Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Masuk Angin

masuk-angin

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Cara Mengobati Masuk Angin dari Sisi Medis? Penyakit masuk angin ini di Indonesia cukup populer, jadi bagi anda yang merasa badannya meriang, agak panas, kemudian tenggorokan tidak enak, pilek, kemudian batuk, sakit kepala, pusing, perut sedikit tidak enak/kembung, itu anda sebut masuk angin.

Sebenarnya dari sisi medis, masuk angin itu tidak ada, tidak ada diagnosa namanya masuk angin hanya saja gejala yang mirip seperti ini, gejala yang sudah saya sebutkan sebelumnya di sisi medis disebut common cold. Badan tidak enak dan sebagainya itu orang bilang, badan saya mau sakit, badan saya tidak enak, agak demam, itu disebut dengan common cold dan penyebabnya sebagian besar adalah virus.

Apa yang pertama kali terpikirkan oleh sobat sehat ketika mengalami gejala-gejala yang tadi saya sebutkan atau anda sebut masuk angin? Dalam pikiran anda yang pertama adalah cari uang koin 500 atau 1000 Rupiah, lalu cari balsem, KEROK. Ya kan?

Atau mungkin anda cari minyak untuk menolak angin atau anda cari minuman untuk menolak angin. Jadi, sebenarnya ini boleh-boleh saja. Kerokan juga boleh, silahkan anda lakukan, tetapi jangan sampai kulit anda lecet, luka, atau berdarah, itu berarti kerokannya terlalu kuat.

Kerokan ini di Indonesia merupakan pengobatan tradisional yang saya bilang ampuh untuk badan yang sedang tidak enak, tetapi kembali lagi ke penyebabnya.

Penyebab masuk angin.

Penyebab common cold atau yang anda sebut masuk angin itu sebenarnya adalah terinfeksi oleh virus dan kalau terinfeksi oleh virus, sebenarnya bisa sembuh sendiri dalam selang waktu 3 sampai 14 hari.

Lalu, apa yang harus saya lakukan supaya bisa sembuh lebih cepat, dok? Saya kan harus bekerja, saya harus antar anak ke sekolah, saya harus bertemu klien, meeting. Kalau saya istirahat di rumah terus selama 2 minggu atau 14 hari, saya tidak dapat uang.

Disini saya akan bagikan tips bagaimana supaya penyakit anda atau gejala-gejala yang anda alami dapat berkurang, sebelumnya baca juga artikel kami mengenai Apa Itu Angin Duduk.

Cara Mengatasi Masuk Angin.

Jadi yang pertama adalah istirahat yang cukup.
Tentu saja, mungkin hari pertama anda kena gejala-gejala tadi, mungkin sebelumnya anda kurang tidur atau anda sehabis perjalanan jauh sehingga daya tahan tubuh anda rendah dan mudah terinfeksi oleh virus.

Tambah suplemen pada diri anda.
Kemudian, anda bisa tambahkan suplemen-suplemen seperti yang pertama adalah echinacea. Jadi echinacea dapat membantu boosting imun anda. Echinacea ini merupakan tanaman herbal, ini bisa digunakan untuk boosting sistem imun anda dan ini sangat membantu.

Konsumsi vitamin C.
Kemudian yang ketiga adalah vitamin C, jadi anda bisa menemukan vitamin C pada buah-buahan.Itulah sebabnya orang yang sedang sakit, badannya tidak enak, dianjurkan oleh dokter untuk perbanyak makan sayur dan buah-buahan,
terutama yang mengandung vitamin C, karena vitamin C dapat meningkatkan sistem imun anda.

Konsumsi garlic atau bawang putih.
Jadi, bawang putih mengandung zat yang bernama zat allicin, zat tersebut secara alami mengandung anti bakteri, anti virus dan anti jamur, penyebab sakit itu tadi adalah virus, jadi dengan mengkonsumsi garlic atau bawang putih, dapat membantu meningkatkan sistem imun anda.

Namun tentu saja jangan bawang goreng yang anda beli. Anda yang sakit tenggorokan justru tambah radang tenggorokan nantinya, jadi bawang mentah anda iris atau anda tumbuk sampai halus, lalu anda konsumsi.

Minumlah air mineral yang cukup.
Kemudian yang keempat adalah mineral, mineralnya adalah zinc.
Jadi, zinc juga dapat membantu meningkatkan sistem imun anda, anda bisa mengkombinasikannya dengan vitamin C atau echinacea.

Konsumsi cuka apel.
Lalu yang terakhir adalah apple cider vinegar. Atau orang Indonesia menyebutnya cuka apel, jadi anda bisa mengambil 2 sendok makan cuka apel, dan campurkan ke dalam air, anda bisa mengkonsumsinya 3 kali sehari, silahkan anda kombinasikan bahan-bahan yang telah saya sebutkan tadi dan hal ini dapat membantu proses penyembuhan anda yang mengalami common cold atau masuk angin.

Saya ingin mengatakan sekali lagi bahwa masuk angin itu tidak ada di dalam diagnosa medis tetapi, gejalanya hampir sama dengan common cold.

Semoga tips-tips yang lulusandiploma berikan mengenai Cara Mengatasi Masuk Angin dapat bermanfaat untuk anda semua.
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Masuk Angin"