IBX5B54BCC389CD2 Mengenal Lebih Dalam Tentang Pengertian PDF - Lulusandiploma.com

Mengenal Lebih Dalam Tentang Pengertian PDF

Mengenal Lebih Dalam Tentang Pengertian PDF - Apa itu PDF? PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993. 

PDF adalah jenis format berkas atau dokumen yang dibuat untuk keperluan pertukaran dokumen digital. 

Meskipun awalnya format ini dibuat bertujuan untuk melakukan pertukaran dokumen digital pada saat pertama kali format ini dikenalkan pada tahun 1993 namun seiring berjalannya waktu format pdf ini juga digunakan untuk mempresentasikan dokumen dua dimensi yang terdiri dari teks, huruf, grafik vector dan citra.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Pengertian PDF

Tetapi perlu diketahui, pada saat awal format ini diperkenalkan tepatnya pada tahun 1993, penggunaan format ini masihlah sangat rendah karena pada saat itu software untuk membuat dokumen PDF (Adobe Acrobat) dan Software untuk membacanya (Acrobat Reader yang sekarang Adobe Reader) tidak tersedia gratis. 

Apalagi format berkas ini juga harus bersaing dengan Envoy, Common Ground Digital Paper, dan PostScript (.ps). Namun pada saat Adobe Reader tersedia secara gratis penggunaan format PDF ini meningkat pesat mengingat kemudahan fitur yang dimiliki format PDF. Terlebih lagi, 

Adobe System inc. sedang mengembangkan Acrobat 3-D untuk melakukan pembacaan dokumen tiga dimensi. Dan PDF juga menjadi standar ISO sejak tanggal 1 juli 2008 dengam kode 32000-1:2008.

Format PDF yang sangat cocok untuk melakukan arsip - arsip dokumen sering digunakan untuk administrasi perkantoran yang selalu melakukan arsip pada setiap dokumen - dokumennya. 

Sekarang Penggunaan PDF sudah tidak asing bahkan software untuk membuka file format PDF ini tidak hanya satu misalnya Adobe Reader, Foxit Reader, Nitro Pro, dan lainnya.

Secara umum fungsi PDF adalah untuk membuat sebuah dokumen dan menyimpan data yang meliputi huruf, teks, gambar, link, dan lainnya. 

Dilihat dari tujuan awal pembuatan format ini yaitu untuk pertukaran dokumen digital, format ini juga efektif untuk melakukan pertukaran dokumen via email atau yang lain karena ukuran file PDF yang relatif kecil sehingga memungkinkan untuk melakukan pertukaran dengan cepat dengan kondisi kecepatan internet seperti sekarang ini.

Mengacu  pada PDF singkatan dari Portable Documet Format, yaitu dokumen dengan format khusus yang fleksibel yang dapat digunakan di semua jenis komputer yang ada sekarang. 

Berbeda sekali dengan format yang lain seperti doc. yang harus memiliki microsoft office untuk membuat dan membacanya karena untuk file format PDF ini bahkan browser bisa membacanya jadi format PDF ini tidak terpaku pada satu software namun bisa berlaku pada software - software yang lainnya, 

Ini merupakan salah satu kelebihan file format PDF dengan kegunaannya yang mudah. PDF juga memiliki fitur untuk melakukan lock pada document agar document tidak bisa diedit jadi keamanan lebih terjaga.

Meskipun perlu software khusus untuk melakukan pengeditan pada format PDF ini namun itu tampaknya bukanlah suatu masalah besar namun memang ini adalah salah satu dari kelemahan file format PDF sehingga kita juga tidak bisa efektif untuk mengedit file PDF ini.

Akhir Kata...

Jadi pembahasan kali ini tentang PDF (Portable Document Format) mempunyai sebuah kesimpulan yaitu File PDF ini sangat efektif untuk pekerjaan perkantoran terlebih untuk pertukaran dokumen dan pengarsipan menjadi lebih mudah dan cepat. 

File PDF ini bisa dibuka tidak hanya satu software namun beberapa software, mengedit PDF, mengunci PDF sehingga File PDF jadi lebih aman, 

File PDF yang fleksibel, dapat menyimpan berbagai jenis data misalnya gambar dan sebagainya. File PDF memiliki banyak kelebihan dan juga memiliki kelemahan cocok untuk tugas anak kuliahan, pekerjaan perkantoran, sebuah bisnis dan lainnya. 

Jadi itulah pengenalan kita terhadap PDF ( Portable Document Format), semoga artikel ini bermanfaat dan bila ada koreksi atau ada yang ditanyakan bisa tinggalkan komen dibawah. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Sekian terima kasih.

Penulis : Inzhagi Dianzyah

0 Response to "Mengenal Lebih Dalam Tentang Pengertian PDF"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel