Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Mata Minus

nutrisi-untuk-mata

Lulusandiploma.com akan membahas Nutrisi Untuk Mata.
Jadi sobat sehat lulusandiploma, gangguan atau penurunan fungsi penglihatan itu pasti akan dialami oleh semua orang. Terutama bagi mereka yang memasuki usia lanjut Namun, penurunan fungsi penglihatan ini bisa kita cegah dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin yang berguna untuk mata.

Memang benar semakin bertambahnya usia, otomatis fungsi dari organ kita akan mengalami penurunan, tetapi tentu saja kita tidak mau penurunan itu terjadi dengan sangat cepat kalau bisa pelan-pelan. bagaimana memperbaiki nutrisi untuk mata kita?

Yang pertama adalah memperbaiki pola hidup dan makanan yang kita makan.
Disini saya akan membahas 7 vitamin yang berfungsi untuk menjaga mata kita agar tetap sehat.

Jadi sobat sehat lulusandiploma sebelum membahas apa saja sih 7 vitamin untuk mata, kami jelaskan terlebih dahulu penelitian sehubungan dengan penyakit mata yang disebabkan oleh usia yang dilakukan pada tahun 2001 yang disponsori oleh National Eye Institute menemukan bahwa diet yang buruk adalah salah satu faktor terbesar penyebab Age Related Macular Degeneration dan katarak.

Asupan vitamin C, vitamin E, beta carotene dan zinc dapat secara signifikan mengurangi resiko dan merupakan natural treatment yang sangat baik untuk Macular Degeneration dan katarak.

Jadi, itu adalah penelitiannya dan diperkirakan kurang lebih setengah dari populasi orang dewasa akan menderita katarak ketika mereka mencapai usia 75 tahun.

Ada beberapa vitamin yang dapat anda konsumsi untuk mencegah penurunan fungsi mata yang  cepat ketika anda berusia lanjut.

1. Vitamin yang pertama adalah Lutein.
Lutein mengandung antioksidan dan mengandung anti peradangan yang dapat menjaga mata anda agar tetap sehat, anda bisa mendapatkan lutein ini dari buah-buahan, citrus, kuning telur, dan sayur-sayuran lainnya yang berwarna oranye.

Disini ada penelitian dari Harvard University tentang lutein, mereka menemukan bahwa dengan mengkonsumsi lutein 6mg/hari, maka dapat menurunkan resiko Macular Degeneration hingga 43%, itu adalah penelitian tentang lutein.

2. Yang kedua adalah Zeaxanthin.
Zeaxanthin ini juga merupakan jenis keratinoid yang terbaik untuk mata anda.
Jadi seperti halnya lutein, zeaxanthin juga dapat menjaga jaringan mata, lensa dan macula. Sehingga dapat membantu penglihatan anda agar lebih baik dan mencegah penyakit mata seperti katarak pada usia lanjut.

3. Yang ketiga adalah vitamin C.
Jadi vitamin C selain yang seperti kita ketahui untuk memperkuat sistem imun, vitamin C juga dapat mencegah flu, batuk, dan sebagainya, vitamin C ini juga dapat membantu mengurangi resiko kita terkena katarak, biasanya dikombinasikan dengan vitamin E.

Darimana kita mendapatkan vitamin C? Kita bisa mendapatkannya dari buah-buahan dan sayur-sayuran yang segar, bagi anda yang merasa kesulitan, anda bisa membeli suplemen. Carilah bahan-bahan yang alami dan tentu saja tidak mengandung pewarna dan pemanis buatan, apalagi pengawet.

4. Vitamin E.
Jadi seperti yang saya sebutkan tadi vitamin C dan vitamin E sama-sama dapat menjaga kesehatan mata, Jika vitamin C tadi dapat larut di dalam air sementara vitamin E adalah vitamin yang tergolong fat soluble atau vitamin yang larut dalam lemak, Kedua vitamin ini dapat menjaga tubuh kita dengan antioksidan, begitu pula dengan organ mata kita.

5. Zinc.
Zinc adalah salah satu mineral yang berfungsi juga untuk menjaga agar mata kita tetap sehat, Zinc disini juga dapat membantu untuk mengurangi faktor resiko terjadinya Macular Degeneration dan katarak.

Zinc juga berperan penting dalam cell division dan cell growth yang menjaga kestabilan sirkulasi, kemudian mencegah sistem imun kita terlalu aktif. Jika sistem imun kita terlalu aktif, maka akan menyerang diri kita sendiri atau kita sebut dengan auto immune, Zinc sangat berperan penting dan juga bersifat anti peradangan atau mencega peradangan yang disebabkan oleh sitokin, zinc ini benar-benar mineral yang sangat membantu kita.

6. Vitamin A atau kita kenal dengan Beta Karoten.
Dulu ketika SD kita sering belajar, Vitamin yang baik untuk mata vitamin apa Tetapi ternyata disini ada tujuh. Dan vitamin A adalah salah satunya, anda bisa menemukannya pada sayur-sayuran berwarna oranye atau merah contohnya seperti wortel, yang mengandung vitamin A sangat tinggi.Jadi bagi anda yang tidak suka makan sayuran terutama wortel, silahkan dimakan.

Mungkin ada teman anda yang mengejek, Lah, makan wortel kayak kelinci aja, tetapi kalau anda tahu fungsinya, lebih baik anda mengkonsumsi sayur-sayuran tersebut. Jadi, vitamin A ini memang sangat baik untuk mata dan sahabat sehat disini lulusandiploma akan menjabarkan sebuah jurnal, yaitu dari American Academy of Ophthalmology. Bahwa kita membutuhakn vitamin A yang memadai untuk mencegah Xerophthalmia dan rabun senja.

Penelitian juga menunjukkan bahwa asupan vitamin A dengan antioksidan lainnya dapat memperlambat proses dari kerusakan syaraf seperti Diabetic Neuropathy.

Diabetic Neuropathy Iitu apa? Diabetic Neuropathy adalah kerusakan syaraf yang disebabkan oleh diabetes atau kencing manis. Jadi, vitamin A juga dapat mencegah hal tersebut. Vitamin A ini sangat luar biasa.

7. Kemudian yang terakhir adalah Omega-3.
Jadi, kita semua sudah mengetahui bahwa asam lemak omega-3 ini bahwa berasal dari ikan,  simak manfaat dari omega-3. jadi ada EPA dan DHA. Kemudian ada juga yang berasal dari tumbuhan, biasanya kita dapatkan dari Chia Seed atau Flax Seed. Dan ini juga bagus sebagai anti peradangan. Jadi selain bagus untuk mata, juga bagus untuk tubuh anda.

Karena dewasa ini, banyak penyakit-penyakit yang disebabkan oleh terlalu banyak peradangan di dalam tubuh kita. Kembali lagi pada makanan kita dan lifestyle kita.

Jadi, itu semua adalah 7 nutrisi yang dibutuhkan mata anda tetap sehat hingga usia lanjut. Jadi saya ulangi, yang pertama adalah lutein, kemudian zeaxanthin, vitamin C, vitamin E, kemudian ada zinc, vitamin A dan omega-3.
Pastikan semua zat-zat atau nutrisi tadi ada dalam makanan anda sehari-hari.

Saya tidak meminta semuanya ada setiap hari. Tetapi usahakan ada dalam menu makanan anda. Mungkin pagi sudah ada vitamin A dan vitamin E. Lalu siangnya ada lagi bahan makanan lain.
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Mata Minus"