IBX5B54BCC389CD2 Bahaya Menahan Kencing Terlalu Lama - Lulusandiploma.com

Bahaya Menahan Kencing Terlalu Lama

menaha-kencing

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang kesehatan mengenai Apa Bahaya dari Menahan Kencing Terlalu Lama sebelum saya menjelaskan apa bahayanya jika kita menahan kencing terlalu lama,saya akan membahas dulu bagaimana proses air seni terbentuk.

Jadi proses pembentukan air seni ini melibatkan beberapa organ seperti ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra.Oke, kita bahas satu persatu.

Yang pertama adalah ginjal.
Ginjal di dalam tubuh manusia jumlahnya ada 2 buah, terletak di kiri dan kanan. Anda bisa lihat gambar disini.Bentuknya seperti kacang merah atau disebut Kidney bean. Di dalam ginjal manusia terdapat kurang lebih 1 juta Nefron yang berfungsi untuk menyaring dan membuat limbah dari saringan ini.Lalu proses selanjutnya, limbah ini akan dibuang oleh tubuh kita.

Kemudian proses selanjutnya setelah melalui ginjal, maka akan disalurkan melalui ureter. Ureter ini berbentuk seperti selang yang menghubungkan kedua ginjal tadi ke sisi kiri dan kanan kandung kemih kita.Jadi ureter ini hanya berfungsi sebagai saluran yang berbentuk seperti selang dan panjang ureter pada orang dewasa kurang lebih sekitar 25-30 cm.

Kemudian proses yang ketiga, setelah melalui ureter, maka akan ditampung oleh kandung kemih yang berbentuk seperti balon.
Dan sifatnya juga sangat elastis seperti balon.Pada saat kandung kemih ini kosong, dia akan mengempis. Dan pada saat terisi penuh, kandung kemih ini akan mengembang seperti balon tadi.

Dan setelah penuh, dari kandung kemih ini mempunyai syaraf yang menghubungkannya dengan otak anda.Jadi anda akan merasa Saya ingin ke belakang/Ingin berkemih.

Kemudian proses selanjutnya dari kandung kemih, maka akan disalurkan lagi ke uretra.Uretra ini mirip seperti ureter tadi, tetapi hanya ada satu.Pada wanita ukurannya lebih pendek. Yaitu kurang lebih sekitar 5 cm.

Sedangkan pada pria lebih panjang. Kurang lebih sekitar 20 cm. Jadi, urine yang merupakan sisa dari metabolisme tubuh kita dalam bentuk cairan ini akan dibuang melalui organ-organ (sistem perkemihan) yang terkait tadi.Disini saya akan membahas apa yang terjadi jika urine tadi tidak segera dibuang.

Apa yang terjadi jika urine tadi ditampung terlalu lama di dalam kandung kemih kita?
Masalah yang pertama jika kita terlalu lama menahan kencing yaitu bisa terjadi infeksi saluran kemih atau ISK.Membuang air seni bertujuan untuk membuang racun dari dalam tubuh kita.Dan jika kita membiarkannya terlalu lama, maka sama saja kita membiarkan bakteri berkembang di dalam sana.Sehingga akhirnya muncullah penyakit infeksi saluran kemih (ISK) ini.

Mungkin anda pernah mengalaminya atau anak-anak anda pernah mengalaminya. Jadi biasanya jika terjadi pada anak-anak, maka anak tersebut tidak berselera makan, mungkin bisa jadi diare atau demam. Perhatikan kebersihannya juga, terutama pada anak wanita.Dan beritahu kepada anak-anak anda, jika di sekolah misalnya.

Mungkin anak anda ingin ke belakang, tetapi takut untuk minta izin pada guru mereka.Hal seperti ini perlu untuk diedukasikan kepada anak-anak anda. Kemudian bagi anda yang melakukan perjalanan jauh, anda mungkin ingin menghemat uang 2000 Rupiah anda untuk ke toilet.Anda mengatakan,Ah, nanti saja kalau sudah sampai tujuan baru saya kencing.

Atau misalnya ketika anda sedang keasyikan menonton bioskop.Akhirnya, anda memberikan kesempatan pada bakteri untuk berkembang.Yang kedua, kerusakan organ-organ yang berperan pada proses pembentukan urine (ginjal).Jika terlalu lama menampung urine, maka ginjal akan rusak.Sebenarnya tempat menampung urine adalah kandung kemih.

Jika terbebani terlalu lama, maka akan mengakibatkan terjadinya gagal ginjal.Kemudian yang kedua, di dalam air seni terkandung zat-zat yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh kita.Jika anda terlalu lama menahan kencing dan terlalu sering, maka zat-zat ini akan menumpuk dan diawali membentuk kristal.

Lalu lama kelamaan mengendap menjadi batu yang akhirnya disebut dengan BATU GINJAL.Kemudian, menahan kencing terlalu lama juga dapat merusak otot kandung kemih anda.Jadi ingat, kandung kemih ini seperti balon. Jika tidak ada isinya, maka kandung kemih akan mengecil.Dan jika penuh, kandung kemih akan membesar seperti balon.

Tetapi ingat, kandung kemih memiliki kapasitas. Pada orang dewasa bisa menampung hingga 1 liter, bahkan bisa lebih.Tetapi lama kelamaan jika kapasitas ini terlalu penuh,maka akan mengalami kelemahan otot pada organ kandung kemih atau vesica urinaria ini.Jadi saran saya, janganlah terlalu lama menahan kencing.

Kemudian yang ketiga, dapat menyebabkan darah tinggi.
Organ yang terlibat disini adalah ginjal.Jadi di dalam ginjal ini terdapat sistem yang disebut sistem RAA atau Renin Angiotensin Aldosteron.Sistem ini ikut berperan untuk membantu dalam mengontrol dan mengatur tekanan darah pada tubuh kita.

Apabila ginjal kita terbebani, maka sistem ini tidak akan bekerja dengan baik.
Akhirnya, kita mudah mengalami tekanan darah tinggi.Semoga penjelasan singkat dari saya ini dapat anda mengerti.Dan poin penting yang ingin saya beritahukan kepada anda adalah jika anda ingin kencing atau membuang air seni, segeralah ke toilet.Mungkin di antara anda ada yang berpikir, Wah, sayang sekali uang 2000 Rupiah digunakan untuk membayar toilet umum.

Atau misalnya Saya lagi nonton bioskop, sayang banget kalau ketinggalan filmnya.Jadi, lebih baik anda mengeluarkan uang sedikit,lebih baik anda mengorbankan film anda sebentar daripada terjadi kerusakan organ yang nantinya mengeluarkan biaya lebih mahal.Semoga pesan singkat ini dapat anda mengerti Saya doakan anda semua sehat selalu

0 Response to "Bahaya Menahan Kencing Terlalu Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel