Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa Itu Angin Duduk

angin-duduk

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang penyakit yang cukup populer di Indonesia, yaitu Angin Duduk istilah penyakit angin duduk di Indonesia ini seringkali kita dengar. Disini saya mau meluruskan tentang Apa sih angin duduk itu? Dan semuanya akan saya jelaskan dalam artikel kali ini.

Jadi, perhatikan baik-baik artikel mengenai masuk angin dalam tubuh, angin duduk ini sebenarnya tidak ada di dalam istilah kedokteran, kemungkinan besar angin duduk yang dimaksud oleh masyarakat kita adalah serangan jantung atau disebut dengan sindroma koroner akut.

Gejala angin duduk.

Jadi gejalanya adalah angina vectoris atau nyeri dada yang rasanya seperti tertusuk atau seperti tertekan di bagian dada, lalu menjalar ke bagian lengan, punggung, leher, bahkan sampai ke rahang dan penderita biasanya mengalami pusing, mual, badan lemas, kaki lemas, dan bahkan jika parah, bisa sampai pingsan.

Sobat sehat, gejala ini sangat khas dan biasanya nyerinya cukup lama, sekitar kurang lebih 20 menit dan tentu saja nyeri dada ini berbeda dengan anda yang baru saja putus dengan pacar anda mungkin ada yang mengatakan sama, sakitnya tuh disini.

Saya ingin bercerita dahulu, jadi bagi anda yang baru diputusin pacar, atau anda yang mengatakan, sakitnya tuh disini, tetapi anda masih bisa bercerita panjang lebar dan masih bisa curhat, itu bukanlah angina atau angin duduk. Itu adalah jenis penyakit yang lain dan anda bisa mendiagnosa sendiri.

Lalu, mengapa mereka yang mengalami serangan jantung bisa meninggal tiba-tiba? disini lulusandiploma menjelaskan secara bertahap.

Jantung itu berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh, dimana darah itu mengangkut oksigen dan nutrisi otot, jantung sendiri membutuhkan suplai oksigen yang berasal dari arteri atau pembuluh darah koroner. Dimana seiring bertambahnya usia kita, dengan pola makan kita yang tidak baik, juga aktivitas fisik kita yang kurang,maka akan terjadi penumpukan plak, atau kita sebut dengan aterosklerosis dimana elastisitas pembuluh darah mulai berkurang dan mulai memburuk.

Akhirnya mengalami penyumbatan sedikit demi sedikit, atau saya sebut dengan ongoing process ke arah penyakit jantung koroner tetapi belum menunjukkan gejala.

Pada saat terjadi nyeri dada sebenarnya disitu terjadi penyumbatan pada arteri atau pembuluh darah koroner dan akhirnya otot jantung tersebut tidak mendapatkan suplai oksigen sehingga akan mengalami nyeri yang sering kita sebut angina atau yang masyarakat kita sebut dengan angin duduk.

Sebenarnya proses penyumbatan ini terjadi dalam jangka waktu yang lama, tetapi puncaknya itu terjadi secara tiba-tiba dan jika tidak segera mendapat pertolongan, maka akan menyebabkan kematian karena jantung berfungsi untuk memompa darah yang berisi oksigen dan nutrisi.

Jika jantung tidak dapat memompa darah, maka otak kita tidak akan mendapatkan suplai oksigen dan nutrisi, sehingga dapat menyebabkan kematian.

Penyebab angin duduk.

1. Kolesterol.
Kolesterol itu ada yang baik dan ada yang jahat dan bisa disebut dengan LDL atau Triglyceride untuk kolesterol jahat, dimana jika jumlahnya berlebihan akan mengendap pada dinding pembuluh darah dan menyebabkan aterosklerosis, lama-kelamaan, pembuluh darah kita akan menyempit

2. Diabetes.
Dimana kadar gula yang terlalu tinggi di dalam darah juga dapat merusak dinding pembuluh darah kita.

3. Hipertensi atau darah tinggi.
Tekanan darah yang terlalu tinggi juga tidak baik untuk pembuluh darah.

4. Stress.
Di saat stress, pembuluh darah kita akan mengalami vasokonstriksi atau mengecil.

5. Obesitas.
Mereka yang mengalami kegemukan akan rentan untuk terserang penyakit jantung koroner dan serangan jantung, karena lemak yang berlebihan.

6. Merokok dan kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga.
Olahraga yang dianjurkan disini adalah 3-5 kali seminggu dan lakukan olahraga yang sesuai dengan kondisi fisik anda dan sesuai dengan usia anda, olahraga itu baik tetapi jika dilakukan berlebihan, juga dapat memicu serangan jantung, jadi jangan berolahraga yang terlalu ekstrim dan berlebihan.

7. Faktor usia yang tidak dapat kita lawan.
Jadi, terdapat 2 faktor, yang pertama itu dapat kita ubah, dan yang kedua tidak dapat kita ubah. Jadi, usia ini termasuk salah satu faktor yang tidak dapat kita ubah.

8. Jenis kelamin.
Menurut teori, pria lebih sering mengalami gejala angina atau Ă¢angin duduk dari pada wanita, itu semua adalah faktor-faktor resikonya. Dan bagaimana cara mencegahnya? Anda bisa mengikuti tips dari saya berikut ini.

Mencegah angin duduk.

1. Mengkonsumsi makanan real food.
Saya sering sekali mengatakan kepada anda semua untuk mengkonsumsi makanan real food yang tidak terlalu banyak diolah, mungkin digoreng dan sebagainya, apalagi ditambahkan pengawet, pemanis dan perasa lainnya.

2. Kemudian yang kedua, batasi jumlah konsumsi kalori harian anda.
Jangan berlebihan dan bagi anda yang sudah obesitas atau kegemukan, berusahalah untuk menurunkan berat badan anda.

3. Kemudian, hindari stress. 
Mengapa? Karena stress juga dapat memicu terjadinya serangan jantung dan ini tidak baik bagi sistem organ anda.

4. Kemudian lakukanlah olahraga dengan teratur, 3 sampai 5 kali seminggu.
Lakukanlah secara rutin, bagi anda yang tidak pernah berolahraga sebelumnya, carilah guru olahraga atau mentor olahraga yang sesuai untuk anda dan jangan olahraga berlebihan.

5. Kurangi minum beralkohol.
Kemudian bagi anda yang suka minum minuman alkohol/minum minuman keras, mulailah dikurangi karena hal ini juga tidak baik bagi kesehatan anda.

Lalu bagi anda yang memiliki faktor-faktor resiko yang sudah saya sebutkan tadi, misalnya darah tinggi, kemudian diabetes,saya sarankan kepada anda semua untuk rutin check-up secara berkala dan kunjungilah dokter pribadi anda yang anda percayai. Dan saran saya, konsultasilah dengan para ahlinya.

Sekian artikel kali ini mengenai Apa Itu Angin Duduk dan semoga saran-saran yang lulusandiploma berikan ini dapat bermanfaat untuk anda semua.
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Apa Itu Angin Duduk"