IBX5B54BCC389CD2 Apakah Berkeringat Kehilangan Lemak - Lulusandiploma.com

Apakah Berkeringat Kehilangan Lemak

kehilangan-lemak

Pada artikel kali ini saya akan membahas topik yaitu tentang kesehatan yaitu: Apakah Berkeringat Menyebabkan Kehilangan Lemak?.Sobat sehat, kita sering mendengar bahwa banyak orang mengatakan tidak perlu olahraga terlalu lama, tidak perlu olahraga terlalu berat, yang penting keluar keringat.

Jadi dengan keluar keringat, mereka beranggapan bahwa lemak akan ikut keluar juga. Akan bisa membuat kita lebih kurus & lebih langsing.

Apakah itu benar? Sebelum saya menjawab hal itu, saya akan menjelaskan dulu tentang apa itu keringat dan mengapa tubuh kita berkeringat. Sebenarnya, keringat berasal dari kelenjar keringat yang terdapat di pori-pori kulit kita.Kenapa bisa berkeringat?

Tubuh kita mengeluarkan keringat sebenarnya adalah untuk mengatur suhu tubuh atau mengatur temperatur pada tubuh kita.Contohnya pada anda ketika di sekolah mengikuti upacara bendera, terkena sinar matahari, bagi anda yang berolahraga, atau bagi anda yang sedang sauna.

Jadi tubuh anda akan mengeluarkan cairan, yaitu keringat yang bertujuan agar temperatur tubuh anda tidak terlalu tinggi.Jadi apabila tubuh kita tidak bisa berkeringat, maka panas akan terkumpul di dalam tubuh kita.Dan akhirnya akan mengganggu metabolisme di dalam tubuh anda.Saya ingin sharing sedikit tentang pertanyaan seperti ini :

Sebelum berolahraga biasanya saya menimbang berat badan dahulu. Setelah itu saya melakukan olahraga jogging/badminton. Saya bisa ganti baju 2 kali. Keringat saya keluar banyak. Lalu setelah pulang dan mandi, saya timbang lagi dok. Dan ternyata bisa turun 0,7 hingga 1 kg.Berarti kadar lemak saya berkurang ya,?

Sebenarnya disini mau menjelaskan bahwa pada saat anda berkeringat, yang keluar adalah cairan tubuh anda. Bukan lemak di dalam tubuh anda.Ketika anda berolahraga, memang tubuh anda akan membakar kalori. Tapi bukan berarti lemak ikut keluar bersama keringat anda.Dan ini juga berlaku bagi mereka yang beranggapan dengan berolaharaga sampai berkeringat dapat membuat tubuh menjadi kurus.

Sebenarnya, anggapan ini tidak 100% salah dan tidak 100% benar. Tergantung dari olahraga jenis apa dan bagaimana pola makan anda.Jika anda berjemur, kemudian berkeringat tanpa melakukan aktivitas fisik, kemungkinan untuk menurunkan lemak di dalam tubuh anda sangatlah sedikit.Dan mungkin tidak membakar lemak anda sama sekali. Jika anda melakukannya selama 1 jam, anda hanya akan mengalami dehidrasi karena kehilangan begitu banyak cairan.

Banyak juga yang melakukan olahraga di sinag hari, jam 12/jam 1 siang menggunakan jaket yang tebal untuk memaksa tubuh berkeringat lebih banyak,dan mereka puas setelahnya karena berat badan mereka turun secara drastis.

Tetapi setelah anda mengkonsumsi cairan, setelah anda makan lagi, maka berat badan anda akan kembali seperti semula. Karena yang keluar hanyalah cairan di dalam tubuh anda.Apa bahayanya jika anda melakukan hal itu terus-menerus dan anda kurangi jumlah minum anda?

Mungkin anda takut berat badan anda naik lagi. Akhirnya, anda akan mengalami dehidrasi.Mungkin ginjal anda akan bekerja lebih berat, jantung anda akan bekerja lebih berat karena hal ini. Lemak itu sendiri pada tubuh kita tersimpan di bawah kulit, atau disebut dengan lemak subkutan.Sebenarnya lemak ini tidak berbahaya bagi anda.

Kemudian ada lagi lemak yang tersimpan di dalam rongga tubuh kita, yang disebut dengan lemak visceral. Inilah yang berbahaya.Mengapa? Karena lemak ini tersimpan di dalam organ-organ tubuh dan dapat menyebabkan gangguan kinerja pada organ tubuh kita.

Misalnya fatty liver atau hati anda terbungkus dengan lemak. Otomatis jantung anda tidak dapat memompa darah dengan baik. Kemudian lemak pada pembuluh darah. Lemak yang menempel pada dinding pembuluh darah. Itu juga merupakan lemak yang tidak baik.

Kemudian di dalam otot kita juga terdapat sedikit kandungan lemak. Tetapi itu juga tidak terlalu masalah.Disini saya ingin menjelaskan bagaimana cara agar lemak itu dapat terbakar/lemak itu bisa terbuang.Bukan berarti dengan kita berolahraga keras.

Maksud saya, olahraga keras saja tidak cukup. Anda harus mengatur pola makan anda. Karena kelebihan kalori yang anda makan akan menjadi lemak. Bukan berarti saya makan lemak akan menjadi lemak. Tidak seperti itu. Walaupun anda makan lemak, anda makan karbohidrat, maupun anda makan protein, jika itu semua berlebih, maka tubuh akan menyimpannya dalam bentuk lemak.Apalagi jika anda tidak menggunakannya.

Anda hanya makan, kemudian pekerjaan anda hanya duduk di depan laptop atau menonton TV seharian.Tapi jika makanan anda mengandung tinggi kalori, maka akhirnya akan menumpuk pada tubuh anda.Terutama bagi para pria, akan menumpuk pada bagian central dari tubuh yang kita sebut dengan central obesitas.

Sedangkan pada wanita, akan cenderung disimpan di lengan, bokong dan paha.  Terdapat sedikit perbedaan.Jadi jika pada pria bentuknya seperti buah apel, jika pada wanita, bentuknya seperti buah pir.Untuk anda yang sekarang tubuhnya terlalu banyak lemak atau bisa disebut kegemukan/obesitas, anda boleh baca artikel saya Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan dari 100 kg Menjadi 50 kg. Yaitu bagaimana cara membakar lemak dengan baik.

Dan artikel ini saya buat untuk meluruskan. Karena banyak sekali anggapan bahwa : Saya sudah berkeringat, berarti lemak saya sudah keluar. Sebenarnya tidak demikian.
Semoga artikel ini bermanfaat terimakasih

0 Response to "Apakah Berkeringat Kehilangan Lemak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel