IBX5B54BCC389CD2 Apa Yang Terjadi Saat Menelan Permen Karet - Lulusandiploma.com

Apa Yang Terjadi Saat Menelan Permen Karet

permen-karet

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Apa yang Terjadi Jika Menelan Permen Karet? beberapa di antara kita mungkin sebagian besar pernah menelan atau tidak sengaja tertelan permen karet. Lalu, apa yang ada di pikiran anda ketika tertelan permen karet?

Ada yang berpikir, Permen karet ini akan selamanya berada di perut saya. Atau berhari-hari disana. Atau mungkin ketika saya waktu kecil, teman saya juga pernah berkata seperti ini,Nanti bisa tumbuh pohon karet disitu loh kalau dibiarkan..! Nanti daunnya keluar dari telinga dan dari hidung!

Mungkin beberapa di antara anda ada yang mengalami hal demikian. Sebenarnya tidak seperti ini.Jadi, saya ingin menjelaskan dahulu. Ketika kita makan makanan yang normal atau makanan yang biasanya, itu akan melalui metabolisme tingkat pertama di dalam mulut.

Kemudian, makanan tersebut ditelan. Makanan yang sudah kita kunyah tadi sampai 32 kali dengan bantuan enzim di mulut, makanan tersebut dipecah lalu masuk ke lambung.Dengan bantuan asam lambung dan enzim-enzim di lambung. Kemudian makanan ini dipecah lagi atau dimetabolisme lagi lebih lanjut.

Setelah itu masuk ke usus kecil, usus besar, dilakukan penyerapan disana, dan akhirnya dibuang. Lalu, apa yang terjadi dengan permen karet? Permen karet tidak mengikuti hukum atau aturan tersebut.

Jadi seberapa banyakpun anda mengunyah permen karet, bentuknya tetap seperti itu. Jadi, permen karet tidak bisa di break down.

Kebanyakan bahan permen karet adalah berbahan dasar karet butyl atau butyl rubber.Dimana bahan dasar ini juga digunakan untuk membuat produk-produk lain seperti ban, kemudian sealant,bahan peledak, lalu alat olahraga seperti bola kasti dan sebagainya.

Tetapi tenang saja. Bahan yang digunakan untuk permen karet ini tidak akan membuat perut anda sakit.Lalu, apa yang terjadi jika tertelan?

Jadi walaupun tidak bisa melalui metabolisme tingkat pertama, dikunyah tidak hancur, terkena asam lambung  juga tidak rusak/tidak bisa di break down. Bukan berarti permen karet ini akan tertinggal di dalam perut anda selama-lamanya. Apalagi sampai tubuh anda menjadi pohon karet.Jadi, itu adalah mitos.

Tubuh juga mempunyai mekanisme untuk mengeluarkan zat-zat atau makanan yang susah dicerna oleh tubuh.. Contohnya seperti anda mungkin pernah tertelan biji jagung yang keras. Itu pun keluarnya tetap seperti itu.

Atau anda menggigit kuaci, tetapi kulitnya belum dibuka dan tertelan.Itupun akan dikeluarkan oleh tubuh melalui mekanisme gerakan peristaltik pada organ pencernaan anda.Tetapi, sifat dari permen karet itu lengket. Jika anda tertelan sedikit, mungkin saat anda kunyah tidak sengaja tertelan.

Permen karet ini dapat dikeluarkan dari tubuh anda pada keesokan harinya atau 2 hari kemudian. Tetapi kalau anda mengkonsumsi banyak permen karet, itu bahaya. Jadi mentang-mentang dr. Sung bilang, Oh iya, permen karet bisa keluar.
Walaupun ditelan bisa keluar.

Lalu anda hari ini mengkonsumsi 5 permen karet lalu anda telan semuanya. Atau satu pack anda telan semuanya.Kalau terlalu banyak, otomatis permen karet ini akan bersatu di dalam perut. Dan ini bisa berpotensi memblokir/menyumbat saluran pencernaan anda.Terutama pada anak-anak yang rongga saluran pencernaannya masih kecil.

Jadi bagi para orang tua, berhati-hatilah untuk tidak memberikan permen karet pada anak-anak di bawah satu tahun. Untuk mereka yang sudah dewasa, jika sampai tertelan, jangan khawatir. Tidak usaha panik karena permen karet ini bisa keluar dengan sendirinya.Jadi untuk anda yang hobi makan permen karet/ mengunyah permen karet, mungkin dengan anda mengunyah permen karet, anda merasa lebih rileks.Atau bagi beberapa orang, dikonsumsi untuk menyegarkan napas. Itu sah-sah saja. Silahkan.

Tetapi pesan saya, tidak perlu khawatir jika sampai tertelan. Dan jangan mengkonsumsinya terlalu banyak. Beberapa permen karet masih menggunakan gula yang tinggi. Hal itu dapat merusak gigi anda dan dapat meningkatkan kalori di dalam tubuh anda.Mungkin beberapa permen karet sudah diganti dengan pemanis buatan atau gula substitute. Memang sudah masuk dalam Badan POM dan itu sah.

Baik juga untuk anda konsumsi. Tetapi, jangan berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.Semoga penjelasan pada artikel saya kali ini dapat anda mengerti.

0 Response to "Apa Yang Terjadi Saat Menelan Permen Karet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel