IBX5B54BCC389CD2 Tanggung Jawab dan Tugas Safety / HSE Manager - Lulusandiploma.com

Tanggung Jawab dan Tugas Safety / HSE Manager

Setiap safety atau hse manager keselamatan dan kesehatan kerja (K3) harus mengetahui mengenai tugas dan tanggung jawab yang harus di jalankan dalam memegang jabatan tersebut. Karena dengan hal seperti itu diharapkan tugasnya dalam melaksanakan program keselamatan dan kesehatan kerja di perusahaan dapat terkontrol dan berjalan dengan baik. Sehingga tujuan inti untuk meminimalisir kecelakaan di tempat kerja dapat terlaksana.

Perusahaan yang sudah memiliki safety / manager hse juga harus diapresiasikan, karena hal tersebut suatu langkah yang nyata untuk membuat penerapan program k3 berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Penting diingat bahwa kesuksesan penerapan program K3 di perusahaan adalah bukan disebabkan oleh siapa-siapa tetapi kesuksesan tersebut diraih karena diterapkannya oleh setiap karyawan dengan penuh kesadaran dan di support oleh managment perusahaan.

Pada artikel sebelumnya kami sudah menjelaskan mengenai apa saja Tugas dan Tanggung Jawab Safety / HSE Officer, dan sekarang kami akan sampaikan mengenai tanggung jawab dan tugas safety / hse manager di suatu perusahaan atau proyek:

Tanggung Jawab dan Tugas HSE Manager
Tanggung Jawab dan Tugas HSE Manager

  1. Tugas manajer hse atau safety proyek bahkan perusahaan yang paling utama yaitu mengkoordinasikan dan mengimplementasikan hal-hal yang telah disampaikan oleh pemberi pekerjaan yang memiliki tanggung jawab utama untuk memastikan aspek Health Safety Environment (HSE) situs pekerja dari segi prosedur pekerjaan hingga keselamatan, kesehatan dan keamanan dalam melakukan pekerjaan di lokasi pekerjaan.
  2. HSE Manager diwajibkan untuk memastikan bahwa perusahaan yang ia naungi benar-benar sudah menjalankan program keselamatan dan kesehatan kerja yang sudah di planning sebelumnya.
  3. Pada prinsipnya tugas dan tanggung jawab safety manager sebenarnya harus menjalankan komitmen plan, do, check and act atau biasa disebut dengan P-D-C-A agar berjalan dengan efektif dan mengintregasikan prinsip K3 kedalam aspek pokok dasar perusahaan.
  4. Selanjutnya tujuan dan tanggung jawab yang harus dijalankan oleh manajer hse yaitu dengan mengoptimalkan dan membuat program k3 sedemikian rupa agar kecelakaan kerja di lingkungan perusahaan dapat diminimalisir sehingga segala kerugian yang disebabkan oleh kecelakaan kerja bisa di handle dengan baik.
  5. HSE Manager harus berkomitment bahwa program k3 yang sudah dibuat harus dijalankan dengan maksimal.


Tugas Pokok Safety / HSE Manager

  1. HSE Manajer harus mengaudit dan melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kerja dan  K3LL dilingkungan proyek
  2. Safety Manajer harus memberikan peraturan-peraturan standart dalam setiap Prosedur pekerjaan.
  3. Manajer HSEenjadi penyambung informasi perusahaan dengan pihak User HSE di lokasi proyek maupun di Unit pekerjaan.
  4. Manajer Safety harus memberikan dan menyampaikan Kebijakan HSE (Safety Talk) yang sebelumnya telah dikomunikasikan dengan Kantor pusat untuk kemudian disampaikan kembali pada saat memulai pekerjaan dan jadwal inspeksi HSE yang telah dijadwalkan bertujuan untuk kelancaran proyek.
  5. Manager HSE dianjurkan melakukan inspeksi dan investigasi terhadap prosdur pelaksanaan pekerjaan.
  6. Safety Manager harus mengimplementasikan perencanaan proyek dan mengartikannya kepada mandor dan pekerja.
  7. HSE Manager harus menjadi perpanjangan tangan perusahaan dilokasi proyek atau perusahaan. 
  8. Merecruit calon karyawan pada divisi health, safety, environment yang sesuai kualifikasi dan faham dengan tanggung jawabnya sebagai HSE. Apabila anda ingin menjadi seorang hse atau safety di salah satu perusahaan, silahkan baca Contoh Pertanyaan Interview HSE Officer agar lebih mengenal test untuk menjadi seorang praktisi k3 di perusahaan.

Tanggung Jawab Pokok Safety / HSE Manager

  1. Safety atau HSE Manajer harus bertanggung jawab terhadap kelancaran pelaksanaan proyek dari Aspek HSE mulai dari prosedur pelaksanaan sampai dengan keselamatan dari para tenaga kerja di lokasi pekerjaan.
  2. HSE atau Safety Manajer harus bertanggung jawab terhadap keselamatan kerja dan keamanan dilokasi proyek.
  3. HSE Manager harus memberikan laporan setiap ada atau tidaknya kejadian sehingga terjadi komunikasi yang baik antara HSE dari pihak pelaksana pekerjaan dengan pihak pemberi pekerjaan.
  4. Manager HSE harus bertanggung jawab terhadap anak buahnya seperti safety officer, safety supervisor, safety engineer, safety admin, safety man dll agar mematuhi prosedur dan target yang sudah di di programkan untuk menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja.
  5. Dalam sesekali waktu selain hse officer, hse supervisor, hse engineer, hse admin, dan hse man. HSE Manager juga harus mempromosikan health, safety, environment kepada pekerja agar tingkat kesadaran karyawan lebih tinggi dan seluruh karyawan lebih memahami dan mematuhi serta menjalankan program k3 dengan baik.
  6. Bukan hanya safety man, hse officer, safety supervisor, hse coordinator, safety engineer, hse admin. Sebenarnya HSE Manager juga diwajibkan untuk memastikan seluruh karyawan di Perusahaan telah bekerja sesuai dengan prosedur atau SOP yang telah ditetapkan, karena bekerja sesuai dengan SOP adalah salah satu cerminan dan patokan untuk pekerja agar selalu bekerja dengan aman dan selamat.
  7. Manager HSE juga harus mengkoordinasi kepada divisi lain mengenai program HSE yang harus dijalankan kepada seluruh karyawan, dan memastikan bahwa setiap pekerja didalam perusahaan tersebut haurs faham mengenai segala aturan k3 yang ada, selain dari pada itu koordinasi tersebut bertujuan untuk sebagai dorongan agar meningkatkan tingkat kesadaran setiap divisi perusahaan. baca juga contoh cv hse officer

Demikian tugas dan tanggung jawab Safety atau HSSE Manager di dalam Perusahaan, semoga informasi ini dapat membantu anda. Salam dari kami Lulusandiploma sektor keselamatan dan kesehatan kerja.

0 Response to "Tanggung Jawab dan Tugas Safety / HSE Manager"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel