IBX5B54BCC389CD2 6 Tips Agar Kamu Sukses Bekerja di Tanah Rantau - Lulusandiploma.com

6 Tips Agar Kamu Sukses Bekerja di Tanah Rantau

merantau

Siapa yang tidak berkeinginan untuk bekerja di tanah rantau dengan gaji yang besar dan orang-orang dikampung halaman serta keluarga merasa bangga dengan kesuksesan kita. Di Indonesia sudah tidak asing lagi dengan yang namanya merantau, apalagi para laki-laki bujang. Yang dari Jawa merantau ke Kalimantan dan Sumatra sedangkan yang dari Kalimantan mereka merantau ke Jawa dan Sumatra serta yang lainnya.

Namun jangan anggap merantau itu seindah dengan yang kita fikirkan, selama kita tidak mempunyai tujuan dan persiapan yang matang merantau malah dapat memperburuk kehidupan. Yuk kita simak tips dari lulusandiploma.com agar kamu sekses bekerja ditanah rantau:

1. Sebelum Meninggalkan Kampung Halaman, Kamu Harus Kuatkan Tujuan dan Persiapan

tujuan merantau

Tujuan menjadi salah satu tolak ukur yang pertama sebelum kamu memutuskan untuk meninggalkan kampung halaman, apabila kita belum ada pemikiran yang matang jangan pernah coba-coba untuk merantau. Bukannya meraih kesuksesan dikampung orang lain nanti malah sebaliknya, kita kesusahan dan gatau tujuan mau kemana dan ingin bekerja apa sampai untuk makan sajapun kebingungan.

Jangan samakan merantau dengan kamu pergi liburan, saat merantau kamu bukan lagi meninggalkan kampung halaman sehari atau dua hari saja, tapi bertahun-tahun. Hal yang paling penting kamu lakukan adalah dengan mencari mengenai kota tersebut, bagaimana budaya disana dan carilah info sebanyak-banyaknya sebelum kamu meninggalkan kampung halaman.

Pastikan kamu mempunyai saudara, kerabat dekat atau sekedar kenalan yang apabila suatu saat kamu mengalami keadaan mendesak mereka bisa dapat dimintai bantuan. Sebagai langkah antisipasi ada baiknya kamu memastikan kalau kamu ditanah rantau tidak benar-benar sendirian, setidaknya saudara atau kerabat dekat.

Apabila suatu saat merantau adalah pilihan terbaikmu, maka cobalah bangun tujuan dan persiapan agar kamu bertanggung jawab atas keputusanmu itu. Yakinlah bahwa kamu akan meraih kesuksesan ditanah rantau dan akan membawa kebanggaan saat pulang kekampung halaman.

2. Jika Kamu Ingin Sukses di Perantauan, Tanamkan Rasa Tanggung Jawab, Pantang Mengeluh dan Tahan Banting

tanggung-jawab-merantau

Merantau sudah menjadi fenomena di Indonesia kalau identik dengan kata kesuksesan, namun kesuksesan itu tidak hanya didapatkan dengan cuma-cuma dan begitu saja. Kita haru mempunyai rasa tanggung jawab, pantang mengeluh dan tahan banting supaya kesuksesan tersebut dapat kita raih. Mereka yang sudah meraih kesuksesan tetap mantap menghadapi ujian dan cobaan saat tinggal diperantauan dan pantang menyerah untuk balik ke kampung halaman.

3. Kamu Harus Pintar Mengatur Uang Agar di Kota Rantau Hidupmu Bisa Berkecukupan


mengatur uang saat merantau

Selain mempunyai tujuan dan rasa tanggung jawab yang tinggi kamu juga harus pintar mengatur pengeluaran agar di perantauan hidupmu bisa berkecukupan. Hidup jauh dari rumah dan keluarga berarti kamu harus siap untuk mengurus diri sendiri terutama dalam hal keuangan. Jika tidak ingin besar pasak dari pada tiang maka lulusandiploma.com menyarankan agar kamu belajar mengatur keuangan sedari sekarang.

4. Jangan Salah Memilih Teman, Karena Pergaulan Adalah Salah Satu Proses Kesuksesan

Teman Merantau

Tanah rantau ibarat lembar kosong yang dapat diisi dengan apa saja, bukalah lebar dirimu untuk bergaul sampai mendapatkan teman yang sama-sama satu tujuan. Teman kita ditanah rantaulah yang lambat laun akan membuat kita betah, bahkan mereka pula yang akan memberikan pelajaran, ilmu dan tidak segan membantu saat kita membutuhkan.

Meski kamu harus membuka lebar pergaulan, namun kamu juga  harus tetap pandai saat memilih teman. Jangan sampai teman anda melupakan tujuan anda untuk merantau, tetap utamakan teman yang baik untuk berada disekelilingmu. Dengan cara yang seperti ini kamupun tidak akan mudah melupakan tujuan dan berlari ke arah yang negatif saat diperantauan.

5. Mumpung Masih Muda, Manfaatkanlah Segala Kesempatan Yang Menghampirimu

kesempatan merantau

Saat sudah berada diperantauan pasti akan banyak kesempatan yang datang menghapiri dirimu seperti ada pekerjaan free lance atau yang lainnya. Mumpung diri kamu masih muda, manfaatkanlah seoptimal mungkin untuk mengatakan ya pada kesempatan yang peluangnya dapat meningkatkan karirmu. Jangan terbiasa pada kemalasan dan usahakan semaksimal mungkin untuk meraih kesuksesan lebih cepat dari yang  kita targetkan.

6. Berdoa, Kerja Keras dan Pantang Menyerah Adalah Tolak Ukur Kesuksesan Kamu

kesuksesan merantau

Dari beberapa tips yang lulusandiploma.com sebutkan diatas, sebenarnya tips yang terakhir inilah yang paling berpengaruh untuk meraih kesuksesan kamu diperantauan. Jangan pernah menanamkan prinsin jangan pulang sebelum sukses, penyebabnya karena kesuksesan berasal dari doa orang tua. Pulanglah kekampung halaman apabila mempunyai waktu luang saat di tanah rantau, karena rindu seorang ibu adalah dilema hati yang paling luar biasa yang akan kita rasakan.

Pulanglah dan mintalah doa kembali kepada orang tua agar disegerakan menuju kesuksesan. Namun tetap pada pendirian awal, jangan menyerah sebelum kita sukses. Kerja keras mengerahkan tujuan dan fikiran untuk mencapai segala tujuan yang akan kita raih.

Demikianlah artikel mengenai 6 Tips Agar Kamu Sukses Bekerja di Tanah Rantau | Ahli K3 Lulusandiploma, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan, referensi dan rujukan yang kami peroleh. Kami berharap agar pembaca sekalian memberikan kritik dan masukannya di kolom komentar untuk membangun kami kedepannya menjadi yang lebih baik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu.

0 Response to "6 Tips Agar Kamu Sukses Bekerja di Tanah Rantau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel