IBX5B54BCC389CD2 Makanan Primadona Saat Lebaran : Mana Nih yang Belum Pernah Kamu Coba? - Lulusandiploma.com

Makanan Primadona Saat Lebaran : Mana Nih yang Belum Pernah Kamu Coba?

Momen lebaran memang momen yang paling berkesan selama setahun. Selain kita saling bermaafat dan kembali Fitri, adanya makanan primadona saat lebaran membuat suasana lebaran semakin hangat dan manis.

Dari beragam makanan yang enak, pasti kamu tahu dong beberapa makanan yang sering muncul bila lebaran tiba. Beberapa diantaranya mungkin wajib ada di keluarga kamu.

Makanan Lezat Khas Lebaran yang Menjadi Primadona saat Kumpul Bersama Keluarga, Nah kalau keluarga saling silahturahmi, pasti makanan primadona saat lebaran tidak lupa disajikan dong? Berikut makanan khas lebaran yang jadi primadona di setiap keluarga Indonesia, yuk kita kenali mereka.

makanan lebaran

1. Opor Ayam

Opor ayam terbuat dari daging ayam yang dimasak dengan santan gurih berwarna kuning yang berasal dari kunyit. Dalam tradisi Jawa, opor ayam dimakan bersama ketupat yang kemudian disebut kupat santen.

Dalam bahasa Jawa halus, dikenal istilah pantun "Kupat santen : Kula lepat nyuwun pangapunten". Pantun ini memiliki arti : ketupat santan, saya punya salah mohon dimaafkan.

2. Ketupat

Ketupat merupakan salah satu santapan wajib yang dibuat dari beras dan dibungkus dengan anyaman janur muda. Tahukah kamu mengapa ketupat hampir selalu disajikan dan menjadi simbol di setiap momen lebaran?

Ketupat berasal dari istilah Jawa : kupat, yaitu singkatan dari kula lepat (saya mengaku memiliki kesalahan). Melalui makna ini kita menjadi tahu mengapa ketupat menjadi hidangan yang wajib disantap saat momen bermaafat.

3. Rendang

Rendang merupakan salah satu makanan primadona saat lebaran khas Melayu. Rendang dibuat dari daging, santan dan rempah-rempah sehingga rasanya mantap dan kaya. Makanan ini masuk dalam jajaran 50 makanan paling enak sedunia lho! Dibuat dengan pengawetan alami ternyata tidak mengurangi kandungan gizi pada daging rendang.

4. Kue Kering Lebaran

Makanan primadona saat hari raya yang wajib ada di meja tamu adalah kue kering lebaran. Biasanya disimpan di wadah atau toples yang bening agar terlihat semakin cantik dengan kondisi ditutup. Ragamnya juga banyak, ada kastengel, nastar, putri salju, kue coklat dan masih banyak lagi.

5. Rawon

Rawon merupakan makanan khas lebaran yang sering dijumpai terutama di Jawa Timur. Dibuat dari potongan daging sapi, tauge, serta kuahnya dibuat dari kluwak sehingga berwarna hitam. Rasanya tergolong unik, yaitu perpaduan rasa antara manis, pedas serta gurih.

6. Sambal Goreng Ati

Ternyata makanan primadona saat lebaran  yang dibuat dari santan masih ada lho. Sambal goreng ati merupakan santapan teman ketupat yang dibuat dari santan, rempah, kentang, jeroan ati dan ampela serta tambahan lain. Bisa dibuat berkuah atau bisa juga dibuat kering.

7. Sayur Sambel Godok

Sayur sambel godok adalah makanan khas lebaran yang wajib disantap khususnya oleh keluarga suku  betawi. Sayur sambel godok banyak mengandung kuah santan serta sayur-sayuran seperti labu siam, kacang pancang atau buncis.

Baca juga : Makanan khas betawi yang harus anda cicipi saat di Jakarta

Biasanya disajikan bersama ketupat dengan taburan kerupuk serta bawang goreng diatasnya. Ciri khas lain dari sayur sambel godok adalah rasanya perpaduan antara manis sekaligus asin.

Demikian tujuh makanan primadona saat lebaran yang wajib disantap oleh setiap keluarga di Indonesia. Baru membacanya saja sudah membuat lidah ngiler apalagi kalau menyantapnya. Kalau keluarga kamu, biasanya ketika lebaran menyantap makanan primadona yang mana saja nih? Semoga artikel ini bisa membantu menambah pengetahuan sekaligus sebagai referensi.

0 Response to "Makanan Primadona Saat Lebaran : Mana Nih yang Belum Pernah Kamu Coba?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel