IBX5B54BCC389CD2 Selamat Hari Buruh 01 May 2018 - Lulusandiploma.com

Selamat Hari Buruh 01 May 2018

 hari-buruh

Sejarah 01 May

Pada abad ke 19, para pekerja benar-benar diperas keringatnya. Mereka harus bekerja 19-20 jam per harinya. Artinya para pekerja tersebut hanya bisa beristirahat 4 jam dalam sehari.

Mereka menuntut pengurangan jam kerja menjadi 8 jam dan mengadakan demonstrasi besar-besaran. Pada 1 Mei 1886 angka 8 jam ini diambil berdasarkan pembagian waktu 24 jam sehari menjadi: 8 jam kerja, 8 jam beristirahat dan 8 jam berkreasi.

Meski melalui perjuangan yang amat alot, tuntutan pengurangan jam kerja akhirnya dapat dikabulkan. Tanggal 1 Mei ditetapkan sebagau May Day atau Hari Buru pada tahun 1889 oleh Kongres Sosialis Dunia di Paris.

Indonesia telah menetapkan 1 Mei sebagai hari libur melalui Keputusan Presiden RI No. 24 tahun 2013 Tanggal 23 Juli tentang penerapan tanggal 1 Mei sebagai hari libur.

Kini tiap tahunnya, sekitar 92 Negara merayakan 1 Mei sebagai Hari Buruh.


Pentingnya Partisipasi Buruh

Serikat buruh/serikat pekerja adalah organisasi yang dibentuk dari, oleh dan untuk pekerja/buruh baik di perusahaan maupun diluar perusahaan yang bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab guna memperjuangkan bela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja/buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya (UU No. 21 Tahun 2000).

Buuruh/pekerja dapat menyampaikan aspirasinya melalui SP/SB. Aspirasi-aspirasi ini akan dibawa oleh teman-teman SP/SB ke Forum Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripatit, yaitu forum komunikasi, konsultasi dan musyawarah ketenagakerjaan yang melibatkan perwakilan stakeholder ketenagakerjaan. LKS Tripatit sendiri beranggotakan selegasi dari pengusaha dan Serikat Pekerja yang sudah tercatat di Instansi Ketenagakerjaan.

Buruh dan pekerja diharapkan dapat proaktif dalam merumuskan kebijakan sosial melalui Serikat Pekerja/Serikat Buruh.

Demikianlah artikel mengenai Hari Buruh Internasional Tanggal 01 May | Ahli K3 Lulusandiploma, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat hari buruh tanggal 01 May 2018. wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.

0 Response to "Selamat Hari Buruh 01 May 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel