IBX5B54BCC389CD2 Patahnya Pipa Pertamina Seorang Nahkoda Jadi Tersangka - Lulusandiploma.com

Patahnya Pipa Pertamina Seorang Nahkoda Jadi Tersangka

patahnya-pipa-pertamina

Nahkoda kapal kargo batu bara MV Ever Judger resmi ditetapkan penyidik Dirkrimsus Polda Kaltim, sebagai tersangka dugaan putusnya pipa bawah laut milik Pertamina, Kamis (26/4/2018). (kaltim.tribunnews.com)

Waktu 1 bulan investigasi detail sebenarnya waktu yang lumayan ideal minimum untuk sebuah investigasi yang lumayan menguras kemampuan Teknis dan HSE untuk membuktikan banyaknya pelanggaran yang terjadi ujar alvin.

Kalo kita lihat road map incident investigasi incident oil spill BPNN, road map didesain untuk penentuan dan melindungi PTM. Kenapa didesain seperti itu? karena di awal minggu kedua sudah terang semuanya bahwa ada yang buang jangkar sembarangan, maka PTM tidak bisa dijadikan kambing hitam 100%.

Karena dari itu road map yang awalnya didesain untuk menuntut semua perusahaan termasuk PTM diubah jadi terbatas akan menusuk beberapa perusahaan saja.

Maka dari itu kita harus saling bahu membahu seandainya terjadi kejadian yang serupa. Jika perlu tidak hanya antar HSE saja, tapi juga harus mengajak semua pihak yang diperlukan untuk menginvestigasinya ujar Alvin disalah satu grup diskusi whatsapp HSE Indonesia (27/04/2018).

Objektif investigasi kecelakaan kerja antara polisi dan HSE itu berbeda dan seharusnya juga tidak bertentangan. HSE menginvestigasi untuk mencari akar penyebab,lesson learn yang akan digunakan untuk pencegahan berulangnya kecelakaan. Apabila dalam kecelakaan itu ada unsur pidana, maka polisi mencari motifasi pelakunya agar tidak mengulangi perbuatan tersebut.

Dalam beberapa media sudah mengarahkan investigasi ke forensik untuk kasus diatas, dan tujuannya agar memenuhi:
1. Bukti permulaan yang cukup.
2. Keterangan saksi fakta.
3. Saksi ahli.
4. Surat petunjuk.
5.Keterangan tersangka.

Pertanyaannya apakah PTM akan menggunakan hasil investigasi dari pihak berwajib atau HSE investigasi internal PTM saja? atau malah sama sekali tidak akan direlease ke publik hasilnya?

Kutipan dari sebuah safety massage mengatakan: Persiapan yang baik menentukan keselamatan anda saat bekerja, bila tidak ada persiapan maka akan muncul tersangka-tersangka baru. Dirangkum dari diskusi whatsapp HSE Indonesia (27/04/2018)

Demikianlah artikel mengenai Patahnya Pipa Pertamina Seorang Nahkoda Jadi Tersangka | lulusandiploma, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.

0 Response to "Patahnya Pipa Pertamina Seorang Nahkoda Jadi Tersangka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel