"