IBX5B54BCC389CD2 Apa Makanan Penderita Darah Tinggi - Lulusandiploma.com

Apa Makanan Penderita Darah Tinggi

makanan-berlemak

Sebelumnya, banyak orang yang mengajukan pertanyaan mengenai kesehatannya, penyebabnya karena terkena tekanan darah tinggi. Apa sih yang harus saya makan?

Dan sebagian orang juga mengatakan,Saya tidak boleh makan ini, saya tidak boleh makan itu, dan lain-lain. Jadi, apa yang harus saya makan? Saya tidak tahu.

Jadi pada artikl kali ini saya akan membahas tentang Apa Makanan dan Suplemen Terbaik Untuk Membantu Mengatasi Tekanan Darah Tinggi Anda?.

Jadi sahabat sehat, pertama-tama kita bahas dahulu apa penyebab darah tinggi.
Mungkin sahabat sehat dan teman-teman pernah membaca di online atau di koran.Jadi penyebab darah tinggi yang perlu kita ketahui misalnya mengkonsumsi garam dalam jumlah berlebihan atau stress.

Bisa juga kegemukan, pola hidup yang kurang baik atau kurang aktivitas fisik, dan pola makan yang tidak baik.Bisa juga faktor usia.

Disini saya akan membahas tentang 4 unsur penting yang harus anda dalam menu makanan anda.Terutama bagi anda yang menderita tekanan darah tinggi.

Unsur yang pertama adalah omega-3.
Omega-3 mengandung DHA dan EPA.DHA dan EPA yang terkandung di dalam omega-3 ini ternyata baik untuk menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah dan juga bagi kesehatan otak anda.Bagi anda yang menderita nyeri lutut, omoega-3 ini dapat membantu meringankan nyeri lutut anda.Kemudian, omega-3 dapat membantu para penderita tekanan darah tinggi dari sisi mana?

Omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan (sebagai anti inflamasi) pada pembuluh darah anda.Jadi pembuluh darah atau arteri yang mengalami peradangan berperan sebagai penyebab darah tinggi anda.Dengan mengkonsumsi omega-3, peradangan tersebut akan berkurang. Jadi tekanan darah tinggi anda pun akan ikut berkurang.

Kemudian anda bisa mendapatkan sumber makanan yang mengandung omega-3 ini dari minyak ikan.Tentu saja anda harus memilih minyak ikan yang baik. Saran saya, anda dapat mengkonsumsi minyak ikan dari perairan laut dalam.Mengapa? Karena ditakutkan ikan selain itu sudah tercemar logam berat.

Untuk mendapatkan omega-3, anda bisa mengkonsumsi ikan liar yang hidup di perairan laut dalam.Jadi bukan ikan yang diternakkan atau dipelihara.
Tentu saja ikan yang hidup liar itu punya kualitas kandungan omega-3 yang lebih baik.

Kemudian unsur kedua yang harus ada dalam makanan anda adalah magnesium.Magnesium berfungsi untuk merelaksasi dinding pembuluh darah. Jadi dinding pembuluh darah yang baik adalah yang bisa elastis. Bisa kontraksi dan bisa relaksasi.Magnesium berfungsi untuk merelaksasi dinding pembuluh darah anda dan meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh anda.

Dengan begitu, maka akan menurunkan tingkat stress pada tubuh anda. Sumbernya dari mana?Sumbernya dari makanan-makanan seperti alpukat, pisang dan kacang almond. Anda bisa mengkonsumsinya.

Kemudian unsur ketiga yang harus ada dalam makanan adalah kalium.Kalium berfungsi atau berperan dalam kontraksi otot anda. Yaitu otot jantung atau miokard.Disini kalium berperan untuk mengaktifkan impuls syaraf dan mengatur detak atau denyut jantung anda. Disini kalium sangat berperan.

Anda bisa mendapatkan kalium dari bahan makanan seperti ubi jalar, pisang, alpukat, dan sayur-sayuran hijau.Kemudian yang keempat adalah antioksidan. Disini antioksidan yang saya maksud adalah Koenzim Q10.Koenzim Q10 dapat membantu kesehatan jantung, pembuluh darah, juga kesehatan kerangka dan otot anda.

Jadi sebenarnya tubuh kita dapat memproduksi koenzim Q10 sendiri. Koenzim Q10 dapat ditemukan pada semua sel di dalam tubuh anda. Dan Koenzim Q10 ini berperan dalam melindungi sel-sel tubuh anda dari kerusakan oleh molekul-molekul yang tidak baik (radikal bebas).Penggunaan obat-obatan seperti obat kolesterol golongan statin atau obat-obat diabetes dapat menurunkan produksi koenzim Q10.

Dapat menurunkan efektivitas atau kinerja dari koenzim Q10. Dan seiring bertambah usia, maka produksi koenzim Q10 di dalam tubuh kita juga akan ikut berkurang.Padahal kita tahu koenzim Q10 ini sangatlah penting perannya dalam menghasilkan energi bagi tubuh kita.

Untuk anda yang ingin mengkonsumsi koenzim Q10, anda bisa mendapatkan sumbernya dari jantung, hati, ginjal, kedelai, dan dari kacang-kacangan, juga dari sarden.Tetapi saran saya, sebaiknya anda memilih sumber koenzim Q10 yang rendah kolesterol.

Jangan sampai anda mengejar jumlah koenzim Q10, namun kolesterol anda juga ikut naik.Contohnya anda mengkonsumsi jeroan seperti yang saya sebutkan tadi.

Kemudian ada juga bawang putih. Jadi di dalam bawang putih terdapat zat nutrisi yang disebut Allicin. Jadi senyawa kimia Allicin juga berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu kesehatan jantung dan pembuluh darah anda.

Selain itu, bawang putih juga mempunyai khasiat sebagai anti bakteri, anti virus dan anti jamur.Tetapi untuk mengkonsumsi bawang putih, penyajiannya adalah dengan ditumbuk atau dipotong halus kemudian dikunyah. Bukan digoreng.Jika digoreng, zat tersebut akan rusak. Tentunya bukan menjadi zat antioksidan lagi.

Jadi 4 unsur itu tadi semoga dapat anda pahami.
Namun selain 4 unsur tadi, harus anda lengkapi dengan 1 tips lagi. Yaitu aktivitas fisik atau olahraga. Anda dapat melakukannya setiap hari atau paling sedikit 3 kali seminggu selama 30 menit. Anda lakukan setiap hari selama 30 menit.

Pemilihan jenis olahraga atau aktivitas fisik itu terserah anda. Anda bisa berjalan cepat, senam, yoga atau pillates, itu terserah anda. Apapun yang anda sukai. Namun sesuaikan dengan kondisi fisik dan usia anda.Saya sarankan anda memilih partner atau mentor (trainer) yang dapat membantu anda dalam melakukannya.Semoga informasi ini dapat berguna untuk anda.

Jika anda yang membaca artikel ini adalah anak-anak, anda bisa share artikel ini ke orang tua anda. Terutama yang orang tuanya memiliki tekanan darah tinggi.Anda boleh share kepada teman-teman anda. Semoga anda semua sehat selalu.

0 Response to "Apa Makanan Penderita Darah Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel