IBX5B54BCC389CD2 Spirulina Atau Chlorella? - Lulusandiploma.com

Spirulina Atau Chlorella?

chlorella

Bagi anda yang suka dengan topik kesehatan, suka dengan dunia kesehatan, mungkin anda tidak asing lagi dengan kata spirulina dan chlorella.

Lulusandiploma juga mendapatkan banyak pertanyaan tentang kedua spesies ini.
Jadi pada artikel kali ini, saya akan membahas topik tentang Mana yang Harus Saya Makan, Spirulina atau Chlorella?

Lulusandiploma akan membahas apa itu spirulina dan chlorella serta apa fungsi masing-masing dari kedua spesies ini.

Yang pertama, kita membahas spirulina. Spirulina merupakan spesies cyanobacteria. Dan spesies ini mempunyai kemampuan berfotosintesis. Mungkin sobat sehat masih ingat, dulu pada pelajaran biologi ketika SMA, ada yang namanya fotosintesis.

Fotosintesis merupakan kemampuan untuk menghasilkan energi dengan bantuan sinar matahari, ada juga yang menggolongkan spirulina ini ke dalam jenis ganggang yang berwarna hijau dan biru.

Dan spirulina ini dapat tumbuh dengan baik di tempat yang mengandung air. Contohnya seperti air danau, air kolam atau sungai.Tentu saja harus dengan bantuan sinar matahari. Dan spirulina ini sudah direkomendasikan oleh WHO (World Health Organization) atau Badan Kesehatan Dunia untuk anak-anak malnutrisi.

Jadi,untuk anak-anak yang kekurangan nutrisi di negara-negara berkembang, spirulina ini merupakan therapy yang baik untuk mereka. Disini dikatakan bahwa 1 gram spirulina per hari dapat membantu anak-anak yang kekurangan vitamin A.

Dimana kita tahu jika kekurangan vitamin A yang cukup parah, maka lama kelamaan dapat menyebabkan kebutaan. Jadi spirulina ini sangat membantu mereka.

Apa sih sebenarnya manfaat dari spirulina?
Yang pertama adalah spirulina mampu mendetoks logam berat. Khususnya arsenik. Jadi logam berat yang mampu dibersihkan dari tubuh kita adalah arsenik. Arsenik ini merupakan logam berat yang menjadi masalah di negara-negara Timur. Contohnya seperti Taiwan, India, Bangladesh, dan China.
Sampai sekarang, belum ada obat atau makanan yang mampu membersihkan arsenik pada tubuh manusia.

Spirulina merupakan alternatif untuk membersihkan arsenik dari tubuh kita.Kita tahu bahwa jika tubuh kita kelebihan arsenik, maka akan membebani kinerja organ-organ kita, terutama liver atau hati. Itu tadi merupakan fungsi yang pertama dari spirulina.

Kemudian fungsi yang kedua adalah mengeleminasi jamur atau kandida.Mungkin anda pernah membaca artikel saya sebelumnya. Banyak mereka yang berjerawat salah satunya disebabkan oleh tumbuhnya banyak kandida di usus/di dalam saluran pencernaan mereka. Spirulina membantu dalam mengeliminasi kandida. Dengan dieleminasinya kandida di dalam usus anda, otomatis jerawat akan berkurang dan dapat sembuh dengan sendirinya.

Kemudian yang ketiga, spirulina dapat menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Di dalam spirulina terkandung fikosianin yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Kemudian fungsi yang keempat adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Dan fungsi fikosianin selain dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, fikosianin juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Dan pada penelitian di Jepang, orang-orang yang mengkonsumsi spirulina dapat memperbaiki disfungsi endothelial mereka.

Jadi mereka yang mengalami penyakit metabolik contohnya seperti darah tinggi dan penyakit diabetes. Pembuluh darah mereka atau endothelial mereka mengalami disfungsi atau penurunan fungsi. Spirulina dapat memperbaiki fungsi dari pembuluh darah atau endothelial.

Kemudian fungsi yang kelima adalah menurunkan kolesterol dan mencegah stroke. Lalu fungsi yang keenam adalah dapat meningkatkan energi.Saya mempunyai pengalaman pada fungsi yang keenam ini, yaitu meningkatkan energi.

Saya mencoba memberikan spirulina kepada beberapa pasien dalam dosis kecil, dan mereka pun merasa sangat terbantu. Badan mereka terasa lebih segar dan dapat melakukan aktivitas dengan lebih baik lagi. Yang sebelumnya mudah mengantuk dan capek, akhirnya mereka merasa lebih berenergi lagi.

Kemudian manfaat yang ketujuh adalah membantu melawan radiasi dari microwave dan handphone. Saya yakin anda memiliki HP di tangan anda masing-masing. Spirulina dapat membantu untuk melawan radiasinya.
Itu tadi adalah tujuh fungsi dari spirulina. So, bagaimana dengan chlorella?Oke, kita akan bahas apa itu chlorella terlebih dahulu.

Chlorella adalah jenis ganggang hijau bersel tunggal yang hidup di air tawar, air laut, dan tempat-tempat basah. Anda bisa melihat gambarnya disini. Chlorella sendiri merupakan makanan yang mengandung : Fitonutrisi, Asam Amino, Klorofil, Beta Karoten, Kalium, Fosfor, Biotin, dan Magnesium.

Dan juga beberapa vitamin B atau kita sebut dengan vitamin B kompleks.Lalu, apa sih fungsi dari chlorella? Jadi, kalau tadi kita sudah membahas fungsi spirulina, kali ini kita akan membahas fungsi chlorella.

Fungsi chlorella sendiri yang pertama adalah mampu mendetoks logam berat, tetapi dengan jenis yang berbeda. Jika spirulina tadi membersihkan zat arsenik dari tubuh, maka chlorella mempunyai kemampuan membersihkan merkuri, kadmium, uranium, dan timbal dengan cara zat-zat logam berat ini dibungkus, lalu dibuang oleh tubuh agar tidak diserap oleh tubuh.

Kemudian fungsi yang kedua adalah mendetoks tubuh kita dari radiasi dan chemotherapy.Mungkin bagi anda yang sekarang menjalani radiasi atau kemoterapi, anda bisa menambahkan chlorella ke dalam makanan anda.Karena chlerella ini dapat membantu anda dalam mengurangi efek samping dari kemoterapi.

Kemudian yang ketiga, chlorella dapat meningkatkan sistem imun anda.
Jadi chlorella dapat membantu mengaktivasi sel-sel dalam sistem imun anda.
Di dalam tubuh kita terdapat yang namanya NK sel atau Natural Killer Cells. Jadi, chlorella dapat mengaktivasi NK sel itu tadi. Dan tentu saja sistem imun kita juga akan meningkat jika sel tadi teraktivasi.

Kemudian yang keempat adalah dapat menurunkan kolesterol dan mengontrol gula darah.
Jadi untuk pasien diabetes, pasien kolesterol atau anda yang mengalami diabetes atau kolesterol, anda dapat menambahkan chlorella dalam makanan anda.

Kemudian yang kelima adalah dapat menghambat proses penuaan.
Mungkin para wanita sangat menyukai apabila umur bertambah tetapi wajah tetap cantik dan awet muda. Chlorella sendiri secara alami sudah mengandung vitamin A, vitamin C dan Glutathione. Jadi, zat-zat tadi dapat menghambat radikal bebas yang akan merusak molekul-molekul sel di dalam tubuh kita.

Kemudian fungsinya yang terakhir adalah dapat mencegah kanker juga.
Jadi baik spirulina maupun chlorella mempunyai manfaatnya masing-masing.

Sobat sehat, saya pribadi mengkonsumsi kedua spesies ini. Chlorella dan spirulina ini dalam satu produk yang berbentuk tablet. Jadi saya tinggal mengkonsumsinya saja. Dan saya mendapatkan banyak sekali manfaat dari kedua spesies ini. Saya juga menyarankan ini kepada pasien-pasien saya.
Dan mereka mendapatkan banyak manfaat dari kedua spesies tersebut, yaitu chlorella dan spirulina.

Di samping harganya yang murah, anda mendapatkan manfaat yang luar biasa dan anda dapat menjaga kesehatan anda. Jika anda bertanya mana yang harus saya konsumsi, spirulina atau chlorella? Saran saya adalah anda bisa mengkonsumsi keduanya.

Semoga informasi spirulina atau chlorella ini dapat bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Spirulina Atau Chlorella?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel